Senin, 22 Juli 2019

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 2



MATERI AJAR
SUBTEMA 2  PEMBELAJARAN 1
BAHASA INDONESIA
Indikator:
3.1.2 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
3.1.2 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.

Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti.
Gagasan pokok di atas adalah Pawai Budaya sangat menarik.Kalimat pokok di atas adalah Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan.Gagasan pendukung di atas adalah Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia, Udin dan teman-teman menanti rombongan pawai di alun-alun.
Jadi Gagasan pokok terdapat dalam kalimat pokok dan biasanya ada di kalimat pertama setiap paragraf. Gagasan pendukung terdapat di kalimat kedua dan seterusnya setiap paragraf.

IPA
Indikator:
3.6.4 Mengidentifikasi sumber bunyi.
4.6.3 Menyajikan laporan percobaan tentang sumber bunyi.

Beragam bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar.  Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi kemudian merambat melalui udara dan ditangkap oleh telinga kita. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Getaran dari gendang telinga menjadi lebih besar di telinga bagian tengah dan diubah menjadi pesan/ sinyal listrik di telinga bagian dalam. Sinyal tersebut kemudian diteruskan oleh saraf pendengaran menuju otak yang kemudian menterjemahkan jenis dari bunyi tersebut.
Kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa dengan dianugerahkannya indera telinga. Merawat telinga dan menggunakannya secara benar adalah bentuk dari rasa syukur tersebut.
Guru memotivasi siswa untuk menuliskan pengalamannya dengan rinci. Siswa juga diminta untuk menuliskan penyebab sakit/gangguan tersebut dan cara pengobatan dan pencegahannya. Siswa juga menuliskan perasaannya saat menderita penyakit/
gangguan pada telinga, serta menuliskan solusi untuk lebih baik lagi dalam menjaga kesehatan telinga.



Indera Pendengar (Telinga)
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indera pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik. Apa saja bagian dan fungsi indera pendengar?
Hal apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebih jauh.
EB

Bagaimana telinga merasakan getaran?
Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.

IPS
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara lisan dan tulisan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.

Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dengan agama yang berbeda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Perbedaan agama bukan menjadi penghalang untuk tetap menjunjung persatuan dan kesatuan. Sikap saling menghargai dan bekerjasama antar pemeluk agama
yang berbeda menjadi modal dasar untuk menjaga keutuhan NKRI.

Contoh Soal :



 Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d untuk jawaban yang paling benar!

   

1.      Warisan budaya Indonesia yang sangat beragam perlu kita ...
a. Asingkan                                   b. Hilangakan
c. Lestarikan                                d. Lupakan

2.      Sikap yang tidak menunjukkan kerja sama yaitu . . . .
            a. Piket kelas                            c. Membersihkan halaman
b. Kerja kelompok                   d. Mencontek saat ulangan

3.      Adanya kerjasama pekerjaan menjadi ….
a. Ringan          c. Biasa
b. Berat             d. Tak biasa

4.      Keragaman budaya dapat di jadikan sebagai…
a.       Perekat persatuan           b. penghalang persatuan
b.      Pemicu perselisihan       d. Pemisah Persatuan

5.      Tujuan Utama diadakan ronda adalah . . .
a. Membagikan sembako         b. menolong korban bencana
c. menjaga keamanan              d. menjaga kebersihan

6.       Berikut keberagaman yang ada di Indonesia, kecuali
 a. suku bangsa                        b. budaya
c. Gagasan utama        
            d. Agama

7.      Keberadaan masyarakat yang berbeda beda merupakan . . . bagi bangsa Indonesia.
a. Ancaman                 b. beban
c. Kesulitan                  d. Kekayaan

8.      Jika dalam berdiskusi kita menemukan perbedaan pendapat, kita harus…
a.       Mencela   b. menasehati  c. menghormati    d. mengabaikan
9.      Kesatuan/rangkaian kalimat yang saling berkaitan, dimana di dalamnya berisi kalimat utama dan  kalimat penjelas dinamakan …
a.    Paragraf                                             c. Karangan
b.   Cerita                                                  d. Dongeng
10.  Gagasan pokok sering disebut juga . . .
a.  Gagasan pendukung                                       c. Ide pokok
b.  Kalimat pendukung                                         d. Ide pendukung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Jum'at, 22 November 2024

Hari/Tanggal                   :  Jum'at, 22 November 2024 Kelas                                : IV (Empat) A Mata Pelajaran           ...