Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 3 / Tiga
Mata Pelajaran : B. Indonesia
Indikator :
3.2.1 Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati
4.2.1 Menuliskan gagasan pokok dari teks
Angin Sebagai Sumber Energi
Angin termasuk kedalam sumber energi yang dapat diperbarui, artinya angin selalu tersedia dan tidak akan habis digunakan.
Angin terjadi karena peran penting dari energi panas matahari. Saat suatu wilayah memiliki suhu udara yang sangat panas dan di wilyah lain bersuhu dingin, maka udara di daerah panas akan naik dan diisi oleh udara dari wilayah bersuhu dingin, pergerakan udara ini kemudian disebut sebagai angin.
Angin memiliki banyak peranan dalam kehidupan. Pada proses hujan, angin membuat awan-awan bergerak ke berbagai wilayah di atas daratan, sehingga banyak wilayah akan terhindar dari kekeringan.
Angin membantu suhu udara di musim panas menjadi lebih sejuk. Angin juga sangat menyenangkan bagi anak-anak. Angin membuat anak-anak dapat bermain layangan, bermain kincir, atau bermain gelembung sabun yang beterbangan ke berbagai arah karena tiupannya.
Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini angin juga dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik.
Kita patut bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan matahari dan angin bagi kehidupan
Menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari wacana di atas
Mata Pelajaran : IPA
Indikator :
3.5.1 Menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari
4.5.1 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk
energi matahari
Kincir angin dari Kertas
Alat dan bahan:
Lidi/sumpit kayu
Gunting
Lem
Kertas berbentuk persegi
Jarum/pin/paku payung
Langkah-langkah pembuatan:
Ambil kertas lalu ikuti instruksi pada gambar
Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.
Kincir angin dari Plastik
Alat dan bahan:
Botol plastik bekas
Gabus bekas tutup botol
Lidi/sumpit
Gunting
Langkah-langkah pembuatan:
• Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk baling-baling
• Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik, atur agar jaraknya sama.
• Masukan baling-baling ke dalam setiap sayatan tersebut.
• pasang sumpit/lidi di bagian tengah gabus
• Kincir siap digunakan
Tambahan:
Potongan bagian dasar botol, buat dua lubang di sisi kanan dan kiri badan
botol. Masukan dan pasangkan baling-baling plastik ke dalamnya.
Latihan soal
Apa fungsi matahari bagi tumbuhan
Sebutkan manfaat penggunaan kincir angin
Sebutkan langkah-langkah membuat kincir angin dari kertas
Sebutkan contoh perubahan energi listrik menjad gerak
Sebutkan contoh erubahan energi listrik menjadi cahaya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Materi Ajar: Kamis, 7 November 2024
Hari/Tanggal : Kamis, 21 November 2024 Kelas : IV (Empat) A Mata Pelajaran ...
-
Hari/Tanggal : Senin, 15 November 2021 Kelas/Semester : 2/1 Asaalaamualaikum Wr. Wb. Apa kabarnya hari ini anak sh...
-
JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema : Bermain...
-
PEMBELAJARAN JARAK JAUH JENIS DARING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1 Kelas / Semester : 2 /1 Tema ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar