Jumat, 24 September 2021

Materi Ajar, Jum'at 24 September 2021

  PEMBELAJARAN JARAK JAUH

JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                           : 3. Tugasku Sehari-hari

Sub Tema                  : 2. Tugasku Sehari-hari di Sekolah

Pembelajaran 6




Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan hari ini dengan berdoa Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran.

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan ujian hari ini! Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua orang tua di rumah.

Pada Pembelajaran 6 Tema 3 Subtema 2 Tugasku Sehari-hari di Sekolah akan mempelajari tentang memahami kondisi kehidupan ekonomi di pasar. Menemukan kosakata dan maknanya tentang kehidupan ekonomi di pasar. Menentukan nilai pecahan uang yang setara dan menukar nilai pecahan uang yang setara. Memahami gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari dan melakukan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki pada kegiatan menari. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saat mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Pasar Kelas
Pasar Kelas
Hari ini, kelas Siti mengadakan acara Pasar Kelas.

Meja kelas ditata berjajar untuk memajang barang dagangan.

Siswa membawa berbagai jenis barang dagangan.

Edo menjual es lilin.
Lani menjual aneka keripik. Dayu menjual mi goreng.

Ayu menjual pisang goreng.

Ada beberapa siswa yang menjual alat tulis. Suasana kelas menjadi semarak.

Siswa yang menjual berusaha menawarkan dagangan.

Siswa yang membeli sibuk memilih dan menanyakan harga.

Beberapa siswa menampilkan tarian untuk menghibur temannya.

Semua siswa sangat senang mengikuti kegiatan jual beli.

Siswa belajar melakukan jual beli dengan jujur.

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siswa yang menjual barang disebut .......
Penjual
2. Siswa yang membeli barang disebut .......
Pembeli
3. Di Pasar Kelas, siswa saling bertemu dan melakukan … barang.
Jual beli
4. Siswa membeli barang menggunakan .......
Uang
5. Sebutkan barang-barang yang dijual di Pasar Kelas!
Jajanan dan alat tulis
6. Beberapa siswa menampilkan ....... untuk memeriahkan kegiatan Pasar Kelas.
Tarian

Siti mengikuti kegiatan jual beli bersama temanteman.

Siti membawa uang lima ribu rupiah.

Siti ingin menukar uangnya dengan pecahan uang yang nilainya sama.

Tukarlah uang berikut dengan berbagai pecahan yang nilainya sama!
Lima Ribuan
Tulislah pecahan-pecahan yang memiliki nilai sama dengan uang di atas!
Uang Rp5.000,00 dapat ditukar dengan pecahan: 5 lembar seribuan, 10 keping lima ratusan, 25 keping uang dua ratusan, dan 50 keping uang seratusan.
Dua Ribuan
Tulislah pecahan-pecahan yang memiliki nilai sama dengan uang di atas!
Uang Rp2.000,00 dapat ditukar dengan pecahan: 2 lembar seribuan, 4 keping lima ratusan, 10 keping uang dua ratusan, dan 20 keping uang seratusan
Uang Seribu
Uang Rp1.000,00 dapat ditukar dengan pecahan:
10 keping seratusan, 5 keping dua ratusan, dua keping lima ratusan, dan 10 keping uang seratusan.


Siswa menjual berbagai makan dan minuman.

Ada juga yang menjual alat tulis
Jajjanan
Ayo Berlatih
Pasangkan barang berikut dengan harga yang sesuai!
Pasangan Uang
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Barang apa yang harganya paling murah?
Barang yang harganya paling rendah: pisang goreng
2. Barang apa yang harganya paling mahal?
Barang yang harganya paling tinggi: buku
3. Urutkan barang-barang tersebut dari yang paling murah!
Urutan harga barang: pisang goreng, es teh, es jeruk, buku
Kegiatan Pasar Kelas dimeriahkan dengan tarian oleh siswa.

Beberapa siswa menari “Menanam Jagung”.

TUGAS PRAKTIK HARI INI 

Ayo Menari
Ayo, menari tarian “Menanam Jagung”!

Gerakan Menari Menanam Jagung
Tari Menanam jagung
  1. Gerakan awal, ketika masuk panggung. Gerakan menggoyangkan tangan ke kanan dan ke kiri. Kaki jalan di tempat.
  2. Gerakan tangan mengayun dari depan ke arah muka. Gerakan ini adalah “gerakan mengajak”.
  3. Gerakan menanam. Kedua tangan menyamping dengan lutut ditekuk, pandangan ke telapak tangan.
  4. Gerakan silang dada. Tangan menyilang di dada lutut di tekuk.
  5. Gerakan mengambil cangkul. Tangan kanan ke depan bawah, tangan kiri dan kaki menyilang. Dilakukan secara bergantian.
  6. Gerakan mencangkul. Kedua tangan melakukan gerakan mencangkul, lutut sedikit ditekuk. 
  7. Tangan kanan di pinggang, tangan kiri ke samping kepala. Gerakan kaki jalan di tempat.
  8. Kedua tangan diayun sambil berputar. Gerakan kaki jalan di tempat sambil berputar.

Untuk lebih jelasnya yuk simak video berikut ini anak-anak!

Ibu tunggu ya video gerak tarimu tidak perlu sampai selesai tapi usahakan 8 gerakan di atas dilakukan sesuai petunjuk ya nak. Boleh ajak anggota keluargamu untuk ikut menari bersama.
 Jangan lupa tersenyum dan selalu ceria saat melakukannya.
boleh pakai properti topi caping pak tani atau alat lainnya ya.
Bu guru tunggu ya...
SEMANGAT YUK KALIAN BISA... 

Simak video tari Menanam Jagung berikut ini !

    Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.

    Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya. 

    Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini. 

    Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 👍🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...