MATERI AJAR
TEMA 4 : BERBAGAI PEKERJAAN
Subtema 1 : Jenis-Jenis Pekerjaan
Pembelajaran : 2
Kelas : IV (Empat) A
Hari/tanggal : Rabu/28 September 2022
Pembukaan (10 menit)
Assalaamualaikum Wr Wb
Selamat pagi anak sholeh dan sholehah Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak Ibu guru mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu kita simak tausiyah,menyanyikan lagu wajib nasional,sholat dhuha serta murrojaah ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.
Baiklah sebelum kita mulai pembeljaran hari ini siap yang masih ingat pembelajaran kita sebelumnya? sebelum memulai kegiatan hari ini agar lebih semangat kita ice breaking terlebih dahulu.
Tujuan, Pada Pembelajaran 2 Tema 4 Subtema 1
Jenis-jenis Pekerjaan akan mempelajari tentang mengidentifikasi hal-hal yang
diperhatikan saat menggambar dengan teperinci. Setelah mengamati gambar, siswa
mampu menggambar bangunan atau rumah impian dengan kreatif. Setelah berdiskusi,
siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila pertama Pancasila
dengan benar. Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh pengamalan dari
sila pertama dalam kehidupan sehari-hari dengan benar. Sebagai catatan tulisan
ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama
Bapak/Ibu guru.
Apakah kamu tahu pekerjaan seorang arsitek? Pengetahuan apa yang harus mereka miliki? Seorang arsitek dalam pekerjaannya memerlukan keterampilan menggambar. Mereka menggambar bangunan yang akan dibangunnya. Bangunan yang dirancang adalah rumah atau gedung-gedung
Ayo Berkreasi
Andai kamu jadi
arsitek. Gambarkan sebuah bangunan atau rumah yang menjadi impianmu!
Berimajinasilah dan gambarlah sekreatif mungkin!
Menarik ya bekerja
sebagai seorang arsitek. Bekerja menjadi arsitek haruslah mempunyai nilai-nilai
baik. Salah satu nilai-nilai itu adalah jujur. Ketika akan membangun sebuah
bangunan, mereka harus menyampaikan ukurannya dengan benar.
Coba bayangkan jika
ukuran bangunannya tidak sesuai, apa yang akan terjadi? Jujur merupakan salah
satu sikap yang mencerminkan sila Pancasila. Ayo, kita pelajari makna sila yang
lainnya!
Ayo Berdiskusi
Perhatikan gambar
berikut
Tulislah sila-sila
Pancasila dan hubungkan dengan simbolnya
Pada pertemuan kali
ini, kita akan mendiskusikan makna sila pertama dalam kehidupan sehari-hari.
Diskusikan dengan kelompokmu tentang makna sila pertama dan contohcontohnya
dalam kehidupan sehari-hari.
Makna |
Contoh dalam kehidupan sehari-hari |
Percaya adanya Tuhan sehingga setiap |
Membina kerukunan hidup di antara |
Setiap orang dibebaskan memeluk agama |
Menjalani perintah agama sesuai ajaran |
Semua yang Tuhan berikan harus dijaga. |
Menjaga kelestarian sumber daya alam di |
Toleransi antarumat beragama dan sesama umat
beragama. |
Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan
menjalankan ibadah sesuai dengan |
Sila pertama Pancasila
adalah Ketuhanan yang Maha Esa. Sila ini bermakna:
- Percaya adanya Tuhan sehingga setiap warga
negara rela untuk diatur.
- Setiap orang dibebaskan memeluk agama
masing-masing, maka setiap orang bertanggung jawab untuk taat dengan
aturan agamanya.
- Semua yang Tuhan berikan kepada kita harus
dijaga.
- Toleransi antar umat beragama dan sesama
umat beragama.
Perhatikan gambar
berikut!
Berilah pendapatmu,
apakah tindakan ini sesuai dengan sila pertama? Jelaskan!
Kegiatan 1 |
Kegiatan 2 |
Pendapat : Tidak
setuju |
Pendapat : Sangat
setuju |
Kegiatan 3 |
Kegiatan 4 |
Pendapat : Tidak
setuju |
Pendapat : Sangat
setuju |
Kegiatan 5 |
Kegiatan 6 |
Pendapat : Sangat
setuju |
Pendapat : Sangat
setuju |
Tuliskan contoh
tindakan lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila pertama
Pancasila!
Beberapa contoh
tindakan yang sesuai dengan sila pertama antara lain :
- Saling menghormati dengan orang lain.
- Memiliki rasa toleransi antar agama yang
tinggi.
- Suka membantu orang lain, tanpa
membeda-bedakan agamanya.
- Hidup rukun dengan orang lain. ...
- Beribadah dengan sungguh-sungguh.
- Tidak mengganggu orang lain saat
beribadah.
Siswa memberikan kesimpulan dan informasi tentang apa yang telah diketahui mengenai pembelajaran hari ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar