Hari/Tanggal : Senin, 18 Maret 2024
Muatan Pembelajaran :
1. Matematika : Pengukuran Volume
3. Bahasa Indonesia : Satu Titik
3. IPAS : Cerita Tentang Daerahku
Capaian Pembelajaran Matematika
Pada akhir Fase B, peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.2. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio.
3. Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik.
4. Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombinasi huruf yang telah dikenalinya dengan fasih.
5. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif.
6. Peserta didik mampu menjelaskan hal-hal yang dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi.
7. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan topik.
8. Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
9. Peserta didik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, pernyataan, penjelasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan aktif.
10. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan mematuhi tata caranya.
11. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beraneka ragam.
12. Peserta didik mampu menulis teks narasi, teks deskripsi, teks rekon, teks prosedur, dan teks eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam, informasi yang rinci dan akurat dengan topik yang beragam.
Capaian Pembelajaran IPAS:
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.
MATEMATIKA
- Buatlah kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
- Letakkan kubus satuan ke dalam kardus. Berapa kubus satuan yang dibutuhkan agar kardus terisi penuh?
- Selanjutnya, Susunlah kubus satuan agar menjadi berbagai bangun.
- Diskusi bersama anggota kelompok. Apakah hasil menyusun bangun dengan kubus satuan berbeda?
- Tulis kesimpulan yang diperoleh dari hasil aktivitas tersebut.
- Presentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Hasil menyusun kubus satuan berbeda-beda sesuai dengan volume masing-masing bangun
BAHASA INDONESIA
Yono dan Ratna tertawa mendengar kata meninggal karena kata tersebut kurang tepat jika digunakan untuk hewan.
Kata pengganti meninggal yang tepat adalah mati.
Tokoh yang mengalami perubahan perasaan bersedih kemudian gembira adalah Panji. Dia bersedih karena sapinya mati, namun dia gembira karena akan diajak naik jip oleh Yono.
- mengungsi: v pergi menghindarkan (menyingkirkan) diri dari bahaya atau menyelamatkan diri (ke tempat yang dirasa aman)
- lava: n bahan vulkanis dalam keadaan cair yang keluar dari kepundan gunung berapi
- petualang: n orang yang bertualang, menjelajah
- piket: n kelompok atau regu yang melakukan tugas jaga siang atau malam hari (biasanya dalam kesatuan militer, rumah sakit, kantor, dan sebagainya)
- meletus: v pecah atau terbuka dengan tiba-tiba karena adanya tekanan atau dorongan yang sangat kuat sehingga mengeluarkan bunyi yang sangat keras; meledak
- vulkanis: a memiliki sifat gunung berapi (vulkan)
- lereng: n sisi (bidang, tanah) yang landai atau miring
- lahar: n lumpur batu yang keluar dari kawah gunung berapi
- jip: n mobil kecil yang kuat, serbaguna, bentuknya segi empat
- posko: n akr pos komando
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !
1. Bhineka Tunggal Ika mempunyai makna …
2. Aceh, Gayo, Alas, Batak, Nias, Melayu, Minangkabau adalah suku bangsa yang berada di pulau …
a. masyarakat makin tertib dan patuh pada aturan hukum yang berlaku
b. pendekatan kekeluargaan dalam tiap permasalahan lebih mudah dijumpai
c. semangat gotong royong di masyarakat makin memudar
d. pola hidup sederhana makin diminati dan diterapkan oleh masyarakat
5. Kearifan lokal bersifat ....
a. perorangan
b. internasional
c. modern
d. turun temurun
10. Yang bukan merupakan kearifan lokal adalah...
A. Nasi tumpeng
B. Hutan Larangan Adat Kenagarian Rumbio
C. Lagu pop
D. Kepercayaan te aro neweak lako
II. jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari adalah..
2. Tuliskan 3 lagu daerah berikut daerah asalnya!
3. Tuliskan 3 tarian daerah berikut daerah asalnya!
4. Tuliskan lima (5) makanan tradisional Indonesia beserta daerah asalnya!