Subtema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 5 (Lima)
Tanggal : 10 September 2019
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
Indikator:
3.1.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
4.1.2 Menyajikan informasi dari karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
SBdP
3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
Indikator:
3.4.2 Menjelaskan cara melakukan apresiasi terhadap hasil karya seni kolase
4.4.2 Mengapresiasi karya seni Kolase
Jenis tanaman yang berbeda memiliki tempat yang berbeda untuk tumbuh. Amati dua gambar berikut.
Berdasarkan dua gambar di atas, diskusikan beberapa pertanyaan berikut.
1. Apakah padi dan teh membutuhkan tempat tumbuh yang berbeda?
2. Di manakah padi dan teh biasa tumbuh?
3. Lingkungan seperti apakah yang cocok untuk kedua tanaman tersebut?
Perbedaan Syarat Tumbuh Tanaman Padi dan Teh
Kalian telah mengetahui bahwa kondisi dan karakteristik alam yang berbeda memengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di suatu wilayah. Ayo cari tahu kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitar kalian (iklim, lapisan tanah, dan ketampakan alamnya). Tumbuhan apa sajakah yang cocok tumbuh di wilayah tersebut? Kalian dapat menggali informasi dari berbagai sumber, misalnya bertanya kepada narasumber, membaca buku di perpustakaan, atau membaca artikel di internet. Diskusikan hasil temuan kalian dengan teman. Tuliskan hasil diskusi kalian di buku tugas.
AYO BERKREASI
Sebelumnya kalian telah praktik membuat lukisan kolase dari bahan alam. Bagaimanakah hasil kolase kalian? Sekarang, presentasikan hasil kolase kelompok kalian di depan kelas. Jelaskan mengenai pilihan bahan dan proses pembuatannya. Biarkan teman-teman yang lain memberikan apresiasi. Lakukan hal itu secara bergantian.
Apakah yang dimaksud apresiasi seni?
Apresiasi seni merupakan penilaian terhadap suatu karya seni, dimulai dari pengenalan, penilaian, dan penghargaan makna atau pesan moral atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut.
Pilihlah salah satu hasil karya teman kalian. Amatilah karya seni tersebut. Kemudian, sampaikan apresiasi atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apa bahan yang digunakan teman kalian untuk membuat kolasenya?
Jawab: ________________________________________________
2. Menurut kalian, menarik atau tidakkah hasil karya teman kalDian tersebut?
Jelaskan alasannya.
Jawab: ________________________________________________
3. Tuliskan kritik dan saran untuk hasil karya teman kalian tersebut agar lebih baik lagi.
Jawab: ____________________________________________
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024
Hari/Tanggal : Jum'at, 22 November 2024 Kelas : IV (Empat) A Mata Pelajaran ...
-
Hari/Tanggal : Senin, 15 November 2021 Kelas/Semester : 2/1 Asaalaamualaikum Wr. Wb. Apa kabarnya hari ini anak sh...
-
JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema : Bermain...
-
PEMBELAJARAN JARAK JAUH JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar