Jumat, 10 September 2021

Materi Ajar Jum'at 10 September 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH

 Satuan Pendidikan      : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  2 /1

Tema                          : Bermain di Lingkungankunganku

Sub Tema                  : Bermain di Lingkungan  (Sub Tema 4)

Pembelajaran             : 6


 

Apa kabar anak sholih sholihah…
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan hari ini dengan berdoa. Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran.

 Jangan lupa tingkatkan iman dan takwa dengan selalu rajin melaksanakan solat 5 waktu, murojaah, sholat sunah, bersedekah dan membantu kedua orang tua di rumah.

Assalamualaikum sholeh sholehah 2b, hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian Tema 2 Subtema 1&2 ya. Sebelumnya sholeh sholehah belajar terlebih dahulu.

Pasa Pembelajaran 6 Tema 2 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata akan mempelajari tentang menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek yang dibacakan. Menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek. Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar. Menyebutkan manfaat dan akibat mematuhi aturan di tempat wisata dalam kehidupan sehari-hari. Mensimulasikan kegiatan antrean sesuai aturan yang berlaku di tempat wisata. Memecahkan dan menyatakan kalimat matematika masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Kunjungan terakhir menuju kebun binatang.

Beni bersama teman sekelasnya membeli tiket.

Ia ikut antrean yang panjang.

Beni ingin menunggangi gajah.

Ayo Membaca
Bacalah teks bacaan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Menunggangi Gajah
Di Kebun Binatang Ragunan, Beni ingin menunggangi gajah.

Ia bersama guru dan teman lainnya membayar sewa naik gajah.

Mereka dipandu oleh pemandu di kebun binatang, khususnya yang bertugas mengurus gajah.

Beni berhati-hati menaiki gajah.

Langkah menaiki gajah, yaitu: siapkan gajah dalam posisi kaki menekuk.

Gajah akan menekukkan kakinya setelah mendengarkan aba-aba dari pemandu.

Pemandu pertama kali menaiki gajah.

Penumpangnya akan dibantu menaiki gajah oleh pemandu lainnya.

Setelah kaki gajah ditekuk, penumpang langsung menaikinya.

Gajah akan berdiri setelah diberi aba-aba oleh pemandu.

Caranya dengan menepuk kaki pemandu itu sendiri ke badan gajah.

Gajah mengangkat kakinya, tanpa merundukkan badan.

Setelah berdiri, pemandu kembali menepuk kakinya dan gajah mulai berjalan.

Saat berjalan, akan terasa sedikit oleng.

Tetapi lama-kelamaan akan terbiasa.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu makna kata berikut!
No.KataMaknanya
1.Menunggangimenaiki
2.Sewapemakaian sesuatu dengan membayar uang
3.Pemandupenunjuk jalan
4.Menekukmelipat, membongkokkan
5.Aba-abakata-kata perintah

Buatlah kalimat dengan menggunakan lima kata di atas!
  1. Udin menunggangi kuda saat berlibur di kebun binatang Ragunan
  2. Ayah menyewa sebuah mobil saat akan berlibur di kota Jakarta
  3. Wisatawan menggunakan pemandu wisata saat berlibur ke Bali
  4. Menekuk kaki dan tangan merupakan variasi gerak dasar dalam permainan kasti.
  5. Sebelum melakukan lari saya mendengarkan aba-aba dari Pak Guru.


Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan cermat!
Keragaman Benda
Ayo Mengamati
Lakukanlah pengamatan sederhana berikut!

Keragaman Benda
Petunjuk:
1. Amatilah alat dan bahan pada gambar di atas satu per satu!
2. Isilah titik-titik di bawah!

Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Sepatu
Ciri-ciri benda : Membungkus kaki, dipakai untuk mengalas kaki saat berjalan, ada yang mempunyai tali dan tidak.
Bentuk benda : Bentuk sepatu sesuai dengan bentuk kaki.

2. Nama benda : Rompi
Ciri-ciri benda : Terbuat dari bahan karet tebal, Digunakan di luar baju. Berfungsi melindungi tubuh saat naik kuda. Biasa digunakan pemula saat naik kuda.
Bentuk benda : Rompi berbentuk seperti baju

3. Nama benda : Kaca mata
Ciri-ciri benda : Dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari. Memiliki lensa dan frame. Terdapat lengkungan pada ujung batang penyangga kacamata.
Bentuk benda : Kaca mata berbentuk bulat, bundar dan persegi panjang.

4. Nama benda : Topi pelindung kepala
Ciri-ciri benda : Digunakan di atas kepala. Berfungsi untuk melindungi kepala saat naik kuda. Terbuat dari bahan plastik yang keras.
Bentuk benda : Setengah lingkaran sesuai dengan bentuk kepala.

5. Nama benda : Pelana kuda
Ciri-ciri benda : Terbuat dari kulit. Diikatkan ke punggung kuda. Berfungsi sebagai penyokong untuk penunggang kuda. Bentuk benda lonjong.
Berdasarkan pengamatan, dapat disimpulkan bahwa:
Benda memiliki keragaman wujud, berdasarkan wujudnya benda dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas
Ayo Berlatih
Sekarang ayo bacakan hasil pengamatanmu ke depan kelas!
Udin:Apa ya manfaat mematuhi aturan naik kuda?
Beni:Agar tidak jatuh saat naik kuda dan agar kuda tidak liar.
Udin:Kalau akibat tidak mematuhi aturan naik kuda apa?
Beni:Kuda bisa liar atau memberontak dan membahayakan keselamatan penunggang kuda. Penunggang kuda bisa jatuh.

Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan teman sebangkumu!
1. Bagaimana manfaat mematuhi aturan di tempat wisata dalam kehidupan sehari-hari?
Untuk keselamatan diri di tempat wisata.
Menjaga keindahan lingkungan di tempat wisata.
Menjaga kebersihan tempat wisata.
2. Bagaimana akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di tempat wisata?
Mengancam keselamatan di tempat wisata.
Merusak tanaman.
Lingkungan menjadi kotor.
3. Bagaimana manfaat mematuhi aturan di rumah dalam kehidupan sehari-hari?
Supaya hidup menjadi teratur
Membentuk sikap disiplin
Meringankan pekerjaan orang tua
4. Bagaimana akibat yang tidak sesuai dengan aturan di rumah?
Rumah menjadi kotor
Hidup tidak teratur
Mendapat sanksi dari orang tua

Ayo Mencoba
Coba lakukan kegiatan antrean membeli tiket masuk kebun binatang bersama teman di kelasmu!

Lakukan dengan tertib sesuai aturannya!
Antri Tiket

Udin:Beni, coba lihat! Di kebun binatang ada berbagai jenis hewan. Banyaknya kijang di kebun binatang 48 ekor. Kandang kijang ada 4. Setiap kandang berisi kijang yang sama banyak. Berapa banyak kijang di setiap kandang?
Beni:Banyak kijang di setiap kandang dapat diketahui dengan membagi bilangan 48 dengan bilangan 4, yaitu 48 : 4 = 12. Jadi, dapat diketahui bahwa banyak kijang di setiap kandang adalah 12 ekor.

Ayo Berlatih
Banyak kijang di setiap kandang dapat diketahui dengan membagi bilangan 48 dengan bilangan 4, yaitu 48 : 4 = 12.

Jadi, dapat diketahui bahwa banyak kijang di setiap kandang adalah 12 ekor.

Perhatikan soal berikut.

Kerjakan dengan cermat!
Berikut adalah data banyak hewan yang akan di tempatkan di kandang yang berbeda. Bantulah petugas kebun binatang untuk menghitung banyak hewan untuk beberapa kandang berikut!
1. 16 : 8 : 2 = 2 : 2 = 1
2. 45 : 3 : 5 = 15 : 5 = 3
3. 33 : 11 : 3 = 3 : 3 = 1
4. 42 : 3 : 7 = 14 : 7 = 2
5. 54 : 3 : 6 = 18 : 6 = 3
6. 56 : 4 : 7 = 14 : 7 = 2
7. 40 : 4 : 5 = 10 : 5 = 2
8. 72 : 9 : 4 = 8 : 4 = 2
9. 84 : 7 : 4 = 12 : 4 = 3
10. 90 : 5 : 6 = 18 : 6 = 3

Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua membimbing siswa dalam menjelaskan manfaat mematuhi aturan di tempat wisata

Pembelajaran kita hari ini sudah selesai, anak anak bisa mulai mengerjakan soal Penilaian Harian Tema 2 Subtema 3&4 melalui link berikut ini:

Jangan lupa baca doa dan kerjakan dengan jujur ya😉😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...