A.
PETUNJUK
1.
Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini merupakan ringkasan hasil
penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan peserta didik
dalam kurun waktu
tertentu. Laporan
perkembangan dan hasil belajar peserta didik secara rinci, disajikan dalam
portofolio yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Buku Laporan Hasil
Belajar Peserta Didik ini.
2.
Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini dipergunakan selama Peserta Didik yang bersangkutan mengikuti pelajaran
di Sekolah Dasar;
3.
Apabila pindah sekolah,
buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini dibawa oleh Peserta Didik yang bersangkutan untuk dipergunakan
di sekolah baru dengan meninggalkan arsip/copy di sekolah lama;
4.
Apabila buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini hilang,
dapat diganti dengan Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pengganti
yang disahkan oleh Kepala Sekolah asal;
5.
Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini harus dilengkapi dengan pas foto(3 cm x 4 cm) dan pengisiannya dilakukan oleh
Guru Kelas;
6.
Laporan penilaian memuat hasil belajar yang disajikan secara kuantitatif dan
diskriptif untuk masing-masing
kompetensi.
7.
Keterangan Nilai Kuantitatif
Nilai Kuantitatif dengan
Skala 1 – 4 (berlaku
kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI
4). Indeks Nilai Kuantitatif dengan Skala 1 – 4 dan
0-100 adalah :
Konversi nilai akhir
|
Predikat
(Pengetahuan
dan Keterampilan)
|
Klasifikasi Sikap dan Ekstrakurikuler
|
|
Skala
0-100
|
Skala
1- 4
|
||
86
-100
|
4
|
A
|
SB
|
81-
85
|
3.66
|
A-
|
|
76
– 80
|
3.33
|
B+
|
B
|
71-75
|
3.00
|
B
|
|
66-70
|
2.66
|
B-
|
|
61-65
|
2.33
|
C+
|
C
|
56-60
|
2
|
C
|
|
51-55
|
1.66
|
C-
|
|
46-50
|
1.33
|
D+
|
K
|
0-45
|
1
|
D
|
KETERANGAN NILAI KUALITATIF
Nilai kualitatif yang digunakan untuk nilai sikap spiritual (KI 1), dan sikap sosial (KI 2), serta kegiatan ekstrakurikuler, adalah:
SB =
Sangat Baik
B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
8.
Laporan perkembangan
fisik/kesehatan diisi dengan data kuantitatif berdasarkan hasil pengukuran yang
dilakukan guru atau pihak lain yang relevan.
9.
Laporan kondisi
kesehatan diisi dengan deskripsi hasil pemeriksanaan yang dilakukan guru atau
pihak lain yang relevan.
10. Kolom ketidakhadiran diisi dengan data
akumulasi ketidakhadiran siswa, baik karena sakit, izin, maupun tanpa
keterangan dalam satu semester.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar