Hari/Tanggal : Jum'at, 2 Februari 2024
Muatan Pembelajaran :
1. PAK : Ringkas dan selalu sederhana
2. IPAS BAB 5 : Cerita tentang Daerahku
3. Bahasa Indonesia : Bertukar atau Membayar
Capaian Pembelajaran:
PAK ( Pendidikan Anti Korupsi)
Wawasan: Memahami manfaat perilaku hidup sederhana untuk diri pribadi dan sosial
Ketrampilan: Mengimplementasikan perilaku hidup sederhana
Sikap Sosial : Meyakini manfaat perilaku hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari
IPAS
1.Peserta didik mengidentifikasi ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat.
2. Peserta didik mendeskripsikan terjadinya siklus air dan mampu menunjukkan letak kota/kabupaten dan provinsi tempat ia tinggal pada peta konvensional/digital.Ternyata perkembangan dan kekayaan alam di suatu daerah membuat orang dari daerah lain datang untuk mencari pekerjaan atau ditugaskan di daerah tersebut. Orang yang datang bisa jadi berasal dari tempat yang jauh. Bahkan mungkin pula dari luar pulau. Ada juga yang berasal dari luar negeri
Seiring dengan banyaknya pendatang yang masuk ke suatu daerah, perkembangan daerah pun menjadi banyak terjadi. Ada budaya yang mungkin juga berubah atau mengalami pergeseran. Kemudian, muncullah istilah akulturasi dan asimilasi. Akulturasi adalah percampuran dua kebudayaan atau lebih. Biasanya muncul karena masuknya unsur kebudayaan asing di suatu daerah. Pertunjukan wayang kulit yang berasal dari Jawa namun dengan kisah cerita dari India. Sedangkan, asimilasi adalah penyatuan atau pembauran dua kebudayaan asli menjadi kebudayaan baru. Biasanya terjadi karena adanya interaksi dalam waktu yang lama sehingga menghasilkan kebudayaan campuran
Contoh Cerita Pengalaman tentang Menabung
Aiman rajin menabung sejak kecil. Ibu Aiman selalu membiasakan dirinya untuk menyisihkan uang saku. Tak terasa setelah satu tahun uang tabungan Aiman bisa digunakan untuk membeli tas, sepatu, baju, dan sepeda baru tanpa minta pada ibu.
Semakin beranjak dewasa Aiman menjadi tahu mengapa ibu selalu mengajarkan dirinya untuk membiasakan diri menabung dengan cara menyisihkan uang saku. Hal ini dikarenakan disaat mendesak dan butuh uang pada waktu itu juga bisa menggunakan uang yang telah ditabung.
Waktu itu tak mungkin ibu bisa membelikan tas, sepatu, baju dan sepeda baru secara bersamaan. Akan tetapi karena ada uang yang telah ditabung, dalam waktu setahun ibu bisa membelikan Aiman semuanya walau ibu hanya menambah kekurangan uang yang tak banyak itu
Anak-anak, agar kalian lebih semangat menabung hari ini kita akan membuat celengan kreasi kalian sendiri.
ayo simak langkah-langkah berikut ini!
A. LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK |
||||||
LEMBAR KERJA SISWA Nama : Kelas : Petunjuk! Saatnya berkreasi! Untuk kegiatan ini, kalian mungkin perlu
bantuan orang tua atau orang dewasa lainnya. Membuat Celengan 1. Buatlah celengan dari barang bekas seperti
kaleng, botol plastik, kotak makanan, dari bambu, atau dari tanah liat. 2. Hiaslah celengan kalian. Kalian bisa membuat
gambar dan mewarnainya atau menghiasi dengan tempelan kertas berwarna dan
benda lain. Akan lebih baik jika kalian memanfaatkan barang bekas yang ada di
rumah. 3. Tuliskan di selembar kertas impian atau
tujuan yang membuat kalian giat menabung. Contoh: • Aku ingin membeli gitar. • Aku ingin membelikan ibuku hadiah ulang tahun. Tuliskan kalimat itu dengan huruf tegak
bersambung. 4. Tempelkan
kertas tersebut di dekat celengan kalian sebagai penyemangat untuk menabung. 5. Presentasikan
hasil karya kalian di kelas.
|
Berikut cara membuat celengan hasil karyamu sendiri, kalian bisa membuat sesuai dengan kreasimu.