Hari/Tanggal : Rabu, 31 Juli 2024
Kelas : IV A
Muatan Pelajaran :
1. Matematika :
Tujuan Pembelajaran :
2. P5 : Tema Kewirausahaan Pernak-pernik cantik berbahan Flanel
Kegiatan Pembelajaran : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik dapat mengenal istilah P5
- Peserta didik dapat mengidentifikasi dimensi P5
- Peserta didik mengenal istilah wirausaha dancontoh-contohnys
- peserta didik mengetahui cara berdagang yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW
-Peserta didik berwawancara dengan para usahawan sekolah
MATEMATIKA
Pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar kurikulum merdeka pada Bab I Bilangan Cacah Besar terdapat kegiatan Membaca Bilangan Cacah Besar. Tujuan pembelajaran kali ini adalah mengetahui cara menyatakan bilangan dengan nilai ratusan juta berdasarkan komposisi bilangan.
Bilangan cacah adalah himpunan bilangan bulat yang tidak negatif atau himpunan bilangan asli ditambah 0. Contoh bilangan cacah adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. 9. 10 dan seterusnya. Sedangkan nama bilangan atau nominal yang sering digunakan untuk menyatakan besaran atau harga adalah satuan, puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, milyaran, dan triliunan.
Kids, kita akan membahas materi matematika SD , tentang cara membandingkan dan mengurutkan bilangan.
Apa kamu tahu cara membandingkan dan mengurutkan bilangan.
Bilangan merupakan konsep matematika yang dipergunakan bagi pencacahan dan pengukuran.
Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan
Langkah-langkah membandingkan bilangan:
1. Bandingkan angka mulai dari tempat ribuan.
2. Jika angka ribuan sama, bandingkan angka pada tempat ratusan.
3. Jika angka ratusan juga bernilai sama, bandingkan angka pada tempat puluhan.
4, Jika angka puluhan sama, bandingkan angka pada tempat satuan.
5. Gunakan kata lebih dari (>), kurang dari (<), atau sama dengan (=).
Soal: Berilah tanda <, =, atau >
- 435 ... 453
- 268 ... 265
- 367 ... 367
Jawaban: Tanda < artinya lebih kecil dari. Sementara = berarti sama dengan. Tanda > artinya lebih besar dari. Sehingga tanda yang tepat yakni:
- 435 < 453
- 268 > 265
- 367 = 367
Soal :
1. Bandingkan bilangan berikut!
a. 3.125 dengan 3.512
b. 5.530 dengan 5.350
c. 8.880 dengan 8.808
Jawaban :
a. 3.125 < 3.512
b. 5.530 > 5.350
c. 8.880 > 8.808
Langkah-langkah mengurutkan bilangan :
- Semakin besar angka pada bilangan bulat negatif, maka semakin kecil nilainya
- Semakin besar angka pada bilangan bulat positif, maka semakin besar nilanya.
- Nol, nilainya lebih besar daripada bilangan nilai negatif dan lebih kecil nilainya dari bilangan positif.
Soal : Urutkan bilangan bulat dari terkecil sampai terbesar : 11, -6 , 0, 1, -3, 7, 6, -4
Jawaban : -6, -4, -3, 0, 1, 6, 7, 11
Soal: Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terkecil sampai terbesar: 135, 543, 476, 125, 240, dan 385.
Jawaban: Seluruh bilangan yang diberikan terdiri dari tiga angka. Berarti seluruh bilangan adalah bilangan ratusan.
Tinggal urutkan yang angka pertamanya lebih kecil. Jika sama, baru angka kedua, dan seterusnya.
Sehingga urutan bilangan yang terkecil sampai terbesar adalah: 125 135 240 385 476 543
Mengenal P5
Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profill pelajar Pancasila (pembelajaran kokurikuler), dan ekstrakurikuler.
Profil Pelajar Pancasila memiliki 6 dimensi utama meliputi:
- Beriman, bertakwa kepada Allah SWT, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Kreatif
- Bernalar kritis
Selain mengajarkan bagaimana berusaha, buku ini juga memberikan pengetahuan kepada kalian beragam jenis usaha yang bisa dilakukan di sekolah, bagaimana cara memulainya, dan bahkan kalian akan dipandu sampai bagaimana mengatur keuangan.
Untuk menjadi sukses, tentunya kita juga harus mengimplementasikan sikap-sikap positif, agar juga mendapatkan hasil yang positif juga, selain mengandalkan teknik berdagang secara teknis. Oleh karena itu, berikut beberapa tips cara berdagang ala Nabi Muhammad SAW.
Lembar Kerja Peserta Didik
Bagaimanakah
akhlak Nabi |
Apakah perilaku
Nabi Muhammad SAW |
Perniagaan Nabi Muhammad SAW |
|
|
|
Wawancara Pe
Persiapan :
1. Guru dapat memastikan terlebih dahulu siswa sudah pernah melakukan
wawancara sebelumnya. Jika
siswa belum pernah melakukan wawancara, guru dapat memberikan kegiatan latihan
wawancara di
awal dengan topik sederhana
Pelaksanaan :
Kegiatan Pembuka :
(Kegiatan di atas dilakukan jika siswa belum pernah melakukan kegiatan wawancara)
2. Guru meminta siswa untuk mencari tokoh pengusaha yang ada di lingkungan sekitar.
3.
Guru mempersilakan setiap siswa untuk
menanyakan kesukaan dari teman sekelas sebelum
memberikan kesimpulan bahwa mengetahui suatu topik dapat dilakukan dengan
wawancara.
Kegiatan Inti :
1.
Guru memberikan video contoh wawancara
sederhana. Lalu guru menjelaskan bahwa untuk
melakukan wawancara diperlukan panduan pertanyaan terlebih dahulu.
2. Siswa menyusun pertanyaan sederhana yang ingin ditanyakan ketika wawancara.
3. Guru memberikan penguatan untuk setiap pertanyaan yang akan diajukan ketika wawancara
4.
Siswa melakukan wawancara secara langsung
dengan tokoh pengusaha yang berada di lingkungan
sekitar.
Kegiatan Penutup :
1. Siswa saling berbagi hasil dari wawancara yang telah didapatkan
2. Guru dan teman sekelas memberi tanggapan dari hasil wawancara
Lembar Kerja Wawancara |
Tema : |
Hasil Wawancara : |
Pewawancara : |
1. |
Narasumber : |
2. |
3. |
Daftar Pertanyaan : |
1. |
2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar