Senin, 03 Oktober 2022

Materi Ajar Senin, 3 Oktober 2022

 

MATERI AJAR TEMA 4     : BERBAGAI PEKERJAAN

Subtema 1                         : Jenis-Jenis Pekerjaan

Pembelajaran                   : 6

Kelas                                  : IV (Empat) A

Hari/tanggal                      : Senin/ 3 Oktober 2022


  Pembukaan (10 menit)


Assalaamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholehah Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah SWT  yaa

Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak Ibu guru mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu kita  simak tausiyah,menyanyikan lagu wajib nasional,sholat dhuha serta murrojaah ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.

Baiklah sebelum kita mulai pembeljaran hari ini siap yang masih ingat pembelajaran kita sebelumnya? sebelum memulai kegiatan hari ini agar lebih semangat kita ice breaking terlebih dahulu.

Tujuan, Pada Pembelajaran 6 Tema 4 Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan akan mempelajari tentang menilai unsur-unsur cerita (tokoh, konflik, pesan moral) menggunakan pendapat pribadi. Menyajikan pendapat pribadi tentang unsur-unsur cerita (tokoh, konflik, pesan moral) dengan benar. Menganalisis sikap tokoh-tokoh dalam cerita dengan nilainilai yang terkandung dalam Pancasila. Menyajikan hasil analisis tentang sikap tokoh-tokoh dalam cerita dan mengaitkan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Memahami prosedur pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni bela diri .Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor untuk membentuk gerak dasar seni. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Kegiatan Inti (45 menit)

Ayo Membaca

Baca kembali teks tentang ‘Pemimpin Idola, Pemimpin Yang Jujur’ yang terdapat  dalam pembelajaran 4 dalam hati.

Pemimpin Idola, Pemimpin Yang Jujur

Ida, teman sebangku aku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara, dan pandai. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya.

Ida anak yang sangat pandai. Nilai-nilainya yang selalu bagus, memberinya kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan ditanggung oleh sekolah. Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi. Ida juga selalu menjadi tempat bertanya jika teman-temannya mengalami kesulitan dalam pelajaran. Teman-teman memilih Ida sebagai ketua kelas. Pandai, tenang, dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjaga ketertiban kelas menjadi modal utamanya.

Hari ini, Ibu Tati mengingatkan tentang ulangan matematika. Sebagian siswa tidak siap. Termasuk Gugut, si jagoan bola, yang duduk di belakang kami. “Waduh, saya belum belajar, Bu! Kemarin saya seharian bermain bola sampai sore. Pulang ke rumah langsung tidur, Bu!” protesnya.

Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di kertas ulanganmu!” pinta Gugut.

Ida bergeming. Ia hanya menggelengkan kepala pelan, tanpa menengok ke belakang. Gugut mengganggunya lagi.

“Ayo dong, Ida. Sekali ini saja. Nanti aku beri kamu uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di kantin” rayunya.

Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya tidak memberinya bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan lauk dari rumah.

Namun, di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali lagi ia menggeleng pelan. Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan kertas ulangannya dengan lunglai.Pada waktu istirahat

Ida menghampiri Gugut.“Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan, perbuatan tersebut bisa dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan” katanya kepada Gugut.

“Ah, Ida. Masa menyontek sekali saja dianggap korupsi? Setahuku korupsi nilainya milyaran, dan hanya dilakukan oleh pejabat berkuasa” kata Gugut. “Gugut, justru kita harus melatih diri. Korupsi dan menyontek sama-sama mengambil hak orang lain. Bernilai kecil atau besar, tetap saja tidak jujur.

Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah-mudahan ketika besar nanti kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk apapun!” Ida menambahkan dengan panjang lebar.Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas. Tidak sekedar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan.

1. Tuliskan pendapatmu tentang masing-masing tokoh yang terdapat dalam cerita. 

Ida anak cerdas, sederhana, dan jujur sehingga dia patut dijadikan teladan di sekolah. Sedangkan Gugut anak yang malas belajar dan tidak jujur ketika ulangan. Sikap Gugut pada cerita di atas tidak patut untuk ditiru.

2. Tuliskan pendapatmu tentang konflik yang terjadi.

Ketika melaksanakan ulangan di sekolah kita harus berlaku jujur. Walaupun menolong dengan memberikan jawaban kita kepada teman yang lain, tindakan tersebut salah karena ketika ulangan kita tidak boleh tolong menolong dengan saling memberikan jawaban ulangan.

3. Tuliskan pendapatmu tentang pesan moral yang terdapat dalam cerita.

Kejujuran harus dibiasakan sejak dini karena dengan belaku jujur dari kecil mudah-mudahan ketika dewasa tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Ketidakjujuran akan merugikan diri-sendiri dan orang lain,

Kejujuran juga sangat diperlukan dalam kegiatan olah raga misalnya saja olah raga Pencak Silat. Selanjutnya kamu akan berlatih gerakan pukulan dalam pencak silat. Amati gambar dan baca penjelasannya! Setelah belajar selama satu pekan, renungkanlah!

Hal-hal penting apa saja yang kamu pelajari dalam satu pekan ini?

Dalam satu pekan ini saya telah belajar Cerita, dongeng, Sumber daya alam dan pelestariannya, dan Jenis-jenis pekerjaan

Apa manfaat pelajaran tersebut untuk dirimu, orang lain, dan lingkungan? Dengan mempelajari sumber daya alam akan bermanfaat untuk menjaga kelestarian sumber daya alam Nilai-nilai apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

Penutup  (15 menit) 

Siswa memberikan kesimpulan dan informasi tentang apa yang telah diketahui mengenai pembelajaran hari ini.

    Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini.

    Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya. 

    Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat. 
     
    Wassalamu'alaikum Wr. Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...