Subtema 2 : Pekerjaan di Sekitarku
Pembelajaran : 3 (Tiga)
Tanggal : Oktober 2019
BAHASA INDONESIA
3.5 Membangun pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
4.5 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih sendiri dan dibaca yang didukung oleh alasan.
Indikator:
3.5.4 Menilai suatu cerita secara keseluruhan
4.5.4 Menyampaikan pemdapat tentang suatu cerita secara lisan dan tulisan.
Materi
Menentukan pesan moral dalam sebuah cerita.
Dalam sebuah cerita biasanya terdapat pesan moral di dalamnya. Pesan moral dapat diketahui dari prilaku tokoh dalam menghadapi suatu peristiwa. Pesan moral dapat disampaikan secara tersurat/langsung dan secara tersirat/ tidak langsung.
Jika pesan moral yang disampaikan penulis secara tersirat kita sebagai pembacanya dapat mengetahuinya dengan cara berikut:
Membaca cerita dengan cermat
Mencari peristiwa dan kalimat yang mengandung saran, nasihat, pesan atau anjuran dalam cerita yang dibaca
Membuat kalimat kesimpulan dari peristiwa atau kalimat yang mengandung saran, nasihat, pesan, atau anjuran dengan bahasa sendiri.
IPA
3.8 Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya.
Indikator:
3.8.4 Mengidentifikasi pentingnya pembatasan penggunaan sumber daya alam sebagai langkah pelestarian sumber daya alam.
4.8.4 Mempraktikkan pembatasan penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.
Materi
Penggunaan teknologi modern menyebabkan pengolahan sumber daya alam terjadi lebih mudah dan lebih cepat.
Pengolahan dan pemanfaatan sumber daya alam secara maksimal akan memberi banyak manfaat bagi manusia. Namun, pemanfaatan sumber daya alam harus tetap menjaga kelestariannya.
Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia.
Sumber daya alam harus dilestarikan, misalnya melakukan reboisasi, mengurangi pencemaran udara, mengurangi pencemaran air, dan tidak meninggalkan titik api di hutan.
Diskusikan beberapa pertanyaan berikut dengan teman kalian.
1. Bagaimanakah agar eksploitasi sumber daya alam tidak berlebihan?
2. Dampak buruk apa sajakah akibat eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan?
3. Bagaimanakah tanggung jawab seseorang yang mempunyai profesi terkait eksploitasi sumber daya alam?
4. Bagaimanakah usaha kita dalam ikut serta melestarikan sumber daya alam?
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024
Hari/Tanggal : Jum'at, 22 November 2024 Kelas : IV (Empat) A Mata Pelajaran ...
-
Hari/Tanggal : Senin, 15 November 2021 Kelas/Semester : 2/1 Asaalaamualaikum Wr. Wb. Apa kabarnya hari ini anak sh...
-
JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema : Bermain...
-
PEMBELAJARAN JARAK JAUH JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar