Rabu, 12 Februari 2020

Materi Ajar, Kamis 13 Februari 2020

Subtema 2 :  Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
Pembelajaran :  5 (Lima)
Tanggal

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7.
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
3.7.1.
mengidentifikasi  gagasan pokok setiap paragraf dalam teks dengan tepat.

4.7.

Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
4.7.1.
menuliskan  gagasan pokok setiap paragraf dalam teks dengan tepat.

MATERI
Saat mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi penting pasti harus memahami dulu isi  informasi tersebut. Jika informasi tidak dapat dipahami kamu akan kesulitan untuk menjelaskan kepada orang lain. Memahami informasi diperoleh dengan membaca intensif. Berikut hal-hal yang diperhatikan saat menjelaskan informasi penting
Jangan mengurangi atau menambah informasi penting dalam teks
Jika ada kata sulitcarilah terlebih dahulu
Catatlah bukti atay fakta yang mendukung isi teks
Jangan menggabungkan informasiyang didapat dengan tanggapan atau komentar
Gunakan bahasa yang antun





PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4.
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4.1.
menyebutkan beberapa nama tari daerah Indonesia dengan benar.

4.4.

Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4.1.
menunjukkan beberapa nama tari daerah Indonesia dengan benar.

MATERI
Nama Nama Tarian Daerah dan Asalnya
No
Nama Tarian
Daerah Asal

1
Tari Seudati
Aceh Darussalam

2
Tari Saman Meuseukat
Aceh Darussalam

3
Tari Pukat
Aceh Darussalam

4
Tari Rampai
Aceh Darussalam

5
Tari Ratoh Duek
Aceh Darussalam

6
Tari Ula-ula Lembing
Aceh Darussalam

7
Tari Laweut
Aceh Darussalam

8
Tari Likok Pulo
Aceh Darussalam

9
Tari Rapa’i Geleng
Aceh Darussalam

10
Tari Ratéb Meuseukat
Aceh Darussalam

11
Tari Rabbani Wahed
Aceh Darussalam

12
Tari Ranup lam Puan
Aceh Darussalam

13
Tari Legong
Bali

14
Tari Kecak
Bali

15
Tari Arje
Bali

16
Tari Cendrawasih
Bali

17
Tari Trunajaya
Bali

18
Tari Barong.
Bali

19
Tari Pendet
Bali

20
Tari Baris
Bali


SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3.
Mengetahui gerak tari kreasi daerah.
3.3.1.
menjelaskan gerakan tangan, kaki, dan kepala saat menari dengan tepat.

4.3.

Meperagakan gerak tari kreasi daerah.
4.3.1.
mempraktikkan gerak tangan, kaki, dan kepala saat menari dengan berani dan percaya diri.


MATERI
     
Gerak Dasar Tari

Elemen penting dalam tari adalah gerak, yaitu gerak-gerak yang memiliki nilai ritmis tertentu dan erat hubungannya dengan tempo dan dinamika gerak. Gerak yang ada dalam kegiatan dan kehidupan kita sangat banyak macamnya, antara lain :
1.         Gerak sehari-hari (gerak wantah)
Yaitu gerak yang biasa kita lakukan dalam kehidupan sehari – hari berupa gerak spontan, gerak – gerak meknis (gerak yang muncul akibat kebiasaan) maupun gerak – gerak khusus yang timbul karena suatu pengalaman yang sifatnya khas dan baru.
2.         Gerak berstruktur (gerak tari)
Yaitu gerak – gerak yang memiliki pola tertentu sehingga dapat ditiru dan dipelajari, gerak ini dibagi menjadi beberapa jenis,     yaitu :
a.     Gerak maknawi, yaitu  gerak – gerak tari yang besumber dari kehidupan sehari-hari, yang kemudian diperkaya (stilisasi) atau diromnak / disederhanakan (distorsi).
b.     Gerak murni, yaitu gerak – gerak tari yang disengaja diciptakan untuk keperluan tari dengan maksud menampilkan kesan keindahan atau artistiknya.
3.         Gerak koreograf (koreografi)
Adalah bentuk penampilan keseluruhan dari awal hingga akhir. Ritme dan organisasi geraknya memiliki konsep yang berhubungan dengan unsure luar gerak sebagai pendukung tarian, baik yang bersifat internal atau eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...