Hari/Tanggal : Jum'at, 16 Mei 2025
Muatan Pembelajaran :
1. PAK : Kerja Keras
2. Bahasa Indonesia : Sehatlah Ragaku
Capaian Pembelajaran:
PAK ( Pendidikan Anti Korupsi)
Wawasan: Memahami manfaat perilaku hidup sederhana untuk diri pribadi dan sosial
Ketrampilan: Mengimplementasikan perilaku hidup sederhana
Sikap Sosial : Meyakini manfaat perilaku hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Bahasa Indonesia
- Kalimat fakta yang bersifat objektif dan opini bersifat subjektif
- Kalimat fakta dari kenyataan yang sebenarnya terjadi, sedangkan opini memperlihatkan peristiwa yang belum terjadi
- Kalimat opini tidak ditambahkan data pendukung, berbeda dengan kalimat fakta yang memakai data untuk mendukung argumen
- Opini berisi kalimat pengandaian yang menggunakan kata menurut saya, saya rasa, sepertinya, sebaiknya, mungkin, jika, kalau, sebaiknya, seharusnya, dan masih banyak lagi
- Opini menunjukkan peristiwa spekulatif dan berisi argumen sendiri.
Balon | Tokoh | Alasan |
---|---|---|
1 | Candra | Tangan Candra digendong. Ini cocok dengan teks yang mengatakan tangannya sakit sekali |
2 | Riri | Balon ucapan nomor 2 menyebutkan tentang mata yang sakit. Ini cocok dengan Riri yang memakai penutup mata |
3 | Adit | Kaki Adit dipasangi gips, cocok dengan balon ucapan nomor 3 |
4 | Dio | Pusing terasa di kepala. Ini cocok dengan Dio yang memegangi kepala |
5 | Nanda | Orang yang pilek dan bersin-bersin itu biasanya perlu membersihkan hidungnya dengan tisu atau sapu tangan. Ini cocok dengan Nanda |
- Buatlah lima kelompok. Beri nama setiap kelompok dengan nama anak pada teks “Suatu Hari”.
- Diskusikan di dalam kelompok kalian, mana yang fakta dan mana yang opini dalam pernyataan tokoh kalian.
- Jelaskan apa yang membuat kalian berpendapat demikian.
- Presentasikan di depan kelas hasil diskusi kelompok kalian.
Tokoh | Ucapan | Fakta | Opini |
---|---|---|---|
Candra | Aku berlari-lari bersama temanku. | ✓ | - |
Aku tidak melihat ada batu di depan. | ✓ | - | |
Aku terjatuh dan sikuku membentur batu itu. | ✓ | - | |
Aku terjatuh dan sikuku membentur batu itu. | ✓ | - | |
Sepertinya tanganku patah | - | ✓ | |
Penjelasan : Empat kalimat pertama yang diucapkan Candra adalah fakta yang sudah terjadi dan bisa dibuktikan kebenarannya. Sementara, keadaan tangan patah hanya dugaan Candra saja. Harus dipastikan atau dibuktikan melalui pemeriksaan oleh dokter. | |||
Riri | Mataku yang sebelah kiri merah sekali dan gatal. | ✓ | - |
Sebaiknya kalian tidak memandangku, supaya tidak ketularan. | - | ✓ | |
Penjelasan : Keadaan mata Riri sudah dibuktikan, karenanya dia memakai penutup mata. Akan tetapi, pernyataan bahwa orang yang memandang Riri akan ketularan sakit mata, hanyalah anggapan saja. | |||
Adit | Aku tidak hati-hati ketika memanjat pohon jambu. | ✓ | - |
Aku terjatuh. | ✓ | - | |
Dokter memeriksaku dengan sinar-X. | ✓ | - | |
Ternyata ada tulang yang patah. | ✓ | - | |
Gips ini membantu tulangku tidak bergeser lagi. | ✓ | - | |
Penjelasan : Pernyataan yang disampaikan Adit adalah keadaan sebenarnya, dapat dibuktikan kebenarannya. Patahnya tulang Adit telah dibuktikan melalui pemeriksaan dengan sinar-X oleh dokter. Pemasangan gips, untuk membantu tulang tidak bergeser lagi, juga merupakan fakta yang sudah terbukti kebenarannya | |||
Dio | Sebenarnya aku ke sini menemani ibuku, tapi sekarang aku pusing sekali. | ✓ | - |
Aku rasa penyakitku cukup parah. | - | ✓ | |
Penjelasan : Dio menyampaikan fakta bahwa dia menemani ibunya dan dia merasa pusing. Namun, Dio hanya menduga bahwa penyakitnya cukup parah. Mungkin saja Dio merasa pusing karena terlalu banyak melihat layar. ← Perhatikan, kalimat terakhir ini juga merupakan opini. | |||
Nanda | Aku terlalu lama berenang. | ✓ | - |
Pasti karena itu aku pilek. | - | ✓ | |
Pasti nanti dokter memberiku antibiotik. | - | ✓ | |
Penjelasan : Lamanya Nanda berenang adalah keadaan yang sudah terjadi dan dapat dibuktikan. Bahwa Nanda pilek juga fakta karena dia bersin-bersin. Akan tetapi, walaupun terlalu lama berenang dapat menyebabkan pilek, hal itu belum tentu menjadi penyebab pileknya Nanda. Mungkin saja ada penyebab lain yang membuat Nanda pilek. Nanda hanya menduga bahwa dia pilek karena terlalu lama berenang. Begitu pula tentang obat yang diberikan dokter. Itu hanya dugaan atau opini Nanda. |
Ciri-ciri Kerja Keras
- Dapat mengelola waktu yang dimiliki dengan baik.
- Merasa tidak tenang apabila pekerjaannya belum terselesaikan sampai tuntas.
- Selalu memeriksa apa yang harus dilakukan dan apa yang menjadi tanggung jawabnya.
- Mampu mengorganisasi sumber daya yang ada untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.
- Dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu.
- Tidak mudah putus asa
- Tidak mudah menyerah dalam menghadapi
- Dapat bekerja sama
- Memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan
- Berusaha mengevaluasi diri agar dapat memperbaiki kekurangan dan terus berkembang.
- Tekun dalam menghadapi rintangan karena percaya segala sesuatu tidak dapat didapatkan secara instan
- Memiliki inisiatif untuk terus mengembangkan diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar