Hari/Tanggal : Kamis, 15 Mei2025
Muatan Pembelajaran :
1. IPAS : Membangun Masyarakat Beradab
2. Bahasa Indonesia : Sehatlah Ragaku
Capaian Pembelajaran IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.Topik A: Aku dan Kebutuhanku
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis kebutuhan berdasarkan kepentingan.
2. Peserta didik dapat mendeskripsikan perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan.
Peserta didik dapat mengkategorikan kebutuhan hidupnya dengan membuat tabel skala prioritas.Topik B: Bagaimana Aku Memenuhi Kebutuhanku
1. Peserta didik dapat mendemonstrasikan pemenuhan kebutuhan masa sebelum uang ditemukan.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi sejarah singkat beberapa jenis alat tukar dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan manusia.
3. Peserta didik mengetahui nilai dan fungsi uang dalam kegiatan ekonomi manusia.
4. Peserta didik mengetahui jenis uang yang digunakan dalam kegiatan jual beliTopik C: Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Cara Pemenuhan Kebutuhan
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri terjadinya jual beli.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang terjadi pada kegiatan jual beli.
3. Peserta didik dapat memahami proses terjadinya kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli.
Peserta didik dapat menentukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam alur kegiatan ekonomi1. Mengidentifikasi jenis kebutuhan berdasarkan kepentingan.
2. Mendeskripsikan perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan.
3. Mengkategorikan kebutuhan hidupnya dengan membuat tabel skala prioritas.
4. Mendemonstrasikan pemenuhan kebutuhan masa sebelum uang ditemukan.
5. Mengidentifikasi sejarah singkat beberapa jenis alat tukar dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan manusia.
6. Mengetahui nilai dan fungsi uang dalam kegiatan ekonomi manusia.
7. Mengetahui jenis uang yang digunakan dalam kegiatan jual beli.
8. Mengidentifikasi ciri-ciri terjadinya jual beli.
9. Mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang terjadi pada kegiatan jual beli.
10. Memahami proses terjadinya kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli.
Menentukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam alur kegiatan ekonoCapaian Pembelajaran Bahasa Indonesia
1. Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
ATP :
§ Melalui kegiatan mendengarkan dan mencatat lagu “Nenek Moyangku”, peserta didik dapat memahami instruksi dan gagasan yang disampaikan secara aural dengan baik. |
§ Melalui kegiatan menyalin lagu, peserta didik mampu menunjukkan rima dengan tepat |
§ Melalui kegiatan mengubah kata-kata pada lagu, peserta didik mampu menulis teks berima dengan baik. |
§ Melalui kegiatan membaca teks dan mengamati peta, peserta didik mampu menemukan informasi dengan baik. |
§ Melalui kegiatan mendiskusikan silsilah keluarga, peserta didik dapat berpartisipasi secara aktif dalam diskusi. |
§ Melalui kegiatan menulis asalusul keluarga, peserta didik dapat menuliskan informasi dengan terstruktur. |
§ Melalui kegiatan membaca teks “Kerja Sama yang Baik”, peserta didik dapat mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dialami tokoh cerita. |
§ Melalui kegiatan mendiskusikan isi teks, peserta didik mampu menyampaikan pendapat tentang informasi di dalam teks dengan jelas. |
§ Melalui menuliskan cerita berdasarkan gambar, peserta didik dapat menulis teks narasi secara runtut dengan menggunakan konjungsi. |
§ Peserta didik dapat melafalkan kata-kata panjang dengan baik ketika membaca nyaring. |
§ Dengan membaca teks “Batik Besurek”, peserta didik dapat mengenali konjungsi antar kalimat dengan tepat. |
Membaca 1. Melalui kegiatan membaca cerita “Awas!” peserta didik dapat memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat. |
Berdiskusi 2. Melalui berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita “Awas!” dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi. |
Menulis 3. Melalui kegiatan mengemukakan pendapat terhadap kejadian pada cerita “Awas!”, peserta didik menulis argumentasi dengan benar. |
Menyimak 4. Melalui kegiatan menyimak teks yang dibacakan, peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru. |
Berdiskusi 5. Melalui kegiatan mendiskusikan isi teks yang dibacakan, peserta didik dapat membandingkan objek dan ciri-cirinya dengan tepat. 6. Melalui kegiatan berdiskusi memilih kendaraan, peserta didik dapat mempresentasikan topik dengan antusias dan intonasi yang menarik. |
Menulis 7. Melalui kegiatan melengkapi kalimat, peserta didik mampu menggunakan awalan ‘ber-’ dengan tepat. 8. Melalui kegiatan menuliskan pengalaman saat bepergian, peserta didik mampu menulis dengan menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat. |
Mengamati 9. Melalui kegiatan mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifikasi objek dan lokasi, serta mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat. |
Berdiskusi 10. Melalui kegiatan memberikan petunjuk cara mencapai suatu tempat, peserta didik mampu menyampaikan petunjuk arah dengan tepat. |
Menulis 11. Melalui kegiatan menuliskan perjalanan ke sekolah, peserta didik dapat menulis struktur deskripsi dengan benar. |
IPAS
CP :
Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup. Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). Peserta didik memanfaatkan gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, mendemonstrasikan berbagai jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak dan bentuk benda. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air. Di akhir fase ini, peserta didik menjelaskan tugas, peran, dan tanggung jawab sebagai warga sekolah serta mendeskripsikan bagaimana interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah. Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat. Peserta didik mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya pada peta konvensional/digital. Peserta didik mendeskripsikan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal dan upaya pelestariannya. Peserta didik mengenal keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah (baik tokoh maupun periodisasinya) di provinsi tempat tinggalnya serta menghubungkan dengan konteks kehidupan saat ini. Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari |
TP /ATP:
Tujuan Pembelajaran Topik A :
1. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi norma.
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi definisi adat istiadat.
3. Peserta didik dapat mengidentifikasi norma atau adat istiadat yang berlaku di sekitarnya..
Tujuan Pembelajaran Topik B :
1. Peserta didik dapat membedakan peraturan tertulis dan tidak tertulis.
2. Peserta didik dapat menganalisis perlunya mematuhi peraturan.
3. Peserta didik dapat mendemonstrasikan contoh norma dan pelanggaran norma di suatu tempat..
Tujuan Pembelajaran Topik C :
1. Peserta didik dapat menganalisis dampak dari sebuah pelanggaran peraturan tertulis dan tidak tertulis.
2. Peserta didik dapat menganalisis manfaat menaati peraturan.
MODEL PEMBELAJARAN : PJBL(PROJECT BASED LEARNING)
METODE PEMBELAJARAN : EKSPLORASI
MEDIA/ALAT DAN BAHAN : VIDEO, LKPD , PENSIL, KRAYON.
- Pada bagian awal seorang penulis biasanya berusaha untuk menuturkan pengenalan yang baik sehingga mampu mengikat para pembaca. Umumnya awal narasi berisi gambaran pengantar yaitu memperkenalkan suasana dan tokoh.
- Pada bagian tengah, penulis mengisahkan secara runtut tentang isi tulisan. Seorang pengarang akan berusaha mendesain alurnya agar mudah dimengerti pembaca. Sebab, bagian inilah yang memunculkan suatu konflik.
- Pada bagian akhir penulis akan menutup ending cerita sesuai keinginannya. Kalimat penutup teks narasi adalah dengan memberikan kesan tertentu kepada pembaca.
Jenis kalimat Majemuk Setara | Konjungsi |
---|---|
Penggabungan | dan |
Pertentangan | tetapi, sedangkan |
Pemilihan | atau |
Penguatan/Penegasan | bahkan |
Urutan Waktu | lalu, lantas, kemudian |
- Singkat. Hemat dalam penggunaan kata. Tidak bertele-tele. Kata-kata yang digunakan hanyalah kata-kata yang diperlukan.
- Lengkap. Memiliki unsur kalimat (setidaknya subjek dan predikat) yang digunakan dengat tepat. Mengikuti aturan ejaan bahasa Indonesia.
- Mudah diterima pembaca atau pendengar. Pesan yang disampaikan jelas, tidak membingungkan
- Petugas pemberangkatan meniup peluit sebagai tanda kereta api segera berangkat.
- Peluit petugas memekik-mekik memanggil penumpang kereta api untuk bergegas.
Bagian | Paragraf |
---|---|
Awal | Wawan adalah salah satu kakakku yang bekerja di sebuah perusahaan. Tepat saat pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia, ia mendapatkan tugas untuk melakukan perjalanan dinas ke Jawa Timur. Perusahaannya memang tengah mengerjakan beberapa proyek di provinsi tersebut. |
Tengah | Pada suatu hari, salah satu rekannya tidak bisa menghadiri rapat karena sakit. Beberapa hari setelah rapat tersebut, Wawan juga jatuh sakit. Ia mengalami demam yang cukup tinggi sehingga dokter memvonis mengalami gejala tipes. Wawan akhirnya memutuskan kembali ke rumah lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan. Saat tiba di rumah, Wawan memutuskan untuk mengisolasi diri dan tidak melakukan kontak fisik dengan anggota keluarganya. Namun sayangnya keadaan Wawan ternyata berangsur memburuk. Kali ini, selain demam dan lidahnya mati rasa, ia juga merasakan gejala sesak napas. Anggota keluarga berinisiatif untuk membawa Wawan ke rumah sakit. Setibanya di rumah sakit, Wawan diwajibkan melakukan swab test sebelum dapat dirawat inap. Keluarga Wawan pun menyanggupinya dan ternyata Wawan dinyatakan positif tertular COVID-19. Kengerian mulai menyelubungi Wawan dan keluarganya. Rasa cemas, takut, ditambah dengan keadaan Wawan yang belum membaik menambah kegelisahan anggota keluarganya. |
Akhir | Rumah keluarga Wawan akhirnya didatangi oleh petugas yang melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan. Kedatangan petugas juga sembari menjemput seluruh keluarga Wawan untuk diisolasi sambil menunggu hasil tes swab. Hasil tes swab menunjukkan hasil negatif terhadap anggota keluarga Wawan. Wawan pun akhirnya berangsur pulih setelah dirawat di rumah sakit. Akhirnya setelah satu bulan menjalani perawatan, ia dinyatakan sudah sembuh dan terbebas dari virus corona. |
B. Swasunting
- Periksa jalannya cerita
- Periksa ejaan
- Periksa tanda baca
- Periksa unsurunsur kalimat
- Periksa diksi
No. | Pemeriksaan | Hasil |
---|---|---|
1. | Apakah alur cerita sudah wajar dan dapat dimengerti? Apakah cerita memiliki struktur awal, tengah, dan akhir? | Sudah |
2. | Apakah semua kata sudah dituliskan dengan ejaan yang benar? Periksa kembali dengan menggunakan KBBI. | Sudah |
3. | Apakah semua tanda baca sudah sesuai tempatnya? Apakah pemakaian huruf kapital sudah sesuai? Gunakan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) untuk memeriksanya. | Sudah |
4. | Apakah kata-kata yang digunakan sudah mengikuti ragam bahasa baku? | Sudah |
5. | Apakah sudah tidak ada kata-kata yang termasuk ragam percakapan lisan, tetapi bukan ucapan langsung tokoh? | Sudah |
6. | Apakah konjungsi (kata sambung) sudah digunakan dengan benar? | Sudah |
7. | Apakah kata depan sudah ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya? | Sudah |
8. | Apakah awalan sudah ditulis bersambung dengan kata yang mengikutinya? | Sudah |
1. | Aturan di masyarakat dibuat untuk mengatur agar kehidupan di masyarakat dapat berjalan dengan ... | |
A. | Tertib | |
B. | Terpaksa | |
C. | Cepat | |
D. | Keras | |
Pembahasan : Jawaban : A. Tertib Aturan di masyarakat dibuat untuk mengatur agar kehidupan di masyarakat dapat berjalan dengan tertib, teratur, dan harmonis. Aturan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan adil bagi seluruh anggota masyarakat. | ||
2. | Akibat melanggar peraturan di sekolah maka kita dapat diberikan hukuman oleh ... | |
A. | Pedagang sekolah | |
B. | Teman sekelas | |
C. | Guru Kelas | |
D. | Ketua RT | |
Pembahasan : Jawaban : C. Guru kelas Akibat melanggar peraturan di sekolah maka kita dapat diberikan hukuman oleh guru kelas. | ||
3. | Aturan yang berlaku di setiap tempat ... dengan aturan di tempat yang lain | |
A. | Sama | |
B. | Berbeda | |
C. | Persis | |
D. | Setara | |
Pembahasan : Jawaban : B. Berbeda Aturan yang berlaku di setiap tempat berbeda dengan aturan di tempat yang lain | ||
4. | Berikut ini salah satu contoh aturan yang berlaku di lingkungan sekolah yaitu ... | |
A. | Setiap masuk rumah harus mengucapkan salam | |
B. | Tiap anggota keluarga harus bangun tidur pukul 05.00. | |
C. | Setiap siswa tidak boleh bertengkar dengan teman lainnya. | |
D. | Setiap bangun tidur harus merapikan tempat tidur masing-masing. | |
Pembahasan : Jawaban : C. Setiap siswa tidak boleh bertengkar dengan teman lainnya. Salah satu contoh aturan yang berlaku di lingkungan sekolah yaitu setiap siswa tidak boleh bertengkar dengan teman lainnya. | ||
5. | Tata tertib sekolah dibuat oleh ... | |
A. | Murid dan Wali Murid | |
B. | Penjaga Sekolah | |
C. | Guru dan Kepala Sekolah | |
D. | Seluruh Wali Murid | |
Pembahasan : Jawaban : C. Guru dan Kepala Sekoalh Tata tertib sekolah dibuat oleh guru dan Kepala Sekolah. | ||
6. | Agar kehidupan di masyarakat dapat berjalan dengan baik dan tertib, maka harus ada ... di lingkungan masyarakat. | |
A. | Hadiah | |
B. | Hukuman | |
C. | Aturan | |
D. | Keterangan | |
Pembahasan : Jawaban : C. Aturan Agar kehidupan di masyarakat dapat berjalan dengan baik dan tertib, maka harus ada aturan di lingkungan masyarakat. Aturan yang berlaku di masyarakat, juga dikenal sebagai norma, adalah ketentuan atau pedoman yang mengatur perilaku dan hubungan antar individu dalam masyarakat. Norma ini bertujuan untuk menciptakan ketertiban, keharmonisan, dan kestabilan dalam kehidupan sosial. | ||
7. | Aturan yang paling awal kita temuai adalah aturan yang ada di lingkungan ... | |
A. | Masyarakat | |
B. | Sekolah | |
C. | Keluarga | |
D. | Pergaulan | |
Pembahasan : Jawaban : C. Keluarga Aturan yang paling awal kita temuai adalah aturan yang ada di lingkungan keluarga. | ||
8. | Norma atau aturan dalam keluarga harus ditaati oleh ... | |
A. | Ayah dan Anak | |
B. | Ibu dan Anak | |
C. | Anak dan Ayah | |
D. | Semua angggota keluarga | |
Pembahasan : Jawaban : D. Semua angggota keluarga. Norma atau aturan dalam keluarga harus ditaati oleh semua anggota keluarga yaitu ayah, ibu, dan anak. | ||
9. | Peraturan yang ada di papan pengumuman termasuk jenis aturan ... | |
A. | Bagus | |
B. | Unik | |
C. | Tertulis | |
D. | Tidak tertulis | |
Pembahasan : Jawaban : C. Tertulis Peraturan yang ada di papan pengumuman termasuk jenis aturan tertulis. Aturan tertulis adalah seperangkat aturan atau tatanan yang dituliskan dan menjadi pedoman dalam kehidupan. | ||
10. | Jika tidak ada aturan maka kehidupan masyarakat akan menjadi .... | |
A. | Damai | |
B. | Aman | |
C. | Kacau | |
D. | Sejahtera | |
Pembahasan : Jawaban : C. Kacau Jika tidak ada aturan maka kehidupan masyarakat akan menjadi kacau dan tidak aman. | ||
11. | Perhatikan gambar di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 11 dan 12!Gambar di atas merupakan ajakan kepada masyarakat untuk... | |
A. | Membuang sampah pada tempatnya | |
B. | Menjaga ketertiban lalu lintas | |
C. | Menjaga keamanan lingkungan sekitar | |
D. | Menghemat penggunaan air. | |
Pembahasan : Jawaban : A. Membuang sampah pada tempatnya Gambar di atas merupakan ajakan kepada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya | ||
12. | Manfaat yang diperoleh masyarakat jika mematuhi ajakan tersebut, kecuali .... | |
A. | Lingkungan terbebas dari berbagai penyakit. | |
B. | Lingkungan bersih dan nyaman untuk ditempati. | |
C. | Mencegah terjadinya penyumbatan saluran air. | |
D. | Sumber perekonomian masyarakat. | |
Pembahasan : Jawaban : D. Sumber perekonomian masyarakat. Manfaat yang diperoleh masyarakat jika mematuhi ajakan tersebut kecuali sumber perekonomian masyarakat. | ||
13. | Perhatikan gambar di bawah ini!Gambar di atas menunjukkan jenis peraturan ... | |
A. | Tertulis | |
B. | Tidak tertulis | |
C. | Terstruktur | |
D. | Terencana | |
Pembahasan : Jawaban : B. Tidak tertulis Gotong royong membersihkan jalan merupakan contoh dari aturan tidak tertulis yang sering diterapkan di masyarakat. Aturan ini berasal dari kesepakatan bersama dan bukan dari peraturan yang tertulis secara formal. | ||
14. | Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, yang termasuk dampak positif patuh pada aturan lalu lintas ditunjukkan oleh nomor : | |
A. | 1, 2, dan 3 | |
B. | 1, 3, dan 4 | |
C. | 1, 2, dan 4 | |
D. | 2, 3, dan 4 | |
Pembahasan : Jawaban : A. 1, 2, dan 3 Dampak positif patuh pada aturan lalu lintas adalah mengurangi kecelakaan di jalan raya, menjaga keselamatan seluruh warga masyarakat, dan mengurangi kemacetan. | ||
15. | Salah satu bukti bahwa masyarakat Lindu sangat menghargai hutan adat yang masuk di dalam wilayah Taman Nasional Lore Lindu adalah .... | |
A. | Pemberlakuan zonasi penggunaan hutan oleh masyarakat adat Lindu | |
B. | Melakukan tebang pilih | |
C. | Menyiram tanaman hutan agar selalu subur | |
D. | Melakukan pemupukan dengan pupuk alami | |
Pembahasan : Jawaban : A. Pemberlakuan zonasi penggunaan hutan oleh masyarakat adat Lindu Salah satu bahwa masyarakat Lindu sangat menghargai hutan adalah adanya pemberlakuan zonasi penggunaan hutan oleh masyarakat adat Lindu | ||
16. | Ombo Sompoa dapat berupa beberapa sanksi berikut ini, kecuali .... | |
A. | Menghentikan sementara aktivitas menangkap ikan bagi para penangkap ikan yang melanggar aturan adat. | |
B. | Denda beberapa ekor kerbau disertai kain adat tradisional serta dulang. | |
C. | Dikeluarkan dari willayah adat Lindu | |
D. | Dilaporkan ke pihak kepolisian | |
Pembahasan : Jawaban : D. Dilaporkan ke pihak kepolisian. Sanksi Ombo Sompoa adalah sanksi adat yang diterapkan oleh masyarakat adat Lindu di Sulawesi Tengah untuk menghentikan sementara aktivitas menangkap ikan bagi para penangkap ikan yang melanggar aturan adat terkait daerah tangkapan di Danau Lindu. Selain Ombo Sompoa, ada sanksi lain yang disebut gifu, yang bisa berupa denda kerbau, kain adat, atau pengusiran dari wilayah adat. | ||
17. | Gifu adalah ... | |
A. | Keberkahan | |
B. | Hadiah | |
C. | Sanksi atau denda adat | |
D. | Kemakmuran | |
Pembahasan Jawaban : C. Sanksi atau denda adat Gifu adalah istilah yang digunakan dalam masyarakat Lindu di Sulawesi Tengah untuk menyebut sanksi atau denda adat. Gifu bisa berupa berbagai bentuk, termasuk pembayaran uang, hewan, atau bahkan kehilangan status dalam masyarakat. | ||
18. | Masyarakat Lamalera di Nusa Tenggara Timur tinggal di daerah yang didominasi oleh tanah yang ... | |
A. | Subur | |
B. | Berawa-rawa | |
C. | Tandus dan kering | |
D. | Banyak pepohonan | |
Pembahasan : Jawaban : C. Tandus dan kering Masyarakat Lamarela di Nusa Tenggara Timur tinggal di daerah yang didominasi tanah tandus dan kering. Masyarakat di daerah tersebut dikenal sebagai pemburu paus dan ikan pari. | ||
19. | Perhatikan gambar di bawah ini!Tanda tersebut memiliki arti ... | |
A. | Dilarang lewat | |
B. | Dilarang berbalik arah | |
C. | Dilarang parkir | |
D. | Dilarang membuang sampah | |
Pembahasan : Jawaban : C. Dilarang parkir Gambar guruf P dicoret memiliki arti dilarang parkir | ||
20. | Perhatikan gambar di bawah ini!Tanda tersebut memiliki arti | |
A. | Alergi | |
B. | Gatal | |
C. | Kuman | |
D. | Lecet | |
Pembahasan : Jawaban : A. Alergi Respons sistem kekebalan tubuh terhadap zat asing yang nampak berbahaya dan mengeluarkan reaksi berlebihan terhadapnya disebut alergi |
21. | Tuliskan contoh peraturan tertulis yang ada di masyarakat! | |
Pembahasan : Jawaban : Contoh peraturan tertulis di masyarakat antara lain : wajib lapor kepada ketua RT jika ada warga datang lebih dari 24 jam, contoh lain adalah undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan daerah, dan aturan yang dibuat oleh lembaga seperti sekolah, RT, atau organisasi masyarakat. | ||
22. | Apa saja contoh pelanggaran yang terjadi di sekolah? | |
Pembahasan : Jawaban : Contoh pelanggaran yang terjadi di sekolah antara lain : mencontek saat ulangan, datang terlambat, bertengkar dengan teman, dan mengganggu teman yang sedang belajar. | ||
23. | Sebutkan sanksi pelanggaran atas norma sosial ! | |
Pembahasan : Jawaban : Sanksi terhadap pelanggaran norma antara lain : dikucilkan, merasa malu, dan menyesal | ||
24. | Jelaskan fungsi Totua Ngata pada masyarakat adat Lindu! | |
Pembahasan : Jawaban : Totua Ngata pada masyarakat adat Lindu memiliki fungsi utama sebagai pemutus perkara dan penegak hukum adat. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan aturan adat tentang penggunaan hutan dipatuhi dan memberikan sanksi adat bagi pelanggar. | ||
25. | Uraikan tujuan masyarakat Badui membuat aturan adat! | |
Pembahasan : Jawaban : Tujuan masyarakat badui membuat aturan adat antara lain : untuk mempertahankan sistem adat dan melindungi wilayahnya dari perubahan, untuk menjaga keseimbangan alam, mempertahankan identitas dan budaya, serta menjaga kesatuan masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar