Hari/ Tanggal : Selasa, 19 Maret 2024
Kelas: IV A
Capaian Pembelajaran Pendidikan Pancasila:
Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah, sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI.
Capaian Pembelajaran Seni Budaya:
1. Elemen Mengalami (Experiencing)
Peserta didik mampu mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level, perubahan arah hadap, dan desain lantai.
2. Menciptakan (Creating)
peserta didik mampu mengidentifikasi dan membuat gerak dengan unsur utama tari, level, perubahan arah hadap.
3. Berpikir dan bekerja artistik (Thinking and working artistically)
peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.
4. Merefleksikan (Reflecting)
peserta didik mampu menilai pencapaian dirinya saat melakukan aktivitas pembelajaran tari
5. Berdampak (Impacting)
peserta didik mampu menumbuhkan rasa cinta pada seni tari yang berpengaruh pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari.
Apa kabar anak-anak bu Tutik hari ini? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’afiyat dan tetap dalam lindungan Allah SWT ya, amiin ....
Sebelum memulai pembelajaran kita hari ini ayo kita buka dengan lafadz basmallah, dan berdoa ya.
Anak sholih sholihah, tujuan pembelajaran hari ini : peserta didik dapat mengerjakan soal latihan, dengan baik dan benar, mengenal majas, dan memahami tokoh-tokoh cerita rakyat.Pendidikan Pancasila
- Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan oleh negara ……
- Kepanjangan NKRI adalah …..
- Naskah teks proklamasi dibacakan di jalan ….
- Persatuan bukan hanya semboyan yang dihafalkan atau diketahui, tetapi harus diwujudkan. Adapun dalam mewujudkannya dibutuhkan sikap ..... dan ......
- Keutuhan NKRI harus dipertahankan dan dijaga oleh ....
- Jika suatu negara tidak memiliki kebanggaan kepada tanah airnya sendiri, maka negara tersebut akan .....
- Pancasila merupakan hasil kesepakatan dari seluruh ……
- Pulau pulau di Indonesia membujur dari Sabang smapai …
- Contoh perilaku tidak bermoral dan mencerminkan kebodohan yaitu ……
- Tari Pendet dan Tari Kecak berasal dari daerah …
Seni Budaya
Legenda patuddu
Tari Pakarena merupakan tari dari suku Makassar. Tari Pakarena diketahui sudah ada sejak Kerajaan Gowa. Namun tari Pakarena bisa ditemui pula di Kepulauan Gantarang dengan nama tari Pakarena Gantarang. Dahulu, Gantarang Lala Bata merupakan pusat sebuah kerajaan di Pulau Selayar.
Daerah asal tari Pattudu dan tari Pakarena menggambarkan penyebaran suku-suku di Sulawesi dan bagaimanatarian mewarnai kehidupan masyarakat di daerah-daerah tersebut.
jawablah soal berikut!
1. Cerita yang mengisahkan asal usul suatu tempat disebut …..
2. Amati gambar berikut!
Gambar ilustrasi di atas menunjukkan buku yang berkisah tentang kehidupan ayam dan ular, kisah tersebut termasuk …..
3. Perhatikan gambar berikut!
Tari pada gambar di atas berasal dari daerah ……
4. Properti yang digunakan para penari pada gambar tersebut adalah …..
5. Salah satu iringan musik yang digunakan pada tari randai adalah …..
6. Malin kundang dikutuk ibunya menjadi …..
7. Pada legenda patuddu, anak raja memperistri salah satu …..
8. Pada suatu hari, Kencana membersihkan kamar suaminya. Tanpa sengaja ia menenmukan Kembali selendang miliknya yang dulu hilang. Ia sangat terkejut karena ia tidak menduga yang mencuri selendangnya ternyata adalah ….
9. Kencana Kembali ke kahyangan setelah menemukan …..
10. Kencana berkata kepada suami dan anaknya, “jika kalian merindukanku maka lihatlah …… “.
1. Cerita yang mengisahkan asal usul suatu tempat disebut …..
2. Amati gambar berikut!
Gambar ilustrasi di atas menunjukkan buku yang berkisah tentang kehidupan ayam dan ular, kisah tersebut termasuk …..
Tari pada gambar di atas berasal dari daerah ……
4. Properti yang digunakan para penari pada gambar tersebut adalah …..
5. Salah satu iringan musik yang digunakan pada tari randai adalah …..
6. Malin kundang dikutuk ibunya menjadi …..
7. Pada legenda patuddu, anak raja memperistri salah satu …..
8. Pada suatu hari, Kencana membersihkan kamar suaminya. Tanpa sengaja ia menenmukan Kembali selendang miliknya yang dulu hilang. Ia sangat terkejut karena ia tidak menduga yang mencuri selendangnya ternyata adalah ….
9. Kencana Kembali ke kahyangan setelah menemukan …..
10. Kencana berkata kepada suami dan anaknya, “jika kalian merindukanku maka lihatlah …… “.