Hari/Tanggal : Kamis /2 Maret 2023
Tema 8 : Daerah tempat Tinggal ku
Subtema 2 : Keunikan daerah tempat tinggalku
Pembelajaran : 2
Tujuan Pembelajaran :
KD 3.2 SBDP (Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada)
1. Dengan kegiatan mencari tahu tentang tari daerah, siswa dapat mengetahui berbagai ragam tari daerah di Indonesia.
KD 3.9 Bahasa Indonesia (Mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi)
2. Dengan kegiatan menulis cerita fiksi, siswa dapat menuliskan tokoh protagonis dan tokoh antagonis dalam cerita fiksi.
KD 3.4 IPA (melakukan percobaan praktik mengayuh sepeda dan pengaruhnya.)
3. Dengan kegiatan mencoba praktik mengayuh sepeda dengan kecepatan lambat dan cepat., siswa dapat menjelaskan berbagai contoh pengaruh gaya terhadap gerakan benda di lingkungan sekitar.
Pasa pembelajaran 1 kita sudah membahas tentang keunikan dari daerah masing masing dan juga macam macam gaya. Dan hari ini kita akan memasuki tema 8 subtema 2 pembelajaran 2
Pembelajaran 2
Let's check this video
Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah memiliki jenis tarian dengan keunikan tersendiri. Misalnya, keunikan tari dari Bali di antaranya dalam penampilannya gerakgerak tarinya dilakukan dengan enerjik dan dinamis.
berikut dibawah ini adalah jenis tarian dari berbagai daerah.
Ada 2 jenis karya tari yaitu tari tradisional dan tari kreasi baru.Tari tradisional adalah tarian yang telah mengalami perjalanan sejarah cukup lama. Contoh tari tradisional yaitu tari Srimpi Sangopati dan tari Gambyong dari Jawa Tengah.
Tari kreasi baru sering disebut tari modern. Tari kreasi baru merupakan karya tari garapan baru. Contoh tari kreasi baru yaitu tari Manuk Rawe, Garuda Wisnu, dan Belibis dari Bali.
perhatikan gambar dayu bersepeda diatas.
Dayu selesai berlatih tari. Dayu pulang dengan mengendarai sepeda. Mulanya, Dayu mengayuh sepeda perlahan. Kemudian, Dayu mengayuh sepeda semakin cepat. Sepeda Dayu mengalami perubahan kecepatan dari lambat menjadi cepat. Dayu mengayuh sepeda, berarti Dayu melakukan gaya otot. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gaya dapat mengubah kecepatan gerak benda.
Latihan Soal
Sebanyak 35 siswa kelas 4 diukur tinggi badannya. Berikut data hasil pengukuran tinggi badan ( dalam cm) tersebut.
Sajikan data tersebut ke dalam bentuk tabel dan diagram batang!
Tinggi badan paling banyak adalah . . .cm.
Berapa banyak siswa yang memiliki tinggi badan paling tinggi. . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar