Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di Lingkungankunganku
Sub Tema : Bermain di Lingkungan (Sub Tema 4)
Pembelajaran : 1
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Pada Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata akan mempelajari tentang menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan. Menyimpulkan bahwa bilangan dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian. Mengidentifikasi ciri-ciri dan membuat karya hiasan dengan bahan alami. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama bapak/Ibu guru.
Saya sangat senang berwisata.
Saat berwisata mereka bermain dan menikmati keindahan alam.
Bermain di tepi pantai.
Ibu Guru | : | Anak–anak, kita sekarang sudah di lingkungan pantai. Bagaimana perasaan kalian?” |
Beni | : | “Kami sangat senang, Bu.” |
Ibu Guru | : | “Sekarang silakan bermain dulu, tetapi tidak boleh jauh-jauh. Paham, anak-anak?” |
Siswa | : | “Paham, Bu.”. |
Beni | : | “Bu, saya ingin bermain layang-layang”. |
Ibu Guru | : | “Boleh, Beni.” |
Lani | : | ““Kalau kami ingin menulis-nulis di pasir, Bu.” |
Ibu Guru | : | “Silakan. Tetapi ingat, jangan terlalu dekat dengan tepi pantai, ya.” |
Siswa | : | “Baik, Bu.” |
Ibu Guru | : | “Sebelum bermain, Ibu mau bertanya. Benda apa saja yang ada di pantai?” |
Dayu | : | “Kapal, pancingan, keranjang ikan, jaring, pelampung, dan sampan, Bu.” |
Mey | : | “Pasir, batu, air, dan kerang, Bu.” |
Udin | : | “Balon dan layang-layang, Bu.” |
Ibu Guru | : | “Pintar anak-anak Ibu semua, beri tepuk tangan untuk kita semua.” |
Tepat
Ya, Sesuai.
Tanda titik dua, tanda titik, tanda tanya, tanda seru, dan tanda petik.
Benar
Siswa sangat senang/gembira.
Beni
Lani ingin menulis di pasir
Apa saja benda yang ada di pantai?
Kapal, sampan, kail, jaring, pasir, batu, air, kerang, layang-layang, dan balon.
Kuambil buluh sebatangKupotong sama panjangKuraut dan kutimbang dengan benangKujadikan layang-layangBermain berlariBermain layang-layangBerlari kubawa ke tanah lapangHatiku riang dan senang
Siti | : | Aku pernah membaca tentang membagi dengan bilangan 1. |
Beni | : | Bagaimana hasilnya? |
Siti | : | Bagaimana kalau kita coba? |
Beni | : | Wah ide yang bagus! |
Siti | : | Nah, kita kan sedang menghitung layanglayang. Di tanganku sudah ada 6 layang-layang. Kalau aku bagikan 6 layang-layang kepada Beni, berapa banyak layang-layang yang Beni terima? Langsung kita buktikan, ya? 6 : 1 = 6 |
Beni | : | Kalau begitu, suatu bilangan jika dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri, ya. |
Jawaban = 5 : 1 = 5
Jawaban = 7 : 1 = 7
Jawaban = 3 : 1 = 3
Siti | : | Ada satu lagi yang aku temukan. |
Beni | : | Wah, hebat. Apakah itu? |
Siti | : | Nah, begini. Tadi Beni punya 6 layang-layang. 6 layang-layang itu dibagikan ke enam orang, yaitu aku, Mey, Dayu, Lani, Udin, dan Edo. Berapa layang-layang kami dapatkan masing-masing? |
Beni | : | 6 : 6 = 1 Masing-masing mendapatkan 1 layang-layang. |
Siti | : | Benar sekali. Artinya, jika bilangan dibagi bilangan itu sendiri hasilnya satu. |
Beni | : | Wah, Siti hebat ya! |
Jawaban = 7 : 7 =1
Jawaban = 2 : 2 = 1
Lani | : | Ada 32 bingkai layang-layang yang akan dibagikan kepada 4 orang. Setiap orang mendapatkan bingkai sama banyak. Berapa banyak bingkai pada setiap orang? |
Udin | : | 32 : 4 = 8 (setiap orang mendapatkan 8 bingkai layang-layang) |
Lani | : | Sebanyak 18 layang-layang diangkut oleh 3 orang. Masing-masing mengangkut sama banyak. Berapa banyak layang-layang yang diangkut setiap orang? |
Udin | : | 18 : 3 = 6 (setiap orang mengangkut 6 layang-layang) |
Lani | : | Sebanyak 56 gulung benang akan dimasukkan ke dalam 8 kotak. Jika setiap kotak memuat gulungan benang sama banyak, berapa gulung benang yang muat dalam setiap kotak? |
Udin | : | 56 : 8 = 7 (setiap kotak dapat memuat 7 gulung benang) |
Lani | : | Siswa kelas II di sekolah Nusantara terdiri dari 3 kelas. Mereka pergi berlibur ke pantai. Jumlah yang pergi sebanyak 63 siswa. Berapa jumlah siswa pada masingmasing kelas? |
Udin | : | 63 : 3 = 21 (jumlah siswa masing-masing kelas adalah 21) |
Beni | : | Di kakimu ada kerang kecil. Bukankah kita ada tugas membuat karya hiasan dengan bahan alami? Bagaimana kalau kita ambil kerang untuk membuat pigura? |
Lani | : | Wah, ide yang bagus, Beni! Aku lupa ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami. Apa kamu masih ingat, Beni? |
Beni | : | Masih, di antaranya menggunakan bahan kering. Bahan terdapat di alam bebas. Karya hiasan didominasi dengan bahan alam. |
Lani | : | Berarti, bahan yang kita butuhkan untuk karya pigura nanti adalah kerang, ya. Kemudian, apa saja alatnya? |
Beni | : | Alat yang bisa kita gunakan adalah lem untuk menempelkannya dan kertas karton sebagai tempat menempelkannya. Namun, bisa juga ditambahkan dengan bahan lain seperti daun kering, biji tumbuhan yang berwarna, dan lainnya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar