Hari/Tanggal : Jum'at, 15 Maret 2024
Muatan Pembelajaran :
1. PAK : Ringkas dan selalu sederhana
2. IPAS BAB 5 : Indonesia Kaya Budaya
3. Bahasa Indonesia : Satu Titik
Capaian Pembelajaran:
PAK ( Pendidikan Anti Korupsi)
Wawasan: Memahami manfaat perilaku hidup sederhana untuk diri pribadi dan sosial
Ketrampilan: Mengimplementasikan perilaku hidup sederhana
Sikap Sosial : Meyakini manfaat perilaku hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari
IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.
- Laksana untaian mutiara di lautan (gugusan pulau diumpamakan untaian mutiara)
- Lambaian terumbu karang dan ikan menyapa … (karang dan ikan dipersonifikasi seolah-olah seperti manusia)
- Tentukan tema puisi kalian.
- Buat daftar kata yang sesuai untuk tempat tersebut. Contoh: jernih, gemericik, dan sejuk → puisi tentang air terjun
- Carilah perumpamaan atau majas untuk menggambarkan tempat itu atau suasananya.Contoh: bunyi hempasan ombak → seperti alunan musik
- Tulislah puisi kalian di buku tulis.
- Bacalah puisi tulisan kalian dengan nyaring. Rasakan keindahannya.Jika ada kata-kata yang terasa janggal atau belum sesuai, kalian dapat mengubahnya lagi.
Alam Indah Tepi PantaiSang ombak menari-nari di tepian pantaiMenyapa pasir yang terhampar luasCamar berterbangan di atas ombakBerharap ikan segar bertemu merekaOmbak mengusap kedua mata kakiTerasa dingin hingga ke relung dadaIkan-ikan kecil genit menggigit telapak kakiMenambah perasaan suka pada alam iniKupandangi kaki langit yang kemerahanTerasa indah di pandang mataKurasa sinar mentari indah inilahYang menyatukan langit biru dan laut luas
Ciri-ciri Kerja Keras
- Dapat mengelola waktu yang dimiliki dengan baik.
- Merasa tidak tenang apabila pekerjaannya belum terselesaikan sampai tuntas.
- Selalu memeriksa apa yang harus dilakukan dan apa yang menjadi tanggung jawabnya.
- Mampu mengorganisasi sumber daya yang ada untuk menyelesaikan tanggung jawabnya.
- Dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu.
- Tidak mudah putus asa
- Tidak mudah menyerah dalam menghadapi
masalah - Dapat bekerja sama
- Memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai tujuan
- Berusaha mengevaluasi diri agar dapat memperbaiki kekurangan dan terus berkembang.
- Tekun dalam menghadapi rintangan karena percaya segala sesuatu tidak dapat didapatkan secara instan
- Memiliki inisiatif untuk terus mengembangkan diri.
- Memiliki kemampuan mengendalikan;
- Mampu bertahan dari pengaruh budaya luar;
- Mengakomodasi budaya luar;
- Memberi arah perkembangan budaya;
- Mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.
- Pengembangan iptek;
- Pelestarian dan konservasi sumber daya alam;
- Pengembangan sumber daya manusia;
- Sebagai petuah, kepercayaan, sastra, dan pantangan;
- Bermakna sosial
- Bermakna etika dan moral;
- Sebagai pengetahuan budaya.
- Menggunakan bahasa daerah di rumah sesuai dengan asal daerah.
- Mempromosikan kekayaan budaya.
- Mengikuti kegiatan kebudayaan di lingkungan sekitar.
- Menggunakan produk lokal yang bermanfaat bagi masyarakat
Nama | Peran | Kebiasaan Lingkungan Keluarga yang Dilakukan Secara Turun-menurun | Manfaat | Paraf |
---|---|---|---|---|
Rani | Guru | Minum jamu kunyit asam setiap pagi | Agar badan tetap sehat | |
Adi | Teman | Berbicara bahasa Jawa di rumah | Agar bahasa daerah lestari | |
Agus | Teman | Memasak makanan khas di hari raya | Agar makanan tradisional tetap lestari | |
Lani | Teman | Bersilaturahmi saat hari raya | Agar persaudaraan tetap terjaga | |
Udin | Teman | Tradisi mitoni | Agar janin dan ibunya memperoleh keselamatan | |
Wawan | Teman | Upacara perkawinan | Agar upacara tradisional tidak hilang |
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !
1. 1. Bahasa yang digunakan masing-masing daerah dinamakan ....
a. bahasa gaul b. bahasa daerah
c. bahasa nasional d. isyarat
2. 2. Bahasa daerah di Kepulauan Riau adalah ….
a. Gayo b. Batak c. Minang d. Melayu
3. 3. Suku Batak berasal dari ....
a. Lampung b. Sumatera Selatan
c. Sumatera Utara d. Kalimantan
4. 4. Pakaian adat cele berasal dari ….
a. DKI Jakarta b. Kalimantan Barat
c. Maluku d. Bengkulu
5. 5. Rawon adalah makanan khas ....
a. Jawa Timur b. Ambon
c. Bengkulu d. Maluku
6. 6. Suku yang berasal dari Jawa Tengah adalah ....
a. Sunda b. Jawa c. Bugis d. Tengger
7. 7. Kue lontar adalah makanan khas daerah ….
a. Jawa Tengah b. Aceh
c. Papua d. Kalimantan
9. 8. Alat musik angklung pada berasal dari daerah ....
a. Jawa Barat b. Jawa Timur
c. Jawa Tengah d. Papua
1. 9. Edo sangat menyukai makanan khas dari daerahnya, yaitu papeda. Makanan ini diolah dari sagu. Ia biasa makan papeda bersama ikan bumbu kuning. Berikut alat musik tradisional yang berasal dari daerah tempat tinggal Edo adalah ....
a. tifa c. angklung
b.
10. upacara tradisional membakar mayat di Bali
dikenal dengan istilah .....
a. marakka bola b. sekaten
c. ngaben d. kasada
isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Tari Saman berasal dari ....
2. Lampung memiliki kain yang merupakan ciri khas masyarakat asli Lampung, yaitu .....
3. Kerak telur merupakan makanan tradisional suku ....
4. Makanan dengan sayuran yang direbus dipadukan dengan cingur sapi dan tahu tempe serta bumbu petis dan kacang khas dari Jawa Timur yaitu ....
5. Makanan khas terbuat dari tepung sagu dan ikan
dipadukan dengan kuahnya yang manis asam
pedas,makanan ini berasal dari Sumatera Selatan .....
. ................................................................