Kamis, 07 Agustus 2025

Materi Ajar: Rabu, 6 Agustus 2025

 




Selamat datang di perpustakaan online di kelas bu Tutik! Mari kita saling mengenal sebelum memulai pembelajaran. Saya akan menjadi teman belajar kalian selama setahun dan berharap kita bisa berkolaborasi serta menikmati perjalanan belajar ini bersama!

 Hari/Tanggal       : Rabu, 6 Agustus 2025

Kelas                          : 6 Al Jazari

Muatan Pelajaran         : 

1. Bahasa Indonesia :  BAB 1 Bangga Menjadi Anak Indonesia

2. IPas         :  Sistem Peredaran Darah Manusia

3. Seni Rupa            : Mengenal Unsur Seni Rupa


Bahasa Indonesia:

Capaian Pembelajaran: 

Pada akhir Fase C, murid memiliki kemampuan sebagai berikut

1.1. Menyimak

Menganalisis informasi dari teks nonsastra berbentuk teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengarkan; dan menganalisis isi teks sastra berbentuk teks aural.

1.2. Membaca dan Memirsa

Membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dari bacaan dan/atau tayangan yang dipirsa; dan menganalisis informasi serta nilai-nilai dalam teks sastra dan nonsastra berwujud teks visual dan/atau audiovisual.

1.3. Berbicara dan Mempresentasikan 

Mempresentasikan gagasan dari berbagai tipe teks    dengan   efektif   dan    santun;   dan menyampaikan perasaan  berdasarkan  fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk teks sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.

1.4. Menulis

Menulis berbagai tipe teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan/atau imajinasi dengan rangkaian kalimat kompleks secara kreatif, menarik, dan/atau indah; dan menggunakan kaidah kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif dan konotatif.

Tujuan Pembelajaran: 

Murid dapat menjelaskan perbedaan surat resmi dan pribadi berdasarkan produk yang dibuat.

Fase C (Umumnya untuk Kelas V dan VI SD/MI/Program Paket A)Pada akhir Fase C, murid memiliki kemampuan sebagai berikut.

1.1 Pemahaman IPAS

Merefleksikan sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; menganalisis hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta pengaruhnya terhadap ekosistem; menjelaskan fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; menghasilkan upaya penghematan energi,  serta  pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; menjelaskan sistem tata surya, serta kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; menjelaskan letak dan kondisi geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta konvensional/digital; meninjau sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; menemukan keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan berdasarkan pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayah tempat tinggal; serta menerapkan kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar.

1.2. Keterampilan Proses

Mampu menerapkan keterampilan proses yang meliputi:

●    - Mengamati

Murmengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana, mencatat hasil pengamatannya, serta mencari persamaan dan perbedaannya.

●     - Mempertanyakan dan Memprediksi

Dengan panduan pendidik, murid mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksinya.  Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan Secara mandiri, murid merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Murid melakukan observasi menggunakan alat bantu pengukuran sederhana. 

Memproses serta Menganalisis Data dan Informasi

Murid mengolah data dalam bentuk tabel dan  grafik,  serta  menjelaskanhasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data. Murid membandingkan data dengan prediksi dan memberikan alasan berdasarkan bukti.

●    - Mengevaluasi dan Refleksi

Melakukan refleksi dan memberikan saran perbaikan terhadap penyelidikan yang sudah dilakukan. 

 Mengomunikasikan Hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen   

dalam berbagai media.


SENI RUPA

Capaian Pembelajaran:

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Mengalami (Experiencing)

Pada akhir fase C, Peserta didik mampu memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain.

Peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan menggabungkan unsur garis, warna, tekstur, bentuk, dan bangun. Peserta didik mampu menggunakan perspektif dalam membuat karya 2 dimensi. Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa.

Menciptakan (Making/Creating)

 

Pada akhir fase C, Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa.

Peserta didik mampu memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari, keadaan lingkungan sekitar, dan perasaan atau emosinya melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan terkecilnya.

Peserta didik mempresentasikan penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni.

Merefleksikan (Reflecting)

 

Pada akhir fase C, Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yarng diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa.

Peserta didik mampu memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari, keadaan lingkungan sekitar, dan perasaan atau emosinya melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan terkecilnya. Peserta didik mempresentasikan penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosakata seni.

Tujuan Pembelajaran:

Murid dapat memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.


Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh

Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.

Bahasa Indonesia

A. Pengertian Surat Resmi dan Surat Pribadi

Jenis SuratPengertian
Surat ResmiSurat yang digunakan untuk keperluan formal, biasanya dibuat oleh lembaga, sekolah, atau instansi
Surat PribadiSurat yang digunakan untuk keperluan pribadi kepada orang terdekat, seperti teman, saudara, atau guru

B. Tujuan dan Fungsi
Surat ResmiSurat Pribadi
Menyampaikan informasi formal (undangan, pemberitahuan, permohonan)Menyampaikan pesan pribadi atau cerita kepada orang lain secara akrab

C. Perbedaan Struktur Surat
Bagian SuratSurat ResmiSurat Pribadi
Kepala suratAda (kop surat)Tidak ada
Tanggal suratAdaAda
Alamat tujuanAdaTidak wajib
Salam pembukaFormal (Yth. Bapak/Ibu...)Bebas (Hai..., Salam...)
Isi suratSingkat, padat, bakuBebas, naratif, lebih ekspresif
Salam penutupHormat kami, dll.Salam hangat, dari..., peluk sayang, dll
Tanda tanganAda, resmiAda, pribadi

D. Perbedaan Gaya Bahasa
  • Surat resmi: bahasa baku, formal, sopan, sistematis

  • Surat pribadi: bahasa santai, bisa tidak baku, ekspresif, bersifat emosional

๐Ÿ“ Contoh Produk Surat

Surat Resmi:

Yth. Orang Tua/Wali Murid Kelas VI
Dengan hormat, kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri rapat evaluasi belajar yang akan dilaksanakan...
Hormat kami,
Kepala Sekolah

Surat Pribadi:

Hai Dita,
Apa kabar? Aku rindu sekali bermain bersamamu di taman. Liburanku menyenangkan sekali. Aku ingin bercerita banyak...
Salam hangat,
Nina

๐Ÿ”Ž Tugas Murid (Berbasis Produk dan Presentasi)

  1. Membuat 1 contoh surat resmi dan 1 contoh surat pribadi.

  2. Membuat tabel perbedaan struktur dan gaya bahasa antara keduanya.

  3. Menyusun presentasi kelompok berdasarkan produk surat yang telah dibuat.

  4. Melakukan presentasi dan berdiskusi di kelas.

  5. Menulis refleksi pribadi.

๐Ÿง  Refleksi Mandiri

Tuliskan jawaban dari pertanyaan berikut:

  1. Apa yang saya pelajari dari perbedaan surat resmi dan pribadi?

  2. Bagaimana saya bisa menerapkannya dalam kehidupan nyata?

๐Ÿ’ฌ Catatan Guru

  • Fasilitasi pembelajaran berbasis proyek dan kerja kelompok.

  • Dorong murid untuk menyusun surat berdasarkan pengalaman nyata (misalnya: surat undangan lomba kelas, surat kepada teman pindahan).

  • Gunakan presentasi sebagai alat untuk menumbuhkan keberanian berbicara dan berpikir kritis.

IPAS

Organ tubuh manusia yang berperan dalam peredaran darah adalah : Jantung, Pembuluh Darah, dan Paru-Paru. Fungsi atau peranan organ peredaran darah pada manusia adalah sebagai berikut.
  1. Jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  2. Pembuluh darah. Pembuluh darah berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.
  3. Paru-paru. Paru-paru berfungsi sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah

1. Jantung
Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis.

Jantung tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri
atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
Jantung
Antara bagian kanan dan kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang disebut katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida

Ketika jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi, pembuluh tersebut ikut berdenyut. Dengan demikian, melalui denyut nadi kamu dapat mengetahui denyut jantung. Denyut nadi akan terasa jelas dengan menekan pembuluh nadi pada pergelangan tangan dan bagian leher di bawah telinga.

Ayo hapalkan:




2. Pembuluh Darah
Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik Pembuluh nadi disebut arteri. Pembuluh balik disebut vena. Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh balik yaitu pembuluh darah yang membawa darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju jantung.

Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. Ujung cabang pembuluh terkecil disebut, pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sangat halus berdinding tipis dan berpori. Dalam pembuluh kapiler ini terjadi pertukaran dua zat, yaitu antara oksigen dan karbon dioksida. Panjang seluruh pembuluh darah manusia jika dihubungkan dari satu ujung ke ujung yang lain dapat mencapai sekitar 160.000 km.

Berikut ini perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.

No.Perbedaan
Pembuluh NadiPembuluh Balik
1.Nama lain pembuluh nadi adalah arteri.Nama lain pembuluh balik adalah vena.
2.Berisi darah bersih (kaya oksigen).Berisi darah kotor (kaya karbon dioksida).
3.Mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh.Mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung.
4.Denyut terasaDenyut tidak terasa
5.Jika terluka darah meluncur derasJika terluka darah hanya menetes
6.Dinding pembuluh kuat, tebal dan elastisDinding pembuluh tipis dan tidak elastis
7.Pembuluh nadi letaknnya agak kedalam,  tersembunyi dari permukaan tubuhPembuluh balik letaknnya dekat permukaan :tubuh dan tampak kebiru-biruan
Pembuluh dan Paru-paru
3. Paru-Paru
Dalam proses peredaran darah, paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang telah diedarkan ke seluruh tubuh tidak lagi mengandung oksigen. Akan tetapi banyak mengandung karbon dioksida. Setelah kembali ke jantung, darah yang akan mengandung karbon dioksida tersebut dipompa ke dalam paru-paru. Selanjutnya, karbon dioksida diambil dan diganti dengan oksigen melalui proses pernapasan.

Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang. Tabung bercabang yang jumlahnya ribuan semakin ke ujung semakin mengecil. Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara. Knatong udara tersebut dinamakan “alveoli”. Masing-masing alveoli memiliki jaringan halus kapiler. Pada jaringan halus kapiler inilah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

SENI RUPA

๐Ÿง  A. Pengertian Irama/Ritme dalam Seni Rupa

Irama (Ritme) adalah pengulangan unsur visual seperti garis, bentuk, warna, atau motif secara teratur maupun terputus-putus, yang menciptakan kesan gerak dan keteraturan dalam sebuah karya seni.

๐Ÿ–ผ️ B. Irama dalam Karya Dua Dimensi (2D)

Karya dua dimensi adalah karya seni yang memiliki panjang dan lebar saja (tidak memiliki volume), contohnya: lukisan, gambar, motif batik, poster.

✔️ Contoh Penggunaan Irama dalam 2D:

  1. Motif Batik:
    Pola bunga atau garis yang berulang secara teratur menciptakan irama visual.

  2. Lukisan Abstrak:
    Warna dan bentuk diulang dalam posisi berbeda untuk menampilkan ritme.


๐Ÿ—ฟ C. Irama dalam Karya Tiga Dimensi (3D)

Karya tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, contohnya: patung, kerajinan tanah liat, anyaman bambu, dan instalasi seni.

✔️ Contoh Penggunaan Irama dalam 3D:

  1. Patung Penari:
    Beberapa patung dengan pose berbeda tetapi berurutan, menciptakan irama gerak.

  2. Anyaman Bambu:
    Pola anyaman kotak yang diulang secara teratur.

  3. Relief Dinding Sekolah:
    Bentuk daun dan bunga yang diukir berulang.

๐Ÿ–Œ️ D. Jenis Irama dalam Seni Rupa

Jenis IramaPenjelasanContoh
Irama TeraturPola diulang secara konsistenMotif batik kawung
Irama MengalunPola berubah secara halus/bertahapWarna gradasi
Irama BebasTidak beraturan, tetapi tetap memiliki pola visualLukisan ekspresif

๐Ÿงช E. Latihan dan Proyek Kecil

๐ŸŽจ Tugas 1

Gambarlah sebuah pola irama 2D di kertas menggunakan bentuk dasar (misalnya: bunga, daun, atau bentuk geometris).

๐Ÿชต Tugas 2 (opsional)

Buatlah karya 3D sederhana menggunakan plastisin atau tanah liat, yang menampilkan pola berulang (misalnya bola-bola, spiral, bentuk tanaman).

๐Ÿงฉ Refleksi

  • Apa yang kamu rasakan saat membuat pola berulang?

  • Menurutmu, mengapa irama penting dalam seni rupa?

๐Ÿ’ก Tips Mengajarkan Irama Seni Rupa

  • Gunakan alat bantu visual (gambar, potongan kain batik, benda 3D nyata).

  • Putar musik berirama saat siswa menggambar untuk merangsang kreativitas.

  • Ajak siswa melakukan gerakan tangan berulang (mirip menggambar pola irama).

  • Kesimpulan :

  • Alhamdulillah para murid sudah tuntas memahami dua jenis surat yaitu surat resmi dan surat pribadi

Senin, 04 Agustus 2025

Materi Ajar: Selasa, 4 Agustus 2025

 




Selamat datang di perpustakaan online di kelas bu Tutik! Mari kita saling mengenal sebelum memulai pembelajaran. Saya akan menjadi teman belajar kalian selama setahun dan berharap kita bisa berkolaborasi serta menikmati perjalanan belajar ini bersama!

Hari/tanggal                 :  Selasa, 4 Agustus 2025

Kelas                          : VI AL JAZARI


Materi Muatan Pelajaran

B. Indonesia                : BAB 1 Bangga Menjadi Anak Indonesia

IPAS                           : Pecahan dan Desimal


CP Bahasa Indonesia

Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks (fiksi dan informasional) yang disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam diskusi, serta mampu menulis teks naratif dan surat untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.

Tujuan Pembelajaran: Murid Menjelaskan pengertian dan fungsi surel, Menyebutkan bagian-bagian penting dari surel., Menulis surel pribadi untuk menceritakan pengalaman secara runtut dan santun.

CP Matematika:

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uangMereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPBPeserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)

Tujuan Pembelajaran : 

Murid dapat melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian pecahan.



Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


BAHASA INDONESIA

Surat pribadi biasanya disebut juga personal letter. Sesuai dengan sebutannya, surat pribadi merupakan surat yang dibuat berisi pesan untuk keperluan yang bersifat pribadi atau personal dan ditujukan kepada orang lain. Jadi, perbedaan surat resmi dengan surat pribadi adalah adalah sifatnya. Surat resmi bersifat kepentingan publik sementara surat pribadi bersifat privasi. 


Umumnya surat ini dikirimkan kepada keluarga, kerabat, teman, sahabat, dan lain-lain. Sementara, surat resmi ditujukan kepada instansi baik publik, swasta atau individu. 

Perbedaan surat resmi dengan surat pribadi kedua adalah pada umumnya surat personal menggunakan bahasa yang tidak baku. Namun, kadang surat personal dapat juga menggunakan bahasa baku tergantung pesan yang akan disampaikan dan disesuaikan dengan keperluannya. 

Surat pribadi yang menggunakan bahasa baku maupun tidak umumnya ditulis dengan tetap memperhatikan etika dan juga menggunakan bahasa yang sopan. Surat ini tidak memiliki peraturan khusus yang mengikat sehingga dapat ditulis sesuai dengan keinginan dari masing-masing penulisnya. 

Ciri-Cirinya

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai ciri-ciri surat pribadi, yakni: 

Tidak memiliki kop surat, hal inilah yang membedakannya dengan surat resmi.

Tidak memiliki nomor surat.  

Menggunakan kata sapaan yang bersifat personal dan santai dalam salam pembuka maupun salam penutup.

Kalimat dan bahasa yang digunakan tidak terlalu resmi dan cenderung menggunakan bahasa sehari-hari yang sering digunakan oleh penulis dan penerima surat namun tetap bersifat santun dan mudah untuk dipahami.

Format penulisan tergantung pada keinginan dan kepentingan penulisnya atau bersifat bebas.

Silahkan anak- anak lihat contoh surat pribadi pada buku cetakmu!

Kegiatan selanjutnya kita akan mengenal jenis surat elektronik / email

A. Apa Itu Surel?

Surel atau surat elektronik adalah pesan tertulis yang dikirim melalui internet menggunakan alamat email.
Surel biasanya digunakan untuk:

  • Mengirim pesan pribadi

  • Mengirim tugas sekolah

  • Berkomunikasi dengan guru atau teman secara formal dan sopan

๐Ÿงฉ B. Bagian-Bagian Surel

BagianPenjelasan
1. Alamat Email TujuanEmail penerima (misalnya: temanmu@gmail.com)
2. Subjek (Judul)Topik isi surel, misalnya: "Cerita Liburanku"
3. Salam PembukaSapaan seperti: “Hai Dita”, “Assalamu’alaikum, Bu Guru”
4. Isi PesanMenceritakan maksud, kabar, pengalaman, atau pertanyaan
5. Salam Penutup“Salam hangat”, “Wassalamu’alaikum”, “Salam dari aku”
6. Nama PengirimNama murid yang mengirim surel

✍️ C. Contoh Surel Pribadi

Kepada: rahma.putri@gmail.com
Subjek: Liburan ke Bandung

Hai Rahma,

Apa kabar? Aku mau bercerita tentang liburanku minggu lalu. Aku dan keluarga pergi ke Bandung. Kami mengunjungi kebun teh dan bermain di taman kota. Seru sekali!

Semoga liburanmu juga menyenangkan, ya. Nanti ceritakan juga pengalamanmu!

Salam hangat,
Dina


๐Ÿ” D. Etika Menulis dan Mengirim Surel

  • Gunakan bahasa yang sopan dan jelas.

  • Pastikan menulis alamat email dan subjek dengan benar.

  • Jangan kirim surel kosong atau asal kirim.

  • Periksa kembali isi surel sebelum mengirim.

  • Jangan gunakan huruf kapital semua (terkesan marah).


๐Ÿ“Œ Latihan Pemahaman

  1. Apa yang dimaksud dengan surel?

  2. Apa fungsi bagian subjek dalam surel?

  3. Tuliskan 3 contoh salam pembuka dalam surel!

  4. Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mengirim surel?


๐Ÿ“ Tugas

Tulis sebuah surel kepada temanmu yang sedang sakit, berisi pesan penyemangat dan cerita kegiatanmu di sekolah. Gunakan struktur surel yang benar.

MATEMATIKA

Di dalam matematika, bilangan pecahan banyak sekali bentuknya yaitu pecahan biasa, pecahan campuran, sampai pecahan dalam bentuk desimal. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan, maka materi mengenai bilangan pecahan dilanjutkan pada postingan kali ini dengan membahas materi seputar operasi hitung perkalian dan pembagian dalam bentuk bilangan pecahan. Untuk lebih jelasnya perhatikan baik - baik penjelasan materi di bawah ini.

Rumus Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan


Gambar di atas adalah rumus perkalian dan pembagian bilangan pecahan. Untuk lebih jelasnya rumus tersebut dijabarkan pada pembahasan di bawah ini, simak video berikut :




Perkalian Sesama Bilangan PecahanUntuk mengalikan bilangan pecahan biasa dengan bilangan pecahan biasa, caranya sangatlah mudah yaitu dengan mengalikan pembilang dengan pembilang lalu mengalikan penyebut dengan penyebut.
Perhatikan contoh berikut :





Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dengan Bilangan Bulat Dalam menyelesaikan perkalian pecahan biasa dengan bilangan bulat, kalian cukup mengalikan pembilang dengan bilangan bulat tersebut, kemudian dibagi dengan penyebut.

Contoh :





Pembagian Bilangan Pecahan Biasa Dalam menyelesaikan operasi pembagian bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa caranya cukup sederhana, yaitu dengan membalik pembilang dan penyebut dari salah satu bilangan pecahan tersebut, kemudian kedua bilangan pecahan tersebut dikalikan.
Perhatikan contoh berikut ini :





Kesimpulan:
Dari pembahasan materi di atas adalah bahwa Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan tidaklah begitu sulit untuk dipahami. Hanya dibutuhkan ketelitian dalam mengalikan angka - angka yang ada pada bilangan pecahan tersebut. Untuk menambah wawasan kalian mengenai materi bilangan pecahan, pelajari juga materi tentang Cara Mengubah Bilangan Pecahan Biasa Menjadi Bilangan Pecahan Campuran. untuk materi bahasa Indonesia Alhamdulillah para murid sudah tuntas memahami dua jenis surat yaitu surat resmi dan surat pribadi

Minggu, 03 Agustus 2025

Materi Ajar: Senin, 3 Agustus 2025

 




Selamat datang di perpustakaan online di kelas bu Tutik! Mari kita saling mengenal sebelum memulai pembelajaran. Saya akan menjadi teman belajar kalian selama setahun dan berharap kita bisa berkolaborasi serta menikmati perjalanan belajar ini bersama!

Hari/tanggal                 :  Senin, 3 Agustus 2025

Kelas                          : VI AL JAZARI


Materi Muatan Pelajaran

B. Indonesia                : BAB 1 Bangga Menjadi Anak Indonesia

IPAS                           : Sistem Peredaran Darah Manusia


CP Bahasa Indonesia

Peserta didik mampu menganalisis informasi berupa fakta dan nilai-nilai dari berbagai jenis teks (fiksi dan informasional) yang disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Peserta didik berpartisipasi aktif dalam diskusi, serta mampu menulis teks naratif dan surat untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.

Tujuan Pembelajaran: Murid memahami tujuan, fungsi, dan struktur surat resmi dan surat pribadi (surel).

CP IPAS

Merefleksikan sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; menganalisis hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta pengaruhnya terhadap ekosistem; menjelaskan fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; menghasilkan upaya penghematan energi,  serta  pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; menjelaskan sistem tata surya, serta kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; menjelaskan letak dan kondisi geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta konvensional/digital; meninjau sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; menemukan keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan berdasarkan pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayah tempat tinggal; serta menerapkan kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar.

Tujuan Pembelajaran: Murid mampu mengetahui organ-organ utama pada sistem peredaran darah manusia. 



Apa kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!


BAHASA INDONESIA

1. Pengertian Surat Resmi dan Surat Pribadi

Jenis SuratPengertian
Surat ResmiSurat yang digunakan untuk keperluan formal/dinas, biasanya dikirim oleh lembaga/instansi/sekolah kepada pihak lain.
Surat Pribadi (Surel)Surat yang ditulis untuk keperluan pribadi kepada orang lain, seperti teman, guru, atau keluarga. Dalam konteks digital, sering ditulis dalam bentuk surel (surat elektronik).

2. Tujuan dan Fungsi
Jenis SuratTujuan dan Fungsi
Surat ResmiMenyampaikan informasi resmi seperti undangan, pemberitahuan, pengumuman, permohonan, dan laporan.
Surat PribadiMenyampaikan pesan pribadi, seperti kabar, pengalaman, ucapan terima kasih, permintaan maaf, dan cerita.

3. Struktur Surat
Struktur UmumSurat ResmiSurat Pribadi (Surel)
1. Kepala Surat✅ Ya (ada kop surat)❌ Tidak wajib
2. Tanggal Surat✅ Ya✅ Ya
3. Alamat Tujuan✅ Ya❌ Tidak wajib
4. Salam Pembuka✅ Ya (formal)✅ Ya (bebas/pribadi)
5. Isi Surat✅ Ya (sistematis)✅ Ya (bebas, naratif)
6. Salam Penutup✅ Ya (formal)✅ Ya (lebih personal)
7. Tanda Tangan✅ Ya (oleh pejabat/pengirim resmi)✅ Ya (oleh pengirim pribadi)

4. Ciri Kebahasaan
  • Surat resmi menggunakan bahasa baku, singkat, dan sopan.

  • Surat pribadi lebih bebas, akrab, dan kadang menggunakan bahasa tidak baku.

  • Surel pribadi tetap perlu memperhatikan etika berkomunikasi digital.

A. Surat Undangan Resmi
Surat undangan resmi adalah undangan yang digunakan oleh lembaga atau instansi resmi. Undangan surat resmi biasanya digunakan untuk kepentingan yang bersifat formal, seperti urusan kedinasan. Undangan ini umumnya ditulis menggunakan bahasa remi dan baku. Misalnya saja undangan yang digunakan pada kementrian negara atau pemerintah daerah.

Surat undangan resmi memiliki ciri yang membedakan dengan jenis surat undangan lainnya. Beberapa ciri surat undangan resmi antara lain sebagai berikut.
  1. Menggunakan aturan format yang baku dalam penulisannya
  2. Memakai kop surat apabila dikeluarkan oleh Lembaga Instansi atau organisasi.
  3. Dalam surat resmi terdapat nomor surat, lampiran, dan perihal.
  4. Memakai bahasa resmi atau formal.
  5. Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi tersebut.

Dalam setiap pembuatannya, surat undangan resmi dituntut untuk mengikuti aturan surat menyurat yang formal, seperti memperhatikan format dan bahasa yang digunakan. Secara umum, inilah gambaran bagian-bagian yang ada dalam suatu surat undangan resmi.
Surat Resmi
1. Kop Surat
Kop surat berisikan identitas lembaga yang menulis surat tersebut. Biasanya disertai dengan logo lembaga, alamat dan nomor telepon dari lembaga resmi tersebut. Bahkan ada juga lembaga yang menyertakan dengan alamat email dari lembaga.

2. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat
Tempat dan tanggal pembuatan surat pada surat undangan resmi akan diertakan tempat dan tanggal pembuatan surat tersebut. Format penulisan tanggal pada surat resmi yang benar, misalnya Jakarta, 07 September 2017.

3. Nomor surat
Nomor surat adalah sebuah tanda berupa angka atau gabungan angka huruf yang dicantumkan pada surat dari suatu organisasi, instansi, atau badan usaha, sesuai dengan nomor berkas atau buku agenda surat keluar yang bertalian dengan surat tertentu. Biasanya meliputi nomor urut penulisan surat, kode surat, tanggal, bulan dan tahun penulisan surat. Misalnya sebagai berikut : A.001/Pan-Pel/AKB/I/2018

4. Hal Surat
Hal surat disebut pula perihal surat atau pokok surat.

5. Alamat surat
Nama dan alamat yang akan dikirimi surat tertuang pada bagian ini.

6. Salam pembuka
Salam pembuka pada surat undangan resmi selalu ditulis pada bagian kiri. Huruf pertama salam pembuka menggunakan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda koma.

7. Isi surat
Pada bagian surat undangan resmi ini berisikan waktu, tempat, serta acara undangan tersebut.

8. Penutup
Pada bagian putup surat undangan resmi berisikan ucapan terimakasih.

9. Salam penutup
Salam penutup pada surat undangan resmi biasanya dibuat pada bagian bawah sebelah kiri. Salam penutup ini pada awal kata ditulis dengan huruf kapital.

10. Nama pengirim surat
Nama pengirim surat undangan resmi ini tertulis dibagian bawah kiri. Bisanya surat undangan resmi dilengkapi dengan tanda tangan dan disertai dengan cap atau stempel lembaga.

B. Surat Undangan setengah resmi
Undangan yang mengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi. Surat setengah resmi ditujukan untuk berbagai macam keperluan (bukan formal) seperti misalnya undangan kerja bakti, izin tidak masuk sekolah, pengadaan pentas seni, ke sekolah, yayasan ataupun perusahaan.

Surat undangan setengah resmi memiliki beberapa bagian surat. Beberapa bagian surat setengah resmi antara lain sebagai berikut :
  1. Alamat tujuan
  2. Salam pembuka
  3. Isi surat
  4. Penutup
  5. Tanda tangan pembuat surat

Surat undangan setengah resmi memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan bentuk surat lainya. Beberapa ciri surat undangan setengah resmi adalah sebagai berikut :
  1. Tidak membutuhkan kop surat dan juga nomornya.
  2. Tidak menggunakan lampiran.
  3. Tidak menggunakan stempel karena memang dikirim oleh individu bukan instansi.
  4. Menggunakan bahasa resmi atau formal

Berikut contoh undangan setengah resmi.
Pentas Seni

C. Surat Undangan Tidak Resmi
Surat undangan tidak resmi adalah surat undangan yang mengatasnamakan pribadi yang ditujukan kepada orang lain untuk menginformasikan acara atau kegiatan tersebut. Misalnya saja undangan acara ulang tahun. Berikut ini bagian-bagian dari surat undangan tidak resmi :
  1. Alamat yang dituju
  2. Salam pembuka
  3. isi surat
  4. Salam penutup
  5. Nama terang penulis surat

Surat undangan tidak resmi juga memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan jenis surat undangan lainnya. Beberapa ciri surat undangan tidak resmi adalah sebagai berikut :
  1. Tidak membutuhkan kop surat dan juga nomornya. 
  2. Tidak menggunakan lampiran.
  3. Tidak menggunakan stempel karena memang dikirim oleh individu bukan instansi.
  4. Menggunakan bahasa tidak resmi/bahasa yang lebih akrab dan tidak kaku. 

Berikut contoh surat undangan tidak resmi
Undangan Tidak Resmi
Sifat surat ini tidak resmi sehingga bahasa yang digunakan dalam jenis surat ini juga tidak memperhatikan kaedah berbahasa. Karena sifatnya yang tidak resmi, memungkinkan bahasa yang digunakan lebih akrab dan tidak kaku. 

Persamaan dan perbedaan antara undangan resmi, setengah resmi, dan tidak resmi 
Persamaan dan Perbedaan Undangan Resmi, Setengah Resmi, dan Tidak Resmi
Jenis UndanganPersamaanPerbedaan
ResmiBerisi pemberitahuan dan permintaan kesediaan seseorang untuk menghadiri suatu acara atau kegiatan. Kalimat yang digunakan dalam undangan harus efektifMengatasnamakan sebuah instansi atau organisasi dan kedinasan. Biasanya, dipergunakan untuk kepentingan kedinasan.
Setengah ResmiMengatasnamakan perorangan yang ditujukan ke perorangan maupun instansi atau organisasi untuk kepentingan setengah resmi.
Tidak ResmiMengatasnamakan perorangan yang ditujukan kepada perorangan untuk kepentingan perorangan, seperti undangan ulang tahun.

Demikian pembahasan mengenai Membuat Surat Undangan Resmi dan Tidak Resmi semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.

๐Ÿ“Œ Latihan Pemahaman

  1. Apa perbedaan surat resmi dan surat pribadi?

  2. Tuliskan 3 tujuan penggunaan surat resmi!

  3. Sebutkan 3 ciri bahasa dalam surat pribadi!

  4. Lengkapi struktur surat resmi berikut ini… (guru berikan potongan surat)

๐Ÿ’ก Tugas Proyek Sederhana

  • Murid diminta menulis dua jenis surat:

    1. Satu surat resmi (misalnya undangan lomba antar kelas)

    2. Satu surel pribadi kepada teman menceritakan pengalaman liburan.


๐ŸŽฒ Penilaian dan Refleksi

  • Rubrik penilaian meliputi: struktur, isi, bahasa, dan ketepatan konteks.

  • Refleksi: Apa kesulitan saat menulis surat? Apa manfaat belajar membuat surat?


IPAS
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah belajar mengenai sistem peredaran darah pada manusia, ayo kita berkreasi dengan membuat sistem peredaran dara manusia lalu mempersentasikannya di depan kelas!

Ayo Berkreasi
Kamu telah mempelajari peredaran darah manusia. Coba pahami materinya dan gambarlah. Kemudian, tuliskan keterangan gambar yang kamu buat. Tuliskan juga cara kerjanya. Gambar organ peredaran darah manusia.
Fungsi Organ
Ayo Berkreasi
Kamu telah mempelajari peredaran darah manusia. Coba pahami materinya dan gambarlah. Kemudian, tuliskan keterangan gambar yang kamu buat. Tuliskan juga cara kerjanya. Gambar organ peredaran darah manusia.
Fungsi Organ
Cara kerja organ peredaran darah manusia.
Kerja sistem peredaran darah manusia dikendalikan oleh organ jantung yang berguna untuk memompa darah agar mampu mengalir ke semua tubuh. Saat otot jantung berelaksasi, jantung dalam keadaan mengembang, volumenya besar, dan tekanannya kecil.

Macam-Macam Gangguan pada Sistem Peredaran Darah

1.     Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

o    Penyebab: Pola makan tidak sehat (terlalu banyak garam), kurang olahraga, stres.

o    Akibat: Bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.

o    Pencegahan: Makan sehat, olahraga teratur, istirahat cukup.

2.     Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

o    Penyebab: Kurang makan, kelelahan, dehidrasi.

o    Akibat: Pusing, lemas, bahkan pingsan.

o    Pencegahan: Makan teratur, cukup minum air putih, tidak begadang.

3.     Anemia (Kurang Darah)

o    Penyebab: Kekurangan zat besi, perdarahan, kurang gizi.

o    Akibat: Tubuh mudah lelah, wajah pucat, sulit konsentrasi.

o    Pencegahan: Konsumsi makanan kaya zat besi (sayur hijau, hati ayam, daging).

4.     Serangan Jantung

o    Penyebab: Penyumbatan pembuluh darah di jantung.

o    Akibat: Jantung tidak bisa memompa darah dengan baik, bisa menyebabkan kematian.

o    Pencegahan: Makan sehat, tidak merokok, rajin berolahraga.

5.     Stroke

o    Penyebab: Penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah di otak.

o    Akibat: Kelumpuhan, sulit bicara, bahkan kematian.

o    Pencegahan: Menjaga tekanan darah, pola hidup sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Sistem Peredaran Darah

  1. Makan makanan bergizi, terutama sayur dan buah.
  2. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  3. Olahraga teratur (seperti jalan pagi, bersepeda, berenang).
  4. Tidak merokok dan menghindari polusi udara.
  5. Tidur cukup dan tidak stres.

Ayo Berkreasi
Buatlah sebuah projek dengan teman kelompok kalian. Buatlah sebuah alat peraga sistem peredaran darah pada manusia dengan membedakan sistem peredaran darah kecil dan besar.
Siapkan alat dan bahan kalian ya...
untuk lebih jelasnya silahkan simak video cara pembuatan alat peraga sistem peredaran darah berikut ini:


A. Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran darah adalah sistem dalam tubuh manusia yang berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh agar oksigen dan zat gizi sampai ke seluruh sel.

Organ utama yang terlibat:

  • ❤️ Jantung → memompa darah

  • ๐Ÿฉธ Pembuluh darah → saluran tempat darah mengalir

  • ๐Ÿง  Organ tubuh lain → sebagai penerima darah yang membawa oksigen/nutrisi

๐Ÿ” B. Macam-Macam Peredaran Darah

  1. Peredaran Darah Besar

    • Aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, kemudian kembali lagi ke jantung.

    • Fungsi: Mengalirkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

  2. Peredaran Darah Kecil

    • Aliran darah dari jantung ke paru-paru, lalu kembali ke jantung.

    • Fungsi: Mengambil oksigen dari paru-paru dan membuang karbon dioksida.

๐Ÿฆ  C. Gangguan pada Sistem Peredaran Darah

Beberapa gangguan/penyakit yang dapat terjadi:

Nama GangguanPenjelasan SingkatPenyebab
1. AnemiaKekurangan sel darah merahKurang zat besi, kurang gizi
2. HipertensiTekanan darah terlalu tinggiPola makan tidak sehat, stres
3. Jantung KoronerPenyumbatan pembuluh darah jantungLemak menumpuk di pembuluh darah
4. StrokeAliran darah ke otak tergangguTekanan darah tinggi, pembekuan darah
5. VarisesPembuluh darah balik melebar (biasanya di kaki)Berdiri terlalu lama, kegemukan
๐ŸŽ D. Cara Menjaga Kesehatan Peredaran Darah
  1. Makan makanan sehat dan bergizi (sayur, buah, air putih)

  2. Rutin berolahraga

  3. Istirahat cukup

  4. Hindari stres berlebihan

  5. Tidak merokok dan menghindari makanan berlemak berlebihan

๐Ÿง  Latihan Soal Pemahaman

  1. Sebutkan 2 jenis peredaran darah manusia dan jelaskan perbedaannya!

  2. Apa fungsi jantung dalam sistem peredaran darah?

  3. Apa itu anemia dan apa penyebabnya?

  4. Sebutkan 3 cara menjaga kesehatan sistem peredaran darah!

๐Ÿงฉ Kegiatan Proyek Mini (Opsional)

  • Membuat diagram sistem peredaran darah besar dan kecil di kertas manila.

  • Membuat poster cara menjaga jantung sehat.


Kesimpulan :
Cara kerja organ peredaran darah manusia.
Kerja sistem peredaran darah manusia dikendalikan oleh organ jantung yang berguna untuk memompa darah agar mampu mengalir ke semua tubuh. Saat otot jantung berelaksasi, jantung dalam keadaan mengembang, volumenya besar, dan tekanannya kecil.alhamdulilah anak anak tuntas dan berlanjut di petemuan berikutnya untuk proyek 


Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan mengulang membaca materi hari ini di rumah.
Mari kita akhiri kegiatan belajar  dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih.
WASSALAMUALAIKUM WR.WB.

Jumat, 01 Agustus 2025

Materi Ajar: Jum'at, 1 Agustus 2025

 Hari/Tanggal                             : Jum'at, 1 Agustus 2025

Muatan  Pembelajaran              :  

Pendidikan Anti Korupsi            : Jujur


Capaian Kompetensi: 

1. Siswa dapat menyimpulkan nilai-nilai kejujuran dalam mengungkapkan sesuatu sesuai kenyataan di kehidupan sehari-hari

2. Siswa mampu menerapkan nilai-nilai kejujuran dalam mengungkapkan sesuatu sesuai kenyataan di kehidupan sehari-hari

3. siswa dapat bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran:

 Peserta didik dapat memberikan contoh pelaksanaan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.


Apa kabar anak sholih sholihah.........
Semoga kalian semua dalam keadaan sehat walaf'iyah ....
Anak sholih sholihah ayo kita mulai pembelajaran kita pada hari ini dengan membaca basmalah....

Korupsi adalah tindakan penyalahgunaan jabatan atau kekuasaan untuk kepentingan pribadi atau kelompok, yang melanggar hukum dan norma, serta merugikan negara dan masyarakatKorupsi dapat berupa suap, pemerasan, penggelapan, dan berbagai bentuk penyalahgunaan wewenang lainnya. 

indakan korupsi dalam skala kecil tetap saja tidak dibenarkan karena nantinya akan menjadi kewajaran yang dibiasakan. Karena tindakan korupsi dalam lingkup  kecil tetap masuk dalam kategori melakukan tindakan korupsi. 

Beberapa jenis korupsi yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari mencakup 4 poin, diantaranya:

1. Suap
Suap dilakukan ketika pengguna jasa secara aktif memberikan imbalan kepada petugas layanan dengan tujuan supaya urusannya cepat diselesaikan. 

Pelaku suap ini tidak segan memberikan sejumlah uang walaupun telah melanggar prosedur sekalipun. Misalnya membayar uang damai pada petugas lalu lintas ketika ditilang di jalan dan lain sebagainya. 

2. Gratifikasi. 
Gratifikasi adalah pemberian, seperti memberikan barang, uang, pinjaman tanpa bunga, diskon, pengobatan cuma-cuma, fasilitas penginapan, tiket perjalanan wisata, komisi, barang, dan fasilitas lainnya. 

Contoh tindakan gratifikasi, memberi diskon khusus pada pejabat, memberi hadiah pada guru karena anaknya diberi nilai yang bagus, memberi tiket perjalanan pada pelayanan publik karena urusannya terbantu dan beragam jenis lainnya. 

3. Pemerasan. 
Pemerasan dilakukan dengan memaksa seseorang yang disertai adanya ancaman ataupun kekerasan untuk mengambil sebanyak-banyaknya dari orang lain atau meminta uang pada orang lain. 

Contohnya, memaksa bawahan menyetor uang ke atasan dengan ancaman pecat atau mutasi.

4. Pungutan liar
Pungli merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang, pegawai, atau oknum pejabat pemerintahan dengan meminta sejumlah uang. 

Contoh, meminta uang pendaftaran dan iuran pada calon siswa, oknum petugas instansi pemerintah meminta  uang seikhlasnya saat mengurus KTP atau perizinan, dan sebagainya.

Agar tindakan korupsi yang disebutkan di atas tidak terjadi dalam kehidupan sehari-hari, maka ada beberapa kiat yang harus dipedomani yaitu:

1. Terapkan nilai-nilai antikorupsi dalam keseharian atau Jumat Bersepeda KK (jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras).

2. Hidup sesuai dengan kemampuan dan jangan membandingkan diri dengan orang lain, agar terhindar dari perilak yang dapat mengarah pada korupsi.

3. Disiplin dengan waktu, terutama dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan kerjakan pekerjaan tanpa menundanya. Ini salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah supaya tidak korupsi waktu.

4. Catatlah semua pengeluaran sehari-hari dan bedakan berdasarkan kebutuhan dan keingingan. Pastikan kebutuhan utama terpenuhi terlebih dahulu.

5. Bersyukur dengan yang sudah dimiliki dan diraih hari ini sehingga dapat mencegah tindakan korupsi. Apabila tidak bersyukur dan selalu mencari kekurangan diri sendiri, maka bisa mudah tergiur melakukan perilaku koruptif.





Mengapa Harus Jujur, Sih ......
Tonton dan simak video berikut!
                                          

Jujur merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh setiap manusia dalam beraktivitas, salah satunya adalah jujur saat bekerja. Sikap jujur akan melahirkan kepercayaan antara satu orang dan lainnya. Sikap jujur juga menjauhkan rasa curiga hingga kekhawatiran akan rusaknya sebuah kepercayaan yang dibangun.

Kata jujur menyiratkan sebuah perkataan kebenaran dalam semua situasi dan semua keadaan. Kejujuran juga bisa memiliki arti memenuhi janji, baik itu janji yang tertulis maupun tidak tertulis. Tidak hanya memenuhi janji, memberikan pendapat dan nasihat yang benar juga disebut dengan kejujuran.

Kejujuran juga bisa berarti melakukan sebuah pekerjaan dengan tulus dan sebaik mungkin. Meskipun melakukan pekerjaan tersebut tidak diawasi oleh orang lain, tetap harus mengerjakannya dengan jujur. Memberikan hak kepada orang yang berhak mendapatkan hak tersebut juga bisa disebut dengan perilaku jujur.


Materi Ajar: Jumat, 12 September 2025

   Hari/Tanggal                             : Jum'at, 12 Septmber 2025 Muatan  Pembelajaran              :   Pendidikan Anti Korupsi    ...