Subtema 3 : Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku
Pembelajaran : 4 (Empat)
Tanggal :
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7.
Menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks.
3.7.1.
menuliskan informasi-informasi penting dalam teks tersebut dengan benar.
4.7.
Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
4.7.1.
mempresentasikan informasi-informasi penting dalam teks tersebut dengan benar.
Zaki seorang atlet yang multi talenta. Selain menjadi atlet olahraga voli, Zaki juga seorang fotografer yang sering pergi ke berbagai tempat yang indah untuk mengambil foto. Bakat yang digeluti Zaki dalam olahraga voli, pernah mewakili juara Indonesia memenangkan olimpiade pada 3 tahun yang lalu. Selain voli, Zaki juga masih sering bermain bola dengan teman sekampungnya. Bukan berarti dia tidak bisa dalam olahraga lain, justru dia mahir dalam beberapa bidang olahraga. Meskipun yang paling condong dari sosok Zaki adalah olahraga voli, tapi dia juga mahir di bidang olahraga yang lainya seperti sepak bola, basket, renang dan lain sebagainya. Kini Zaki mencoba dan berusaha untuk memenangkan lompa voli tahun depan.
Tuliskan informasi yang terdapat dalam wacana
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.
Mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
3.4.1.
menjelaskan sikap toleransi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah dengan tepat.
4.4.
Menyajikan berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
4.4.1.
menerapkan sikap toleransi di sekolah dengan tepat.
Contoh perilaku toleran dalam kehidupan beragama:
1. Dapat menghormati agama yang dimana diyakini oleh orang lain, apapun agama yang dianut oleh orang tersebut.
2. Tidak melakukan sebuah sikap pemaksaan dalam keyakinana beragama yang kita anut kepada orang yang dimana memiliki agama yang berbeda dengan kita.
3. Memiliki sikap toleransi dalam berbadah pada setiap keyakinan yang ada dan juga ibadan yang dimana dilaksanakan oleh orang-orang yang dimana memiliki sikap untuk keyakinan dan juga pengambilan agama yang dimana berbeda dengan lainnya.
4. Menjalankan dan melaksanakan semua ajaran dari agama dengan baik
5. Tidak melakukan sikap yang dimana memandang rendah sebuah agama lainnya dan kemudian tidak melakukan sikap dimana menyalahkan sebuah agama yang dimana memiliki sikap yang berbeda dan juga sebagaimana dianut oleh oorang lain.
IPS
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
3.2.1.
menyebutkan aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga siswa dengan benar.
4.2.
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya dengan karakteristik ruang.
4.2.1.
menyajikan hasil identifikasi mengenai aktivitas ekonomi yang dilakukan setiap keluarga siswa dengan benar.
MATERI
Tiga jenis kegiatan ekonomi dalam keluarga adalah sebagai berikut :
Ayah
Bekerja untuk mendapatkan penghasilan
Membelikan oleh-oleh sehabis bekerja
Membayar tagihan listrik
Ibu
Membeli sayur untuk memasak
Memberi uang saku anaknya yang akan berangkat sekolah
Melakukan pekerjaan sampingan untu membantu keuangan keluarga
Anak
Membeli jajanan di sekolah
Membeli mainan
Membayar biaya sekolah
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024
Hari/Tanggal : Jum'at, 22 November 2024 Kelas : IV (Empat) A Mata Pelajaran ...
-
Hari/Tanggal : Senin, 15 November 2021 Kelas/Semester : 2/1 Asaalaamualaikum Wr. Wb. Apa kabarnya hari ini anak sh...
-
JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema : Bermain...
-
PEMBELAJARAN JARAK JAUH JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar