Rabu, 05 April 2023

Materi Ajar: Rabu, 5 April 2023

Hari/Tanggal : Rabu / 5 April 2023

Tema 9            : Kayanya Negeriku

Subtema 1      : Sumber Energi di Indonesia

Pembelajaran : 3

Alokasi Waktu : 1 x pertemuan

Tujuan Pembelajaran 3 :

KD 3.5. IPA

Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Dengan membaca dan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai sumber energi yang ada di sekitarnya dengan penuh tanggung jawab.

KD 3.3. B. Indonesia

Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.

1. Dengan melakukan wawancara, siswa dapat mengetahui kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal dengan penuh kepedulian.

Baik anak soleh solehah kelas 4. Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang tema 9 sub tema 1 pembelajaran 2 yaitu tentang hal dan kewajiban di lingkungan. .Pada pertemuan hari ini bu guru akan menyampaikan materi tema 9 subtema 1 pembelajaran 3. 

Yuk simak materi berikut ini🤓🤓🤓

Pembelajaran 3



Indonesia adalah bangsa yang memiliki 
banyak sumber energi. Sumber energi mulai 
dari minyak dan gas bumi (migas) sampai 
yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). 
Sumber-sumber energi tersebut tersebar di 
seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. 
Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak 
demi kesejahteraan penduduknya.

Ada dua macam energi

1. Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui
Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui artinya sumber energi tersebut akan habis. Contohnya :Batubara, gas alam, minyak bumi

2. Sumber energi dapat diperbaharui
Sumber energi yang dapat diperbaharui yaitu sumber energi yang tidak akan habis bila digunakan terus menerus. 
Contohnya : air, matahari, hewan dan tumbuhan

Berdasarkan identifikasi sumber energi, dapatkah kalian mencari tau sumber energi yang ada disekitar kalian dengan melakukan wawancara. 

Sebelum memulai wawancara ada baiknya hal pertama yang dilakukan adalah menentukan narasumber lalu membuat daftar pertanyaan yang berhubungan dengan sumber energi di sekitar kalian. 

Tugas. 

1. Apa yang dimaksud dengan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui? 

2. Sebutkan contoh sumber energi yang dapat diperbaharui? 

3. Apa hal pertama yang dilakukan sebelum memulai wawancara? 

 MATERI MATEMATIKA


PENGUKURAN SUDUT

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sudut adalah bangun yang dibuat oleh dua garis yang berpotongan di sekitar titik potongnya. 

Pengertian lainnya, sudut adalah daerah yang dibentuk oleh dua buah ruas garis yang titik pangkalnya sama. 

Busur derajat adalah sebuah penggaris berbentuk setengah lingkaran dengan ukuran sudut mulai dari nol derajat hingga 180 derajat. 

Di bagian tengah busur derajat terletak garis lurus yang menunjukkan pengukuran 90 derajat. Sudut 90 derajat disebut juga sebagai sudut siku-siku.

Ada tiga buah sudut yang kalian perlu ketahui yaitu sudut lancip, sudut tumpul, dan sudut siku-siku.

Sudut tumpul adalah sudut yang memiliki ukuran lebih dari 90 derajat dan berbentuk melebar. 

Sudut lancip adalah sudut yang memiliki ukuran lebih kecil dari 90 derajat. Seperti namanya, lancip, maka bentuk sudut ini juga meruncing.

Sudut siku-siku adalah sukur yang memiliki ukuran tepat 90 derajat. Biasanya sudut siku-siku memiliki garis yang khas yaitu tegak lurus.

Bila kalian melihat sebuah garis panjang dan lurus, garis tersebut memiliki sudut 180 derajat


Baiklah anak sholeh dan sholehah itulah tadi pembelajaran hari ini besok kita akan bertemu lagi pada pembelajaran berikutnya
Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...