MATERI
AJAR
SUBTEMA
2 PEMBELAJARAN 1
BAHASA
INDONESIA
Indikator:
3.1.2 Mengidentifikasi
gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
3.1.2 Menyajikan
gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam
bentuk peta pikiran.
Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
Pawai
Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan
keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti
rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai
tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti.
Gagasan
pokok di atas adalah Pawai Budaya sangat menarik.Kalimat pokok di atas adalah
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan.Gagasan pendukung di
atas adalah Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia, Udin dan
teman-teman menanti rombongan pawai di alun-alun.
Jadi
Gagasan pokok terdapat dalam kalimat pokok dan biasanya ada di kalimat pertama
setiap paragraf. Gagasan pendukung terdapat di kalimat kedua dan seterusnya
setiap paragraf.
IPA
Indikator:
3.6.4 Mengidentifikasi
sumber bunyi.
4.6.3 Menyajikan
laporan percobaan tentang sumber bunyi.
Beragam bunyi berasal dari benda yang bergetar.
Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi
di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber
bunyi.
Bunyi kemudian merambat melalui udara dan ditangkap
oleh telinga kita. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar
kulit tipis. Getaran dari gendang telinga menjadi lebih besar di telinga bagian
tengah dan diubah menjadi pesan/ sinyal listrik di telinga bagian dalam. Sinyal
tersebut kemudian diteruskan oleh saraf pendengaran menuju otak yang kemudian
menterjemahkan jenis dari bunyi tersebut.
Kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa dengan
dianugerahkannya indera telinga. Merawat telinga dan menggunakannya secara
benar adalah bentuk dari rasa syukur tersebut.
Guru memotivasi siswa untuk menuliskan pengalamannya
dengan rinci. Siswa juga diminta untuk menuliskan penyebab sakit/gangguan
tersebut dan cara pengobatan dan pencegahannya. Siswa juga menuliskan
perasaannya saat menderita penyakit/
gangguan pada telinga, serta menuliskan solusi untuk
lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan telinga.
Indera
Pendengar (Telinga)
Kita
wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk
tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indera pendengar
(telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara,
seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik. Apa saja bagian dan
fungsi indera pendengar?
Hal
apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebih jauh.
Bagaimana
telinga merasakan getaran?
Semua
bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang
berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar.
Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan
diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.
IPS
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi
keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas
bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan
secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di
kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa
dengan agama yang berbeda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
Perbedaan agama bukan menjadi penghalang untuk tetap
menjunjung persatuan dan kesatuan. Sikap saling menghargai dan bekerjasama
antar pemeluk agama
yang berbeda menjadi modal dasar untuk menjaga keutuhan NKRI.
Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d untuk jawaban yang paling benar!
1. Warisan budaya Indonesia
yang sangat beragam perlu kita ...
a. Asingkan b. Hilangakan
c. Lestarikan d. Lupakan
a. Asingkan b. Hilangakan
c. Lestarikan d. Lupakan
2. Sikap yang tidak menunjukkan kerja sama
yaitu . . . .
a. Piket kelas c. Membersihkan
halaman
b. Kerja kelompok d. Mencontek saat ulangan
3. Adanya kerjasama pekerjaan menjadi ….
a. Ringan c. Biasa
b. Berat d. Tak biasa
4.
Keragaman
budaya dapat di jadikan sebagai…
a. Perekat persatuan b. penghalang persatuan
b. Pemicu perselisihan d. Pemisah Persatuan
5. Tujuan Utama diadakan ronda adalah .
. .
a. Membagikan sembako b. menolong korban bencana
c. menjaga keamanan d. menjaga kebersihan
a. Membagikan sembako b. menolong korban bencana
c. menjaga keamanan d. menjaga kebersihan
6. Berikut keberagaman yang ada di Indonesia,
kecuali
a. suku bangsa b.
budaya
c. Gagasan utama d. Agama
c. Gagasan utama d. Agama
7. Keberadaan masyarakat yang berbeda
beda merupakan . . . bagi bangsa Indonesia.
a. Ancaman b. beban
c. Kesulitan d. Kekayaan
a. Ancaman b. beban
c. Kesulitan d. Kekayaan
8. Jika dalam berdiskusi kita menemukan
perbedaan pendapat, kita harus…
a. Mencela b. menasehati c. menghormati d. mengabaikan
9.
Kesatuan/rangkaian
kalimat yang saling berkaitan, dimana di dalamnya berisi kalimat utama dan kalimat penjelas dinamakan …
a. Paragraf
c. Karangan
b.
Cerita
d. Dongeng
10. Gagasan pokok sering disebut juga . . .
a. Gagasan
pendukung
c. Ide pokok
b.
Kalimat pendukung
d. Ide pendukung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar