KELAS :IV
WAKTU : 90 menit
HARI/ TANGGAL :Senin, 2/12/2019
PETUNJUK
1. Bacalah basmalah sebelum mengerjakan soal!
2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum kamu menjawabnya
3. Laporkan kepada guru pengawas jka terdapat tulisan kurang jelas, tidak lengkap atau Rusak
4. Periksalah pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada pengawas
I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c dan d pada jawaban yang benar !
Perhatikan tabel di bawah ini!
NO PEMERSATU BANGSA
KOMPONEN
1
Dasar negara
UUD 1945,Pancasila
2
Bendera Indonesia
Bendera merah putih
3
Bahasa Nasional
Bahasa Indonesia
4
Lambang negara
. . .
5
Lagu Nasional
Indonesia Raya
6
Lagu-lagu perjuangan
Maju tak gentar, Halo-halo Bandung
Berdasarkan tabel di atas, komponen yang tepat untuk nomor 4 adalah . . . .
a. burung merak
b. burung garuda
c. burung cendrawasih
d. burung elang
2. “Satu lidi mudah dipatahkan, tetapi banyak lidi tidak mudah dipatahkan.”
Pepatah tersebut menggambarkan pentingnya . . . .
a. permusuhan
c. perdebatan
b. perselisihan
d. persatuan
3. Berikut ini contoh sikap kebersamaan dalam keberagaman di lingkungan masyarakat adalah . . . .
a. membangun jembatan secara bergotong royong
b. menjenguk teman yang sakit
c. bermain bersama teman-teman di halaman sekolah
d. membantu teman yang kesulitan dalam mengerjakan tugas
4. Persatuan dan kesatuan dapat dikembangkan dengan sikap toleransi. Contoh sikap toleransi umat beragama yang tidak sesuai adalah . . . .
a. memberi kesempatan kepada umat beragama lain untuk beribadah
b. tolong menolong dalam kebaikan dengan umat beragama lain
c. bekerja sama dalam kegiatan kemasyarakatan meskipun berbeda
d. membeda-beda pemeluk agama lain, menganggap agama sendiri paling baik
5. Perhatikan tabel di bawah ini!
NO
KEBERAGAMAN
CONTOH
1
Suku bangsa
Batak, Betawi, Jawa, Madura, Sunda
2
Agama
Islam, Khatolik, Hindu, Budha, Konghucu
3
Ras
Melayu, Papua Melanosoid, Weddoid
4
Budaya daerah
. . .
Jawaban yang tepat untuk melengkapi titik-titik pada tabel adalah . . . .
Rumah adat, Konghucu, Batak
Rumah adat, tarian daerah, Melayu, Hindu
Rumah adat, lagu daerah, alat musik, tarian daerah
Rumah adat, Betawi, alat musik, Konghucu
TARI KIPAS PAKARENA
Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (Negeri Khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.
Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur.
6. Gagasan pokok pada paragraf pertama adalah . . .
a. Cerita perpisahan penghuni Boting Langi dan penghuni Lino diabadikan dalam gerakan tarian
b. Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa
c. Tari Kipas Pakarena menjadi tradisi masyarakat Gowa yang merupakan bekasKerajaan Gowa
d. Tari Kipas Pakarena berasal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi danpenghuni Lingo
7. Gagasan pendukung pada paragraf kedua adalah . . .
a. Tari Kipas Pakarena sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa, Sulawesi
Selatan
b. Kisah Tari Kipas Pakarena berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi dan
penghuni Lingo
c. Cerita perpisahan penghuni Boting Langi, penghuni Lino diabadikan dalam gerakan
tarian
Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan
kadang di atas
8. Bacalah paragraf berikut!
1) Keberagaman suku bangsa tidak menyebabkan perpecahan. 2) Keberagaman justru semakin memperkukuh dan memperkuat bangsa Indonesia. 3) Kekukuhan dan kekuatan ini tercermin dalam semboyan negara Indonesia. 4) Semboyan negara kita Bhineka Tunggal Ika. 5) Semboyan tersebut berarti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu. 6) Bhineka Tunggal Ika diambil dari buku Sutasoma karangan Empu Tantular.
Gagasan pokok paragraf di atas ditunjukkan oleh kalimat nomor . . . .
a. 1
c. 2
b. 5
d. 6
9. Bacalah paragraf berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 5 dan 6!
(1) Nasi Jaha makanan khas Maluku. (2) Nasi Jaha adalah ketan atau beras yang dimasak dengan santan dibungkus daun kelapa. (3) Nasi Jaha dimasak dalam bumbu. (4) Lauk yang disertakan saat makan nasi Jaha adalah ikan cakalang bakar. (5) Nasi Jaha semakin lezat dinikmati bersama sambal colo-colo.
Gagasan pokok paragraf tersebut ditujukkan oleh kalimat nomor . . . .
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
10. Ringkasan yang tepat sesuai paragraf tersebut adalah . . . .
a. Nasi Jaha merupakan makanan khas Maluku. Makanan ini berbahan utama ketan
atau beras. Nasi Jaha dinikmati selagi masih hangat.
b. Nasi Jaha makanan dari Maluku. Nasi Jaha adalah ketan atau beras yang dimasak
dengan santan di bungkus daun kelapa. Nasi Jaha dimasak dalam bumbu.
c. Nasi Jaha adalah ketan atau beras yang dimasak dengan santan dibungkus daun
kelapa. Nasi Jaha dimasak dalam bumbu.
d. Nasi Jaha makanan khas Maluku yang berbahan utama ketan atau beras. Nasi Jaha
dinikmati dengan ikan cakalang bakar dan sambal colo-colo.
11.Perhatikan teks berikut ini!
Pada umumnya orang mengira teh hijau, teh hitam, dan teh oolong berasal dari tanaman teh yang berbeda. Ketiganya berasal dari jenis tanaman yang sama. Perbedaan jenis teh itu disebabkan cara pengolahannya. Pengolahan teh hijau tanpa fermentasi. Pengolahan teh hitam dengan fermentasi penuh. Pengolahan teh oolong dengan fermentasi tidak penuh.
Ringkasan teks di atas adalah . . .
Jenis teh berasal dari tanaman teh yang berbeda, tetapi diolah dengan cara yang berbeda pula
Jenis teh berasal dari jenis tanaman teh yang sama, tetapi diolah dengan cara yang sama pula
Jenis teh berasal dari jenis tanaman teh yang sama, tetapi diolah dengan cara yang berbeda
Jenis teh berasal dari jenis tanaman teh yang berbeda, tetapi diolah dengan cara yang sama.
12.Perhatikan bacaan di bawah ini!
Pada zaman dahulu, hiduplah seorang nenek dengan cucu laki-lakinya bernama Eko. Mereka tinggal di tepi hutan.
Pekerjaan mereka mencari hasil hutan dan menjualnya ke pasar. Eko karena kakinya pincang, hanya membantu nenek di rumah. Ia bertugas membersihkan rumah, memasak untuk makan mereka sehari-hari.
Setiap hari Nenek pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar dan menjual ke pasar. Eko juga ingin sekali melihat binatang-binatang yang hidup di hutan. Ia ingin membantu neneknya mengangkut hasil hutan ke pasar. Namun, Ia tidak bisa melakukannya.
Kalimat ringkasan yang tepat dari bacaan di atas adalah . . .
a. Seorang nenek bersama cucunya mencari kayu bakar di hutan.
b. Seorang nenek hidup bersama cucunya Eko. Setiap hari nenek mencari kayu bakar dan menjual ke pasar.
c. Seorang nenek di tengah hutan melihat binatang bersama cucunya. Cucunya ingin melihat binatang.
d. Seorang nenek hidup bersama cucunya. Mereka berdua mencari hasil hutan dan menjualnya ke pasar.
13.Bacalah paragraf berikut ini untuk menjawab pertanyaan nomor 5 dan 6!
SERUIT
(1)Seruit merupakan makanan khas Lampung. (2) Bahan utama seruit adalah ikan dan sambal terasi. (3) Makanan ini memiliki nilai gizi tinggi.
(4)Seruit bisa dinikmati secara bersama-sama atau dikenal dengan tradisi nyeruwit. (5) Tradiisi nyeruwit terus berlangsung secara turun temurun. (6) Tradisi nyeruwit menjadi budaya makan bagi masyarakat Lampung.
Gagasan pokok pada paragraf kedua ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. (1)
b. (3)
c. (4)
d. (6)
14.Perhatikan gambar di bawah ini!
Percobaan di atas menunjukkan bahwa bunyi merambat melalui. . . .
Benda pada
Benda cair
Udara
Gas
15.Perhatikan pernyataan berikut!
Bunyi dapat merambat melalui benda cair, padat dan gas.
Bunyi hanya dapat dihasilkan oleh alat-alat musik.
Bunyi dapat merambat melalui ruang hampa udara.
Bunyi merupakan sumber keindahan.
Pernyataan yang tepat tentang sifat-sifat bunyi ditunjukkan nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Senin, 02 Desember 2019
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024
Hari/Tanggal : Jum'at, 22 November 2024 Kelas : IV (Empat) A Mata Pelajaran ...
-
Hari/Tanggal : Senin, 15 November 2021 Kelas/Semester : 2/1 Asaalaamualaikum Wr. Wb. Apa kabarnya hari ini anak sh...
-
JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema : Bermain...
-
PEMBELAJARAN JARAK JAUH JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar