Kamis, 23 Februari 2023

Materi Ajar: Kamis, 23 Februari 2023

 Tema 8            : Daerah tempat Tinggal ku

Subtema 1      : Lingkungan tempat tinggalku

Pembelajaran : 2 dan 3

Tujuan Pembelajaran 2 :

KD 3.2 SBDP

Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada

1. Dengan kegiatan menyanyikan lagu daerah, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.

KD 4.9 Bahasa Indonesia

Menyampaikan hasil identifikasi tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi secara lisan, tulis, dan visual. 

2. Dengan kegiatan menceritakan kembali cerita fiksi, siswa dapat menceritakan tokoh-tokoh pada cerita fiksi dan bercerita dengan benar. 

Dipertemuan sebelumnya pada tema 8 subtema 1 pembelajaran 1.kita sudah membahas tentang apa yang dimaksud dengan gerak. Dan pada pembelajaran hari ini kita akan mengidentifikasi tokoh pada cerita. 

Pembelajaran 2

Salah satu tempat tinggal adalah tempat tinggal Edo. Edo berasal dari Papua. Dan Edo memiliki nyanyian daerahnya yaitu " yamko Rambe Yamko"

Kalian bisa melihat teks lagu tersebut pada halaman 12. Dan miss akan memberikan contoh lagu tersebut sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Dan kalian bisa berlatih melalui video dibawah ini

Selain lagu daerah terdapat juga cerita fiksi cerita rakyat dengan judul " Kasuari dan Data Makota" Yang terdapat pada halaman 15 dan 16.

Berdasarkan teks tersebut berlatih lah untuk mengidentifikasi tokoh tokoh yang terdapat pada teks. 

Tujuan Pembelajaran 3 :

KD 3.3 Pkn 

Menjelaskan manfaat keragaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari hari

1. Dengan kegiatan mengamati gambar anggota keluarga, siswa dapat menjelaskan karakteristik individu dalam keluarga sesuai gambar.

KD 3.3 IPS

Mengidentifikasi kegiatan ekonomi dan hubungan dengan berbagai bidang pekerjaan serta kehidupan sosial dan budaya dilingkungan sekitar sampai propinsi

1. Dengan kegiatan membaca teks tentang pengaruh lingkungan terhadap mata pencaharian penduduk, siswa mengetahui jenis pekerjaan penduduk berdasarkan tempat tinggal





Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah.Mata pencaharian penduduk di suatu daerah berbeda dengan daerah lain.Mata pencaharian penduduk di daerah pesisir pantai berbeda dengan penduduk di daerah dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak penjelasan berikut.
1. Penduduk di daerah pantai bermata pencaharian sebagai nelayan,petani tambak, pedagang, petani garam, dan perajin.

2. Penduduk di daerah dataran rendah bermata pencaharian sebagai buruh, petani, pedagang, dan peternak.

3. Penduduk di daerah dataran tinggi bermata pencaharian sebagai petani, peternak, pedagang, dan pekerja perkebunan, misalnya teh,
kopi, dan cengkeh.

Selain itu, penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berbeda dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak
bermata pencaharian sebagai petani, peternak, perajin, pedagang, buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian sebagai pekerja jasa (pegawai bank, konsultan, pengacara, sopir), karyawan, pedagang,

Pada halaman 26 dan 27 terdapat sebuah teks berjudul " Asal mulai bukit catu" Bacalah teks tersebut dan berlatih lah untuk menjelaskan kembali isi teks tersebut. 

Dilingkungan rumah kalian pasti memiliki keluarga baik keluarga inti atau ataupun keluarga besar. Masing masing orang pada keluarga memiliki karakter individu. Amati lah karakter individu dari anggota keluarga kalian. 


Materi Matematika

Latihan Soal

Sebanyak 35 siswa kelas 4 diukur tinggi badannya. Berikut data hasil pengukuran tinggi badan ( dalam cm) tersebut.

 

Sajikan data tersebut ke dalam bentuk tabel dan diagram batang!


Tinggi badan paling banyak adalah . . .cm.


Berapa banyak siswa yang memiliki tinggi badan paling tinggi. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Kamis, 7 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Kamis, 21 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran                ...