PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Bermain di Lingkungankunganku
Sub Tema : Bermain di Lingkungan (Sub Tema 4)
Pembelajaran : 6
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan hari ini dengan berdoa. Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran.
Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua orang tua di rumah.
Assalamualaikum sholeh sholehah 2b, hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian Tema 2 Subtema 1&2 ya. Sebelumnya sholeh sholehah belajar terlebih dahulu.
Pasa Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata akan mempelajari tentang menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek yang dibacakan. Menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek. Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar. Menyebutkan manfaat dan akibat mematuhi aturan di tempat wisata dalam kehidupan sehari-hari. Mensimulasikan kegiatan antrean sesuai aturan yang berlaku di tempat wisata. Memecahkan dan menyatakan kalimat matematika masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
No. | Kata | Maknanya |
---|---|---|
1. | Menunggangi | menaiki |
2. | Sewa | pemakaian sesuatu dengan membayar uang |
3. | Pemandu | penunjuk jalan |
4. | Menekuk | melipat, membongkokkan |
5. | Aba-aba | kata-kata perintah |
- Udin menunggangi kuda saat berlibur di kebun binatang Ragunan
- Ayah menyewa sebuah mobil saat akan berlibur di kota Jakarta
- Wisatawan menggunakan pemandu wisata saat berlibur ke Bali
- Menekuk kaki dan tangan merupakan variasi gerak dasar dalam permainan kasti.
- Sebelum melakukan lari saya mendengarkan aba-aba dari Pak Guru.
1. Nama benda : SepatuCiri-ciri benda : Membungkus kaki, dipakai untuk mengalas kaki saat berjalan, ada yang mempunyai tali dan tidak.Bentuk benda : Bentuk sepatu sesuai dengan bentuk kaki.2. Nama benda : RompiCiri-ciri benda : Terbuat dari bahan karet tebal, Digunakan di luar baju. Berfungsi melindungi tubuh saat naik kuda. Biasa digunakan pemula saat naik kuda.Bentuk benda : Rompi berbentuk seperti baju3. Nama benda : Kaca mataCiri-ciri benda : Dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari. Memiliki lensa dan frame. Terdapat lengkungan pada ujung batang penyangga kacamata.Bentuk benda : Kaca mata berbentuk bulat, bundar dan persegi panjang.4. Nama benda : Topi pelindung kepalaCiri-ciri benda : Digunakan di atas kepala. Berfungsi untuk melindungi kepala saat naik kuda. Terbuat dari bahan plastik yang keras.Bentuk benda : Setengah lingkaran sesuai dengan bentuk kepala.5. Nama benda : Pelana kudaCiri-ciri benda : Terbuat dari kulit. Diikatkan ke punggung kuda. Berfungsi sebagai penyokong untuk penunggang kuda. Bentuk benda lonjong.
Benda memiliki keragaman wujud, berdasarkan wujudnya benda dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas
Udin | : | Apa ya manfaat mematuhi aturan naik kuda? |
Beni | : | Agar tidak jatuh saat naik kuda dan agar kuda tidak liar. |
Udin | : | Kalau akibat tidak mematuhi aturan naik kuda apa? |
Beni | : | Kuda bisa liar atau memberontak dan membahayakan keselamatan penunggang kuda. Penunggang kuda bisa jatuh. |
Untuk keselamatan diri di tempat wisata.Menjaga keindahan lingkungan di tempat wisata.Menjaga kebersihan tempat wisata.
Mengancam keselamatan di tempat wisata.Merusak tanaman.Lingkungan menjadi kotor.
Supaya hidup menjadi teraturMembentuk sikap disiplinMeringankan pekerjaan orang tua
Rumah menjadi kotorHidup tidak teraturMendapat sanksi dari orang tua
Udin | : | Beni, coba lihat! Di kebun binatang ada berbagai jenis hewan. Banyaknya kijang di kebun binatang 48 ekor. Kandang kijang ada 4. Setiap kandang berisi kijang yang sama banyak. Berapa banyak kijang di setiap kandang? |
Beni | : | Banyak kijang di setiap kandang dapat diketahui dengan membagi bilangan 48 dengan bilangan 4, yaitu 48 : 4 = 12. Jadi, dapat diketahui bahwa banyak kijang di setiap kandang adalah 12 ekor. |
1. 16 : 8 : 2 = 2 : 2 = 12. 45 : 3 : 5 = 15 : 5 = 33. 33 : 11 : 3 = 3 : 3 = 14. 42 : 3 : 7 = 14 : 7 = 25. 54 : 3 : 6 = 18 : 6 = 36. 56 : 4 : 7 = 14 : 7 = 27. 40 : 4 : 5 = 10 : 5 = 28. 72 : 9 : 4 = 8 : 4 = 29. 84 : 7 : 4 = 12 : 4 = 310. 90 : 5 : 6 = 18 : 6 = 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar