Rabu, 09 Oktober 2024

Materi Ajar: Rabu,9 Oktober 2024

  Hari/Tanggal               : Rabu, 9 Oktober 2024

Kelas                            : IV A

Muatan Pelajaran         : 

1. Matematika              :  Pecahan

CP: 

Fase B Berdasarkan Elemen :

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor.

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antarpecahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika.

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal.  Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Aljabar

Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

Pengukuran

Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku.  Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

Geometri

Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

Analisis Data Dan Peluang

Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).

 TP:  Peserta didik mampu mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika 

2. P5                                            :  Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel

Kegiatan  Pembelajaran    :   P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Tujuan Pembelajaran :

- Peserta didik dapat  mengenal istilah P5

- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5

- Peserta didik mengenal istilah wirausaha dancontoh-contohnys

- peserta didik mengetahui cara berdagang yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW

-Peserta didik berwawancara dengan para usahawan sekolah

Dimensi

Elemen

Subelemen

Capaian pada fase B

Beriman dan bertaqwa Kepada Allah SWT

Berempati kepada orang lain

Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat

 

 

 

Kreatif

Menghasilkan gagasan yang orisinal

Mengembangkan gagasan yang ia miliki untuk
membuat kombinasi hal yang baru dan imajinatif
untuk mengapresiasikan pikiran dan/atau
perasaannya

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari
alternatif solusi permasalahan

Berupaya mencari solusi alternatif saat pendekatan
yang diambil tidak berhasil berdasarkan identifikasi
terhadap situasi

               

Mandiri

Regulasi diri

Menunjukkan inisiatif dan
bekerja secara mandiri

Memahami arti penting bekerja secara mandiri serta
inisiatif untuk melakukannya dalam menunjang
pembelajaran dan pengembangan dirinya




 
Apa kabar anak-anak bu guru? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
 
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.. 
 


MATEMATIKA

Mengurutkan pecahan adalah menyusun pecahan secara berurutan mulai dari yang terkecil hingga ke yang terbesar atau sebaliknya, dari yang terbesar ke yang terkecil nilainya.

Untuk pecahan berpenyebut sama, tinggal membandingkan pembilangnya.

Contoh Mengurutkan Pecahan

Untuk pecahan berpenyebut berbeda,
  1. samakan dulu penyebutnya dengan KPK
  2. rubah pembilang sesuai prinsip Pecahan Senilai
  3. urutkan pembilang

Contoh soal:



3. Latihan Soal


PETUNJUK: Untuk anak-anak siswa kelas 4 silakan salin dan kerjakan latihan soal mengurutkan pecahan ini dibuku tulis kalian. 

PECAHAN SENILAI

Di suatu pagi, Dafa menghampiri Puti yang sedang duduk di taman bermain sambil membawa dua kotak berisi piza.

“Lulu ngasih kita piza, nih! Buat kamu 1-Jul-28-2022-06-49-39-98-AM potong piza. Buat aku, 2-Jul-28-2022-06-49-40-06-AM potong piza.” jelas Dafa sambil memberikan satu kotak piza kepada Puti.

Kok potongan piza kamu lebih banyak? Pasti pizanya juga lebih banyak, ya?” tanya Puti dengan pandangan bingung.

“Eh eh. Enggak, Put. Coba lihat deh! Meskipun potongannya berbeda, tapi nilainya tetap sama. Yang satu  1-Jul-28-2022-06-49-39-98-AM dan yang satu 2-Jul-28-2022-06-49-40-06-AM, tapi 1-Jul-28-2022-06-49-39-98-AM dan 2-Jul-28-2022-06-49-40-06-AM itu termasuk pecahan senilai, lho!”

“Pecahan senilai itu maksudnya gimana?” tanya Puti.

Pecahan senilai adalah dua atau lebih pecahan yang bernilai sama walaupun pembilang dan penyebutnya berbeda.”

“Berarti  1-Jul-28-2022-06-49-39-98-AM itu senilai dengan 2-Jul-28-2022-06-49-40-06-AM, ya? Tapi, gimana caranya kita tahu kalau pecahan itu senilai?”

Untuk menentukan pecahan senilai, kita bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama, kecuali nol ya! Seperti ini, nih!”

cara menentukan pecahan senilai

 “Selain dengan mengalikan dan membagi, ada cara lain lagi nggak untuk menentukan pecahan senilai?” tanya Puti sekali lagi.

“Ada. Kita juga bisa menentukan pecahan senilai dengan menyederhanakan pecahannya ke bentuk paling sederhana, baru kemudian mengalikannya.” jawab Dafa.

“Itu maksudnya apa lagi?” Puti terlihat bingung.

“Menyederhanakan pecahan ke bentuk paling sederhana itu, berarti membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama kecuali nol, sampai tidak ada lagi bilangan yang bisa habis membagi pembilang dan penyebutnya.”

Puti mengangguk dan Dafa melanjutkan penjelasannya.

Nih, aku kasih contohnya. Kita jadi bisa tahu kalau pecahan 3-Jul-28-2022-06-53-00-86-AM itu senilai dengan 4-Jul-28-2022-06-53-31-88-AM dengan menyederhanakan dulu ke bentuk paling sederhana dari 3-Jul-28-2022-06-53-00-86-AM yaitu image-png-Jul-28-2022-06-51-29-19-AM, kemudian mengalikannya dengan 2, menjadi 4-Jul-28-2022-06-53-31-88-AM .”.

cara menentukan pecahan senilai

 

“Sekarang kita udah tahu apa itu pecahan senilai dan juga tiga cara menentukan pecahan senilai.” pungkas Dafa.

Puti sekali lagi mengangguk-angguk paham setelah mendengar penuturan Dafa, lalu ia tertawa kecil.

“Mau 1-Jul-28-2022-06-49-39-98-AM potong, atau 2-Jul-28-2022-06-49-40-06-AM potong, artinya pecahannya senilai, ya? Jadi besar bagian piza kita sama, dong walaupun potongannya berbeda? ”

“Hahaha! Iya, dong!” sahut Dafa.

Hap! Puti dan Dafa segera melahap potongan piza mereka masing-masing.

Gimana? Seru ‘kan cerita Dafa dan Puti kali ini? Mereka sudah belajar mengenai definisi pecahan senilai beserta tiga cara untuk menentukan pecahan senilai. 

p5
KEGIATAN LIFE SKILL
PRAKTIK BERLATIH MENJAHIT 
dicontohkan oleh guru di kelas.
Kesimpulan:
Alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan baik aktif dan lancar anak-anak semangat sekali  dan untuk materi proyek penguatan profil pelajar Pancasila anak-anak melalui tema kewirausahaan melakukan rancangan untuk membuat usaha. Pada tahap ini, siswa akan membuat rancangan untuk usaha dari kain flanel yang akan dilakukan Kegiatan hari ini Tuntas dikerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STS: Rabu, 16 Oktober 2024

  Hari/Tanggal   : Rabu, 16 Oktober 2024   K e l a s              :  IV A Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh Apa kabar anak shol...