Subtema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pembelajaran : 6 (Enam)
Tanggal :
BAHASA INDONESIA
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
Indikator:
3.1.4 Menjelaskan keterampilan dalam melakukan wawancara
4.1.4 Menerapkan keterampilan dalam melakukan wawancara
Sebelum Melakukan Wawancara
Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.
Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.
Berpakaian dengan sopan.
Berbicara dan bersikap sopan.
Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.
Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana).
Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.
Ketika Sedang Melakukan Wawancara
Perkenalkan diri sebelum wawancara.
Sampaikan tujuan wawancara.
Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan.
Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh.
Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara.
Sebutkan nama narasumber secara lengkap.
Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.
Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
Hindari menyela agar keterangan tidak terputus.
Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber.
Hindari pertanyaan yang berbelit-belit.
Hormati petunjuk narasumber.
Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.
Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.
Setelah Melakukan Wawancara
Mohon diri.
Ucapkan terima kasih.
Sampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.
Pengayaan
Siswa bisa berlatih melakukan wawancara secara berpasangan hingga dirasa terampil.
Remedial
Siswa yang belum mampu melakukan wawancara sesuai dengan panduan yang terdapat di dalam buku siswa dapat berlatih dengan panduan guru.
PPKN
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari
Indikator:
3.4.1 Menjelaskan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
4.4.1 Mengomunikasikan hasil refleksi tentang hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
Kalian telah menanam tanaman dan merawatnya sesuai dengan jadwal yang telah kalian buat. Sekarang, kalian akan melakukan refleksi tentang pertumbuhan dan perawatan terhadap tanaman tersebut dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.
1. Apakah tanaman yang kalian tanam dapat tumbuh dengan baik? Mengapa? Jelaskan.
2. Apa sajakah yang sudah kalian lakukan dengan baik selama merawat tanaman tersebut? Jelaskan.
3. Apa sajakah yang belum kalian lakukan dengan baik? Jelaskan.
4. Pelajaran tentang hak dan kewajiban apakah yang kalian dapat dalam kegiatan menanam?
5. Apa akibatnya kalau kalian tidak melaksanakan kewajiban dalam merawat tanaman yang kalian tanam?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024
Hari/Tanggal : Jum'at, 22 November 2024 Kelas : IV (Empat) A Mata Pelajaran ...
-
Hari/Tanggal : Senin, 15 November 2021 Kelas/Semester : 2/1 Asaalaamualaikum Wr. Wb. Apa kabarnya hari ini anak sh...
-
JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema : Bermain...
-
PEMBELAJARAN JARAK JAUH JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar