Hari/Tanggal : Kamis, 10 April 2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS BAB 5 : Cerita tentang Daerahku
2. Bahasa Indonesia : Asal-Usul
Capaian Pembelajaran IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Menurut para ahli manusia pertama yang datang adalah Homo erectus dari Afrika. Mereka berpencar ke Eropa, Asia, dan sebagiannya ke Indonesia. Mereka kemudian beranak pinak dan menyebar ke berbagai daerah. Setelah itu, ada beberapa gelombang kedatangan lagi dalam rentang waktu yang lama. Sejalan dengan makin berkembangnya peradaban dan kebudayaan manusia, berkembang pula interaksi dan perdagangan antarmasyarakat. Oleh karena itu, berdatangan pula orang-orang dari budaya lain ke Nusantara, seperti dari India, Tionghoa, dan Arab.
- Berdasarkan pemahaman kalian, perkirakan arti kata-kata tersebut.
- Tulislah di buku kalian dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini.
No. | Kata-Kata Baru | Perkiraan Arti | Arti Sebenarnya |
---|---|---|---|
1. | cucu | anak | n anak dari anak; keturunan ketiga; |
2. | leluhur | kakek | n nenek moyang (yang diluhurkan) |
3. | merantau | pergi ke kota | v berlayar (mencari penghidupan) di sepanjang rantau (dari satu sungai ke sungai lain dan sebagainya); v pergi ke pantai (pesisir); pergi ke negeri lain (untuk mencari penghidupan, ilmu, dan sebagainya) |
4. | pendatang | tamu | n orang yang muncul; n orang yang datang dari tempat lain untuk menetap di suatu tempat |
5. | migrasi | pindah | n perpindahan penduduk dari satu tempat (negara dan sebagainya) ke tempat (negara dan sebagainya) lain untuk menetap; n perpindahan dari satu tempat ke tempat lain bagi burung dan sebagainya karena pergantian musim |
6. | purba | kuno | a dahulu (tentang zaman yang ribuan atau jutaan tahun yang lalu) |
- Periksa silang jawaban kalian dengan teman di sebelah.
- Periksa jawaban kalian bersama-sama dengan menggunakan KBBI.
- Tambahkan kata-kata tersebut ke dalam Kamus Kartu kalian.
- Dari manakah asal orang tua kalian?(Suku Jawa)
- Apakah orang tua kalian berasal dari suku atau daerah yang berbeda?(Tidak)
- Bagaimana pengaruh perbedaan tersebut bagi keluarga kalian?(?)
- Setujukah kalian jika dikatakan bahwa sebenarnya nenek moyang kita sama?(Setuju)
- Memiliki kemampuan mengendalikan;
- Mampu bertahan dari pengaruh budaya luar;
- Mengakomodasi budaya luar;
- Memberi arah perkembangan budaya;
- Mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.
- Pengembangan iptek;
- Pelestarian dan konservasi sumber daya alam;
- Pengembangan sumber daya manusia;
- Sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan;
- Bermakna sosial
- Bermakna etika dan moral;
- Sebagai pengetahuan budaya.
- Menggunakan bahasa daerah di rumah sesuai dengan asal daerah.
- Mempromosikan kekayaan budaya.
- Mengikuti kegiatan kebudayaan di lingkungan sekitar.
- Menggunakan produk lokal yang bermanfaat bagi masyarakat
Nama | Peran | Kebiasaan Lingkungan Keluarga yang Dilakukan Secara Turun-menurun | Manfaat | Paraf |
---|---|---|---|---|
Rani | Guru | Minum jamu kunyit asam setiap pagi | Agar badan tetap sehat | |
Adi | Teman | Berbicara bahasa Jawa di rumah | Agar bahasa daerah lestari | |
Agus | Teman | Memasak makanan khas di hari raya | Agar makanan tradisional tetap lestari | |
Lani | Teman | Bersilaturahmi saat hari raya | Agar persaudaraan tetap terjaga | |
Udin | Teman | Tradisi mitoni | Agar janin dan ibunya memperoleh keselamatan | |
Wawan | Teman | Upacara perkawinan | Agar upacara tradisional tidak hilang |
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !
1. Bhineka Tunggal Ika mempunyai makna …
a. masyarakat makin tertib dan patuh pada aturan hukum yang berlaku
b. pendekatan kekeluargaan dalam tiap permasalahan lebih mudah dijumpai
c. semangat gotong royong di masyarakat makin memudar
d. pola hidup sederhana makin diminati dan diterapkan oleh masyarakat
5. Kearifan lokal bersifat ....
a. perorangan
b. internasional
c. modern
d. turun temurun
A. Nasi tumpeng
B. Hutan Larangan Adat Kenagarian Rumbio
C. Lagu pop
D. Kepercayaan te aro neweak lako
II. jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari adalah..
2. Tuliskan 3 lagu daerah berikut daerah asalnya!
3. Tuliskan 3 tarian daerah berikut daerah asalnya!
4. Tuliskan lima (5) makanan tradisional Indonesia beserta daerah asalnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar