Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1
Kelas / Semester : 2 /2
Tema 7 : Kebersamaan
Sub Tema 1 : Kebersamaan di Rumah
Pembelajaran ke : 5 dan 6
Selamat pagi anak sholeh, sholehah dan anak pintarnya Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaa.
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa mandi dan sarapan terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.
Pada Pembelajaran 1 dan 2 Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Rumah akan mempelajari tentang isi dongeng dengan hidup rukun dengan jujur, memahami pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat dengan tepat, melakukan koordinasi gerak dengan iringan dengan percaya diri, dan memahami perbedaan jenis kelamin di sekolah.
Ayo Mengamati
Kebersamaan di Sekolah
Siti adalah siswa kelas 2 SDN Nusantara 01.
Siswa-siswi kelas 2 hidup rukun.
Mereka setiap hari belajar di sekolah bersama.
Teman Siti di sekolah berasal dari berbagai daerah.
Teman Siti berasal dari beragam suku.
Mereka juga menganut beragam agama.
Mereka belajar dengan giat dan rukun.
Siswa kelas 2 dapat hidup bersama.
Ayo Mengamati
Upacara Bendera
Setiap hari Senin SDN Nusantara 01 melaksanakan upacara bendera.
Siswa berbaris sesuai kelas masing-masing.
Kelas dua berbaris satu barisan dipimpin seorang siswa.
Siti menjadi pimpinan barisan.
Siti dan teman-temannya sangat senang mengikuti upacara bendera.
Seusai kegiatan upacara bendera, ibu guru akan menyampaikan cerita.
Ibu guru akan mendongeng.
Siti dan teman-temannya bergegas masuk kelas.
Ayo Berlatih
Simak dan dengarkan dongeng yang akan disampaikan guru!
Ayo, dengarkan cerita fabel “Ikan dan Burung”!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah tokoh dongeng yang disampaikan guru?
2. Di manakah tempat dari cerita tersebut?
3. Di manakah tempat hidup Cacing yang akan di makan oleh burung?
4. Burung ingin membantu Ikan dengan cara …
5. Ikan ingin membantu Burung dengan cara …
6. Setelah Ikan dan Burung berkenalan, maka mereka …
Ayo Berdiskusi
Ayo diskusikan tentang sikap hidup rukun di kelas!
Tuliskan hasil diskusimu!
Sikap hidup rukun di kelas
Tuliskan contoh sikap hidup rukun di kelas!
Membuat Kartu Pecahan
Siti dan teman-teman diberi tugas membuat kartu pecahan.
Masing-masing siswa membuat tiga kartu pecahan.
Siti membuat pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.
Dalam membuat pecahan, membagi gambar harus sama besar.
Perhatikan gambar yang menunjukkan pecahan setengah berikut!
Ayo Berlatih
Pilihlah pecahan berikut sesuai gambarnya dengan memberi tanda centang (v)!
Ibu Guru sering menceritakan berbagai dongeng hewan.
Banyak hikmah atau contoh perbuatan baik dari dongeng.
Mereka dapat hidup rukun dan menjaga kebersamaan.
Ibu Guru hari ini mengajarkan tari gerakan kijang.
Gerak Dasar Tari Kijang
Ayo Berlatih
Berikut ini adalah nama-nama teman Siti. Coba kamu bentuk kelompok sesuai dengan jenis kelaminnya!
Setelah melakukan kegiatan olahraga, Siti dan teman-temannya membaca dongeng di buku mereka.
Ayo Berlatih
Berdasarkan dongeng di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Siapakah yang sering bangun pagi?
2. Siapakah yang malas bangun pagi?
3. Apa yang dilakukan Kiki ketika bangun pagi?
4. Apa akibat dari tidak bangun pagi?
5. Sebutkan manfaat dari bangun pagi!
6. Bagaimana sikap Ayam terhadap Kiki dan Kiku dalam mencari makan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar