Selamat datang di perpustakaan online di kelas bu Tutik! Mari kita saling mengenal sebelum memulai pembelajaran. Saya akan menjadi teman belajar kalian selama setahun dan berharap kita bisa berkolaborasi serta menikmati perjalanan belajar ini bersama!
Hari/Tanggal : Rabu, 6 Agustus 2025
Kelas : 6 Al Jazari
Muatan Pelajaran :
1. Bahasa Indonesia : BAB 1 Bangga Menjadi Anak Indonesia
2. IPas : Sistem Peredaran Darah Manusia
3. Seni Rupa : Mengenal Unsur Seni Rupa
Bahasa Indonesia:
Capaian Pembelajaran:
Pada akhir Fase C, murid memiliki kemampuan sebagai berikut
1.1. Menyimak
Menganalisis informasi dari teks nonsastra berbentuk teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengarkan; dan menganalisis isi teks sastra berbentuk teks aural.
1.2. Membaca dan Memirsa
Membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dari bacaan dan/atau tayangan yang dipirsa; dan menganalisis informasi serta nilai-nilai dalam teks sastra dan nonsastra berwujud teks visual dan/atau audiovisual.
1.3. Berbicara dan Mempresentasikan
Mempresentasikan gagasan dari berbagai tipe teks dengan efektif dan santun; dan menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk teks sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.
1.4. Menulis
Menulis berbagai tipe teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan/atau imajinasi dengan rangkaian kalimat kompleks secara kreatif, menarik, dan/atau indah; dan menggunakan kaidah kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif dan konotatif.
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat menjelaskan perbedaan surat resmi dan pribadi berdasarkan produk yang dibuat.
Fase C (Umumnya untuk Kelas V dan VI SD/MI/Program Paket A)Pada akhir Fase C, murid memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.1 Pemahaman IPAS
Merefleksikan sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; menganalisis hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta pengaruhnya terhadap ekosistem; menjelaskan fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; menghasilkan upaya penghematan energi, serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; menjelaskan sistem tata surya, serta kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; menjelaskan letak dan kondisi geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta konvensional/digital; meninjau sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; menemukan keragaman budaya nasional dalam konteks kebhinekaan berdasarkan pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayah tempat tinggal; serta menerapkan kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar.
1.2. Keterampilan Proses
Mampu menerapkan keterampilan proses yang meliputi:
● - Mengamati
Murmengamati fenomena dan peristiwa secara sederhana, mencatat hasil pengamatannya, serta mencari persamaan dan perbedaannya.
● - Mempertanyakan dan Memprediksi
Dengan panduan pendidik, murid mengidentifikasi pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah dan membuat prediksinya. Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan Secara mandiri, murid merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Murid melakukan observasi menggunakan alat bantu pengukuran sederhana.
Memproses serta Menganalisis Data dan Informasi
Murid mengolah data dalam bentuk tabel dan grafik, serta menjelaskanhasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data. Murid membandingkan data dengan prediksi dan memberikan alasan berdasarkan bukti.
● - Mengevaluasi dan Refleksi
Melakukan refleksi dan memberikan saran perbaikan terhadap penyelidikan yang sudah dilakukan.
Mengomunikasikan Hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen
dalam berbagai media.
SENI RUPA
Capaian Pembelajaran:
ELEMEN | CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Mengalami (Experiencing) | Pada akhir fase C, Peserta didik mampu memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman pada perpaduan unsur dalam prinsip desain. Peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan menggabungkan unsur garis, warna, tekstur, bentuk, dan bangun. Peserta didik mampu menggunakan perspektif dalam membuat karya 2 dimensi. Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa. |
Menciptakan (Making/Creating)
| Pada akhir fase C, Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa. Peserta didik mampu memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari, keadaan lingkungan sekitar, dan perasaan atau emosinya melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan terkecilnya. Peserta didik mempresentasikan penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni. |
Merefleksikan (Reflecting)
| Pada akhir fase C, Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yarng diperoleh dalam mata pelajaran seni rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa. Peserta didik mampu memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari, keadaan lingkungan sekitar, dan perasaan atau emosinya melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan terkecilnya. Peserta didik mempresentasikan penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosakata seni. |
Tujuan Pembelajaran:
Murid dapat memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya.
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Jangan lupa sarapan dan persiapkan buku pelajaran kalian ya...
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa.
Bahasa Indonesia
A. Pengertian Surat Resmi dan Surat Pribadi
Jenis Surat | Pengertian |
---|---|
Surat Resmi | Surat yang digunakan untuk keperluan formal, biasanya dibuat oleh lembaga, sekolah, atau instansi |
Surat Pribadi | Surat yang digunakan untuk keperluan pribadi kepada orang terdekat, seperti teman, saudara, atau guru |
Surat Resmi | Surat Pribadi |
---|---|
Menyampaikan informasi formal (undangan, pemberitahuan, permohonan) | Menyampaikan pesan pribadi atau cerita kepada orang lain secara akrab |
Bagian Surat | Surat Resmi | Surat Pribadi |
---|---|---|
Kepala surat | Ada (kop surat) | Tidak ada |
Tanggal surat | Ada | Ada |
Alamat tujuan | Ada | Tidak wajib |
Salam pembuka | Formal (Yth. Bapak/Ibu...) | Bebas (Hai..., Salam...) |
Isi surat | Singkat, padat, baku | Bebas, naratif, lebih ekspresif |
Salam penutup | Hormat kami, dll. | Salam hangat, dari..., peluk sayang, dll |
Tanda tangan | Ada, resmi | Ada, pribadi |
-
Surat resmi: bahasa baku, formal, sopan, sistematis
-
Surat pribadi: bahasa santai, bisa tidak baku, ekspresif, bersifat emosional
๐ Contoh Produk Surat
Surat Resmi:
Yth. Orang Tua/Wali Murid Kelas VI
Dengan hormat, kami mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri rapat evaluasi belajar yang akan dilaksanakan...
Hormat kami,
Kepala Sekolah
Surat Pribadi:
Hai Dita,
Apa kabar? Aku rindu sekali bermain bersamamu di taman. Liburanku menyenangkan sekali. Aku ingin bercerita banyak...
Salam hangat,
Nina
๐ Tugas Murid (Berbasis Produk dan Presentasi)
-
Membuat 1 contoh surat resmi dan 1 contoh surat pribadi.
-
Membuat tabel perbedaan struktur dan gaya bahasa antara keduanya.
-
Menyusun presentasi kelompok berdasarkan produk surat yang telah dibuat.
-
Melakukan presentasi dan berdiskusi di kelas.
-
Menulis refleksi pribadi.
๐ง Refleksi Mandiri
Tuliskan jawaban dari pertanyaan berikut:
-
Apa yang saya pelajari dari perbedaan surat resmi dan pribadi?
-
Bagaimana saya bisa menerapkannya dalam kehidupan nyata?
๐ฌ Catatan Guru
-
Fasilitasi pembelajaran berbasis proyek dan kerja kelompok.
-
Dorong murid untuk menyusun surat berdasarkan pengalaman nyata (misalnya: surat undangan lomba kelas, surat kepada teman pindahan).
-
Gunakan presentasi sebagai alat untuk menumbuhkan keberanian berbicara dan berpikir kritis.
IPAS
- Jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
- Pembuluh darah. Pembuluh darah berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.
- Paru-paru. Paru-paru berfungsi sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah
1. Jantung
Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis.
Jantung tersusun atas kumpulan otot-otot yang sangat kuat yang disebut miokardium. Jantung terdiri
atas empat ruang, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri.
Antara bagian kanan dan kiri jantung dibatasi oleh sekat jantung yang disebut katup jantung. Katup jantung berfungsi untuk mencegah bercampurnya darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida
Ketika jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi, pembuluh tersebut ikut berdenyut. Dengan demikian, melalui denyut nadi kamu dapat mengetahui denyut jantung. Denyut nadi akan terasa jelas dengan menekan pembuluh nadi pada pergelangan tangan dan bagian leher di bawah telinga.
2. Pembuluh Darah
Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik Pembuluh nadi disebut arteri. Pembuluh balik disebut vena. Pembuluh nadi atau arteri yaitu pembuluh yang membawa darah yang kaya akan oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Pembuluh balik yaitu pembuluh darah yang membawa darah yang kaya akan karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju jantung.
Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. Ujung cabang pembuluh terkecil disebut, pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sangat halus berdinding tipis dan berpori. Dalam pembuluh kapiler ini terjadi pertukaran dua zat, yaitu antara oksigen dan karbon dioksida. Panjang seluruh pembuluh darah manusia jika dihubungkan dari satu ujung ke ujung yang lain dapat mencapai sekitar 160.000 km.
Berikut ini perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik.
No. | Perbedaan | |
---|---|---|
Pembuluh Nadi | Pembuluh Balik | |
1. | Nama lain pembuluh nadi adalah arteri. | Nama lain pembuluh balik adalah vena. |
2. | Berisi darah bersih (kaya oksigen). | Berisi darah kotor (kaya karbon dioksida). |
3. | Mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. | Mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. |
4. | Denyut terasa | Denyut tidak terasa |
5. | Jika terluka darah meluncur deras | Jika terluka darah hanya menetes |
6. | Dinding pembuluh kuat, tebal dan elastis | Dinding pembuluh tipis dan tidak elastis |
7. | Pembuluh nadi letaknnya agak kedalam, tersembunyi dari permukaan tubuh | Pembuluh balik letaknnya dekat permukaan :tubuh dan tampak kebiru-biruan |
Dalam proses peredaran darah, paru-paru berperan sebagai penyuplai oksigen ke dalam darah. Darah yang telah diedarkan ke seluruh tubuh tidak lagi mengandung oksigen. Akan tetapi banyak mengandung karbon dioksida. Setelah kembali ke jantung, darah yang akan mengandung karbon dioksida tersebut dipompa ke dalam paru-paru. Selanjutnya, karbon dioksida diambil dan diganti dengan oksigen melalui proses pernapasan.
Paru-paru terdiri atas ribuan tabung bercabang. Tabung bercabang yang jumlahnya ribuan semakin ke ujung semakin mengecil. Pada ujung yang mengecil terdapat kantong udara. Knatong udara tersebut dinamakan “alveoli”. Masing-masing alveoli memiliki jaringan halus kapiler. Pada jaringan halus kapiler inilah tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida.
SENI RUPA
๐ง A. Pengertian Irama/Ritme dalam Seni Rupa
Irama (Ritme) adalah pengulangan unsur visual seperti garis, bentuk, warna, atau motif secara teratur maupun terputus-putus, yang menciptakan kesan gerak dan keteraturan dalam sebuah karya seni.
๐ผ️ B. Irama dalam Karya Dua Dimensi (2D)
Karya dua dimensi adalah karya seni yang memiliki panjang dan lebar saja (tidak memiliki volume), contohnya: lukisan, gambar, motif batik, poster.
✔️ Contoh Penggunaan Irama dalam 2D:
-
Motif Batik:
Pola bunga atau garis yang berulang secara teratur menciptakan irama visual. -
Lukisan Abstrak:
Warna dan bentuk diulang dalam posisi berbeda untuk menampilkan ritme.
๐ฟ C. Irama dalam Karya Tiga Dimensi (3D)
Karya tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, contohnya: patung, kerajinan tanah liat, anyaman bambu, dan instalasi seni.
✔️ Contoh Penggunaan Irama dalam 3D:
-
Patung Penari:
Beberapa patung dengan pose berbeda tetapi berurutan, menciptakan irama gerak. -
Anyaman Bambu:
Pola anyaman kotak yang diulang secara teratur. -
Relief Dinding Sekolah:
Bentuk daun dan bunga yang diukir berulang.
๐️ D. Jenis Irama dalam Seni Rupa
Jenis Irama | Penjelasan | Contoh |
---|---|---|
Irama Teratur | Pola diulang secara konsisten | Motif batik kawung |
Irama Mengalun | Pola berubah secara halus/bertahap | Warna gradasi |
Irama Bebas | Tidak beraturan, tetapi tetap memiliki pola visual | Lukisan ekspresif |
๐จ Tugas 1
Gambarlah sebuah pola irama 2D di kertas menggunakan bentuk dasar (misalnya: bunga, daun, atau bentuk geometris).
๐ชต Tugas 2 (opsional)
Buatlah karya 3D sederhana menggunakan plastisin atau tanah liat, yang menampilkan pola berulang (misalnya bola-bola, spiral, bentuk tanaman).
๐งฉ Refleksi
-
Apa yang kamu rasakan saat membuat pola berulang?
-
Menurutmu, mengapa irama penting dalam seni rupa?
๐ก Tips Mengajarkan Irama Seni Rupa
-
Gunakan alat bantu visual (gambar, potongan kain batik, benda 3D nyata).
-
Putar musik berirama saat siswa menggambar untuk merangsang kreativitas.
-
Ajak siswa melakukan gerakan tangan berulang (mirip menggambar pola irama).
Kesimpulan :
Alhamdulillah para murid sudah tuntas memahami dua jenis surat yaitu surat resmi dan surat pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar