Hari/Tanggal : Senin, 31 Juli 2023
Kelas : IV (Empat) A
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
BAB 1 : Aku Sudah Besar
Bahasa Indonesia
Tujuan Pembelajaran :
1. Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat memahami makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Indonesia dengan tepat
2. Diberikan daftar kosa-kata, peserta didik dapat mengidentifikasi makna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Indonesia dengan tepat
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV sekolah dasar Bab I Aku Sudah Besar terdapat kegiatan membaca. Teks Tak Muat Lagi (Baca Buku Bos Teks Tak Muat Lagi)
Kiki memakai baju Lala yang sudah lama tidak dipakai. Lala tidak terima dan meminta baju tersebut dari adiknya. Saat dipakai baju tersebut sobek karena badan Lala yang sudah besar.
Lala kesal pada Kiki karena baju polkadot favoritnya dipakai oleh Kiki
Lala mengetahui baju tidak muat lagi untuknya ketika baju tersebut sobek saat lala mencoba memakainya.
Lala merasa bahagia dan lega karena menyadari bahwa dia sudah besar dan tidak cocok lagi memakai baju itu, sehingga lebih baik diberikan kepada adiknya.
Perasaan saya sebagai kakak harus ikhlas memberikan barang yang kita miliki jika adik membutuhkan barang tersebut.
Jika memiliki kakak seperti Lala saya akan sangat senang karena dia mau memberikan baju kesayangan kepada adiknya.
Menurut saya hubungan adik kakak yang baik antara adik-kakak adalah saling menyayangi, saling menghargai, saling menolong, saling berbagi, bermain bersama, dan mau belajar bersama.
- Kalimat transitif adalah kalimat yang terdiri atas tiga unsur wajib, yaitu Subjek, Predikat, dan Objek. Pada kalimat jenis ini, kata kerja (verba) yang digunakan adalah verba transitif yang menuntut adanya objek. Tanpa objek, kalimat transitif menjadi tidak lengkap dan salah.
- Kalimat intransitif adalah kalimat yang hanya memiliki dua unsur wajib, yaitu Subjek dan Predikat. Baik kalimat transitif maupun intransitif dapat memiliki unsur tak wajib seperti keterangan waktu dan/atau keterangan tempat.
Kalimat | Objek | Contoh |
---|---|---|
Transitif | Perlu | Lani memetik jambu. Yopi menyanyikan lagu Indonesia Raya. |
Intransitif | Tidak perlu | Lani menangis. Yopi bernyanyi |
- Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif dalam cerita “Tak Muat Lagi” Coba perhatikan cerita “Tak Muat Lagi”. Carilah kalimat transitif dan intransitif di dalamnya. Tuliskan 5 kalimat transitif dan 5 kalimat intransitif yang kalian temukan dalam cerita “Tak Muat Lagi”. Tuliskan pula kata yang menjadi objek pada kalimat transitif.
- Latihan Menulis Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif
No. | Kalimat Transitif | Objek |
---|---|---|
1. | Cuaca panas membuatnya buru-buru masuk rumah. | -nya |
2. | Kiki menyodorkan segelas air. | segelas air |
3. | "Kakak kan sudah tidak pernah lagi memakainya,” | -nya |
4. | Lala mendapatkan kembali bajunya. | bajunya |
5. | Kiki mengikutinya. | -nya |
6. | Lala terus mematut diri. | diri |
7. | Lala merasa gerah. | gerah |
8. | Lala lalu berusaha menggaruk punggungnya. | punggungnya |
9. | Dengan sedih dia meraba bagian baju yang sobek. | bagian baju yang sobek |
10. | akhir-akhir ini dia tidak pernah lagi memakai baju itu. | baju itu |
11. | Lala melihat bayangan dirinya dan Kiki di cermin. | bayangan dirinya dan Kiki |
12. | Dia sudah tak cocok lagi memakai baju itu. | baju itu |
13. | Kiki langsung memeluk kakaknya. | kakaknya |
No. | Kalimat Intransitif | |
1. | Lala bertanya dengan kesal. | |
2. | Kiki mengelak. | |
3. | Lala berkeras. | |
4. | Lala berdiri di depan cermin. | |
5. | Dia juga sulit bernapas dengan lega. | |
6. | Kiki berteriak. | |
7. | Lala terdiam. |
Menuliskan Kebiasaan di Rumah Menggunakan Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif
Kebiasaan dalam keluargaku, jika aku memiliki baju atau sepatu yang sudah tidak dipakai, kami memberikan kepada adik sepupuku. Adik sepupuku perempuan, sama seperti aku dan kakak. Ibuku mengumpulkan baju-baju yang sudah tidak terpakai dalam satu kardus. Aku dan kakak menyimpan sepatu bekas di dalam kotak sepatu. Pada hari Minggu, kami sekeluarga pergi ke rumah paman di desa. Tidak lupa kami membawa baju-baju dan sepatu yang akan kami berikan kepada adik sepupuku. Saat tahu aku membawakakan baju dan sepatu, adik sepupuku sangat gembira. Dia tersenyum sendiri saat mencoba baju yang kuberikan kepadanya. Aku dan kakak tertawa melihat tingkahnya.
- aku memiliki baju atau sepatu
- Ibuku mengumpulkan baju-baju
- Aku dan kakak menyimpan sepatu bekas
- kami membawa baju-baju dan sepatu
- kami sekeluarga pergi ke rumah paman di desa.
- Dia tersenyum sendiri.
- Aku dan kakak tertawa
MATEMATIKA
BAB : 1. Bilangan Cacah Besar
1. Peserta didik mampu membaca bilangan cacah sampai 1.0.000. 000
1. Peserta didik mampu membaca bilangan cacah sampai 10.000. 000
- Jika kalian menggunakan nilai tempat 10 ribuan, 100 jutaan, dan 1 triliunan dengan baik, maka kalian akan mudah untuk membacanya.
- Pisahkan bilangan pada setiap tiga digit, lalu berilah tanda pada seribu, 1 juta, 1 milliar, dan 1 trilliun.
Ketika kita membaca suatu bilangan yang besar, satuan, puluhan, dan ratusan dipertimbangkan sebagai satu kesatuan. Pisahkan bilangan tersebut per 3 angka menggunakan “satu, sepuluh, dan seratus”. Setiap kumpulan 3 angka dibaca sebagai “satuan, ribuan, jutaan, miliaran, dan triliunan” dari kanan .
Jutaan | Ribuan | Satuan | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
ratus jutaan | puluh jutaan | jutaan | ratus ribuan | puluh ribuan | ribuan | ratusan | puluhan | satuan |
2 | 5 | 7 | 9 | 1 | 3 | 0 | 0 | 0 |
Angka 5 berada pada nilai tempat puluh jutaan
Angka 2 berada pada nilai tempat ratus jutaan.
Bilangan yang terdiri dari 10 kumpulan 10 juta ditulis 100.000.000, dan dibaca seratus juta. Seratus juta adalah suatu bilangan dengan 10.000 kumpulan 10 ribu.
Bilangan di atas dibaca “dua ratus lima puluh tujuh juta sembilan ratus tiga belas ribu”
1.000.000.000
10.000.000.000
100.000.000.000
Ratus miliaran
Triliunan
Sembilan triliun empat ratus enam puluh miliar (kilometer)
10 kumpulan 100 miliar ditulis 1.000.000.000.000, dan disebut satu triliun.Bilangan tersebut juga ditulis 1 triliun. Satu triliun merupakan bilangan dengan 10.000 kumpulan seratus juta.
Empat kuadriliun enam puluh delapan triliun (kilometer)
Tiga puluh satu miliar tiga ratus juta (kilogram)
Dua ratus dua belas triliun (liter)
Lima miliar sembilan ratus dua puluh juta lima puluh tiga ribu tiga ratus (kilogram)
Satu miliar lima ratus sembilan juta lima ratus dua puluh delapan ribu (kilogram)
IPAS
Tujuan Pembelajaran;
Peserta didik dapat mendeskripsikan hubungan antara struktur anggota gerak dengan fumgsinya
Pengertian rangka
Rangka adalah tulang-tulang manusia yang bersambungan dan tersusun secara teratur.
Susunan tulang-tulang yang saling berhubungan ini membentuk suatu sistem fungsi, sehingga tubuh dapat berdiri, membungkuk, duduk, dan lain sebagainya.
Bagian-bagian rangka
Rangka manusia terbagi atas tiga bagian:
- Rangka kepala (tengkorak)
- Rangka badan (tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, tulang gelang bahu, dan tulang gelang panggul)
- Rangka anggota gerak
- Tulang anggota gerak atas: tangan
- Tulang anggota gerak bawah: tungkai (kaki)
Apakah kamu pernah melihat pemandangan yang bagus ? Apakah kamu pernah merasakan makanan yang lezat ? Jika kamu pernah melihat pemandangan dan merasakan makanan, hal ini dikarenakan kita memiliki indera yang membantu kita dengan fungsi masing-masing indera. Terdapat lima Indera yang dimiliki manusia yaitu indera penglihatan, indera pendengaran, indera pembau, indera pengecap dan indera peraba.
Fungsi rangka
Beberapa fungsi penting rangka, antara lain:
1. Menegakkan dan memberi bentuk tubuh
Apa yang akan terjadi jika tubuh kita tidak memiliki rangka? Tubuh tentu hanya berupa tumpukan daging (otot) dan tidak ada yang menopangnya. Akibatnya, Anda tentu tidak akan bisa berdiri, apalagi berlari.
Fungsi rangka yang pertama adalah menopang berat badan agar dapat membantu tubuh untuk berdiri dan bergerak. Hal ini berkat kerjasama dari sendi, jaringan ikat, dan otot sehingga pergerakan dapat terjadi.
3. Menghasilkan Sel Darah
Tulang mengandung sumsum tulang yang berfungsi untuk memproduksi darah merah dan putih. Sel darah ini sangat penting untuk menjaga tubuh dapat berfungsi dengan normal.
4. Melindungi dan Mendukung Organ
Tengkorak berguna untuk melindungi otak, tulang rusuk untuk melindungi jantung dan paru-paru, serta tulang punggung untuk melindungi tulang belakang. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga tulang sebagai rangka tubuh untuk tetap sehat.
5. Menyimpan Mineral
Tulang menahan pasokan mineral tubuh, seperti kalsium dan vitamin D. Maka dari itu, sangat penting untuk mengonsumsi lebih banyak kalsium dan vitamin D agar tulang tetap padat dan rangka tubuh tidak mudah terganggu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar