Hari/Tanggal : Senin/ 21 Juli 2025
Kelas :VI (Enam) Al Jazari
Mata Pelajaran :
1. Bahasa Indonesia :
BAHASA INDONESIA
CP:
Pada akhir Fase C, murid memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.1. Menyimak
Menganalisis informasi dari teks nonsastra berbentuk teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengarkan; dan menganalisis isi teks sastra berbentuk teks aural.
1.2. Membaca dan Memirsa
Membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dari bacaan dan/atau tayangan yang dipirsa; dan menganalisis informasi serta nilai-nilai dalam teks sastra dan nonsastra berwujud teks visual dan/atau audiovisual.
1.3. Berbicara dan Mempresentasikan
Mempresentasikan gagasan dari berbagai tipe teks dengan efektif dan santun; dan menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk teks sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
1.4. Menulis
Menulis berbagai tipe teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan/atau imajinasi dengan rangkaian kalimat kompleks secara kreatif, menarik, dan/atau indah; dan menggunakan kaidah kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif dan konotatif.
TP:
Memahami dan menganalisis tokoh, alur, dan permasalahan dalam teks narasi "Aku Anak Indonesia"
IPAS
CP:
Fase C (Umumnya untuk Kelas V dan VI SD/MI/Program Paket A)Pada akhir Fase C, murid memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.1. Pemahaman IPAS
Merefleksikan sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; menganalisis hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta pengaruhnya terhadap ekosistem; menjelaskan fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; menghasilkan upaya penghematan energi, serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; menjelaskan sistem tata surya, serta kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; menjelaskan letak dan kondisi geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta konvensional/digital; meninjau sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; menemukan keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan berdasarkan pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayah tempat tinggal; serta menerapkan kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar.
1.2. Keterampilan Proses
Mampu menerapkan keterampilan proses yang meliputi:
● Mengamati
Murimengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana, mencatat hasil pengamatannya, serta mencari persamaan dan perbedaannya.
● Mempertanyakan dan Memprediksi
Dengan panduan pendidik, murid mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksinya.
● Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan Secara mandiri, murid merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Murid melakukan observasi menggunakan alat bantu pengukuran sederhana.
Memproses serta Menganalisis Data dan Informasi
Murid mengolah data dalam bentuk tabel dan grafik, serta menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data. Murid membandingkan data dengan prediksi dan memberikan alasan berdasarkan bukti.
● Mengevaluasi dan Refleksi
Melakukan refleksi dan memberikan saran perbaikan terhadap penyelidikan yang sudah dilakukan.
● Mengomunikasikan Hasil
Murid mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen dalam berbagai media.
Tokoh utama dalam cerita ini adalah Hana
Hana khawatir tidak dapat diterima oleh teman-teman di sekolah barunya
Kekhawatiran Hana tidak terbukti karena teman-teman baru Hana terbuka berkenalan dengannya dan senang membantunya dalam menyesuaikan diri di sekolah barunya.
Setuju, anak-anak Indonesia bersifat terbuka, berkawan, dan senang membantu.
Kalau ada murid baru di kelas saya, saya akan berkenalan dengannya dan menawarkan bantuan supaya dia tidak merasa sungkan di sekolah barunya.
Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah
Tempat tersebut merupakan tempat kelahiran dan tempat tinggalku.
- menjura: v ark membungkuk dengan menangkupkan kedua tangan (dengan maksud menghormat)
- berdentang: v berbunyi “tang, tang” (seperti besi dipukul keras-keras dan sebagainya)
- siang bolong: ki tengah hari ketika matahari sedang panas-panasnya
- degup: n tiruan bunyi denyut jantung yang keras
- menyanggah: v mempunyai pendapat lain (berbeda) dengan pemrasaran dan sebagainya (dalam diskusi)
- menciut: v ki menjadi tawar atau takut (tentang hati, perasaan)
- membesarkan hati: 1. menggembirakan hati, 2. memberanikan hati, 3. membanggakan
- buah tangan: barang yang dibawa dari bepergian; oleh-oleh
- cendera mata: n pemberian (sebagai kenang-kenangan, sebagai pertanda ingat, dan sebagainya); tanda mata
- arsitektur: 1.seni dan ilmu merancang serta membuat konstruksi bangunan; 2. metode dan gaya rancangan suatu konstruksi bangunan
- doktor: n gelar kesarjanaan tertinggi yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada seorang sarjana yang telah menulis dan mempertahankan disertasinya
ayo simak video berikut ini:
Ayo Mengamati
Mengalirnya darah di dalam tubuh disebut sistem peredaran darah. Sistem peredaran darah dalam tubuh ada dua, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.
A. Sistem Peredaran Darah Kecil
Sistem peredaran darah kecil, yaitu darah mengalir dari bilik kanan menuju paru-paru melalui arteri pulmonalis. Dalam paru-paru terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung karbon dioksida (CO2) dengan darah yang banyak mengandung oksigen (O2). Darah yang banyak mengandung O2 kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Sistem peredaran darah kecil sebagai berikut :Bilik kanan ↠arteri pulmonalis ↠paru-paru ↠vena pulmonalis ↠serambi kiri.
B. Peredaran Darah Besar
Sistem peredaran darah besar, yaitu darah yang banyak mengandung oksigen (O2) mengalir dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh (kecuali paruparu) melalui arteri besar (aorta). Selanjutnya, terjadi pertukaran darah yang banyak mengandung oksigen dengan darah yang banyak mengandung karbon dioksida di seluruh tubuh. Darah yang banyak mengandung karbon dioksida kembali ke jantung melalui vena ke serambi kanan. Sistem peredaran darah besar adalah sebagai berikut.
Bilik kiri →arteri besar (aorta) →arteri →seluruh tubuh →vena →serambi kanan
Organ tubuh manusia yang berperan dalam peredaran darah adalah : Jantung, Pembuluh Darah, dan Paru-Paru. Fungsi atau peranan organ peredaran darah pada manusia adalah sebagai berikut.
- Jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
- Pembuluh darah. Pembuluh darah berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.
- Paru-paru. Paru-paru berfungsi sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah
1. Jantung
Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis.
Jantung tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri
atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
Antara bagian kanan dan kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang disebut katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida
Ketika jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi, pembuluh tersebut ikut berdenyut. Dengan demikian, melalui denyut nadi kamu dapat mengetahui denyut jantung. Denyut nadi akan terasa jelas dengan menekan pembuluh nadi pada pergelangan tangan dan bagian leher di bawah telinga.
2. Pembuluh Darah
Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik Pembuluh nadi disebut arteri. Pembuluh balik disebut vena. Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh balik yaitu pembuluh darah yang membawa darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju jantung.
Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. Ujung cabang pembuluh terkecil disebut, pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sangat halus berdinding tipis dan berpori. Dalam pembuluh kapiler ini terjadi pertukaran dua zat, yaitu antara oksigen dan karbon dioksida. Panjang seluruh pembuluh darah manusia jika dihubungkan dari satu ujung ke ujung yang lain dapat mencapai sekitar 160.000 km.
Berikut ini perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.
No. | Perbedaan | |
---|---|---|
Pembuluh Nadi | Pembuluh Balik | |
1. | Nama lain pembuluh nadi adalah arteri. | Nama lain pembuluh balik adalah vena. |
2. | Berisi darah bersih (kaya oksigen). | Berisi darah kotor (kaya karbon dioksida). |
3. | Mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. | Mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. |
4. | Denyut terasa | Denyut tidak terasa |
5. | Jika terluka darah meluncur deras | Jika terluka darah hanya menetes |
6. | Dinding pembuluh kuat, tebal dan elastis | Dinding pembuluh tipis dan tidak elastis |
7. | Pembuluh nadi letaknnya agak kedalam, tersembunyi dari permukaan tubuh | Pembuluh balik letaknnya dekat permukaan :tubuh dan tampak kebiru-biruan |
Dalam proses peredaran darah, paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang telah diedarkan ke seluruh tubuh tidak lagi mengandung oksigen. Akan tetapi banyak mengandung karbon dioksida. Setelah kembali ke jantung, darah yang akan mengandung karbon dioksida tersebut dipompa ke dalam paru-paru. Selanjutnya, karbon dioksida diambil dan diganti dengan oksigen melalui proses pernapasan.
Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang. Tabung bercabang yang jumlahnya ribuan semakin ke ujung semakin mengecil. Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara. Knatong udara tersebut dinamakan “alveoli”. Masing-masing alveoli memiliki jaringan halus kapiler. Pada jaringan halus kapiler inilah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.
Ayo Berkreasi
Kamu telah mempelajari peredaran darah manusia. Coba pahami materinya dan gambarlah. Kemudian, tuliskan keterangan gambar yang kamu buat. Tuliskan juga cara kerjanya. Gambar organ peredaran darah manusia.
Cara kerja organ peredaran darah manusia.
Kerja sistem peredaran darah manusia dikendalikan oleh organ jantung yang berguna untuk memompa darah agar mampu mengalir ke semua tubuh. Saat otot jantung berelaksasi, jantung dalam keadaan mengembang, volumenya besar, dan tekanannya kecil.
Kesimpulan:
Kegiatan belajar di kelas hari ini alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar. Peserta didik dapat mengikuti kegiatan dengan antusias. Alhamdulilah semua peserta didik Tuntas dalam memahami dengan baik materi tentang tokoh utama dalam sebuah teks narasi. Pada pertemuan selanjutnya kita akan membahas mengenai unsur intrinsik yang ada dalam sebuah cerita. Demikian pembelajaran hari ini, semoga selalu diberikan pemahaman dalam menuntut ilmu pada hari ini. aamiin....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar