PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Hari/tanggal : Rabu, 03 Maret 2021
Kelas : 5 E
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Subtema 3 : Usaha Pelestarian Lingkungan
Pembelajaran : 1
Tujuan pembelajaran tema :
1. Menyebutkan dan mempresentasikan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air dengan benar.
2. mengidentifikasi peristiwa dalam teks nonfiksi.
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia(3.8, 4.8), IPA (3.8, 4.8)
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini?
Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Literasi
Muatan IPA
3.8 Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup
Usaha Pelestarian Lingkungan Dengan Reboisasi
Salah satu penyebab kekeringan adalah berkurangnya jumlah pohon. Jika pohon berkurang, kemampuan tanah untuk menyerap air juga menjadi berkurang sebab, akar pohon berfungsi untuk menyerap air sehingga tanah dapat menyimpan cadangan air.
Oleh karena itu kita harus melestarikan lingkungan agar tidak terjadi kekeringan. Caranya, kita dapat melakukan reboisasi atau penanaman pohon.
Tujuan reboisasi adalah menghijaukan kembali lingkungan sekitar kita. Reboisasi dapat dilakukan di rumah, disekolah, dan daerah perbukitan yang tandus.
Selain mencegah kekeringan, pohon juga memilki manfaat lain yaitu sebagai berikut:
1. Membuat lingkungan menjadi lebih asri dan sejuk
2. Menahan erosi dan banjir terutama di daerah perbukitan
3.Menyerap air hujan sehingga menjaga persediaan air tanah
Syarat-syarat air yang layak digunakan
Sebanyak 70% permukaan bumi ditutupi oleh air. Air banyak tersedia di laut, disungai. Danau, dan dalam tanah. Sebanyak 97% air yang menutupi permukaan bumi berupa air laut. Meskipun sangat banyak, air laut tidak layak untuk diminum atau digunakan untuk keperluan rumah tangga, sebab air laut memiliki rasa yang asin.
Persyaratan air bersih meliputi tiga komponen yaitu persyaratan secara fisik, secara kimia, dan kandungan mikroba yang terdapat di dalamnya.
Persyaratan secara fisik dari air bersih, yaitu tidak keruh, tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, suhu diantara 10o C- 25o C (sejuk), dan tidak meninggalkan endapan
Persyaratan kimiawi air bersih, yaitu tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun, tidak mengandung zat-zat kimia yang berlebihan, cukup yodium, dan pH (derajat keasaman) air antara 6,5 - 9,2.
Syarat mikrobiologi air bersih adalah tidak mengandung kuman-kuman penyakit, seperti disentri, tipus, dan kolera.
Masyarakat memerlukan air bersih dalam jumlah yang sangat besar. Air bersih yang akan digunakan umumnya diambil dari sumur. Masyarakat membuat sumur sebagai sumber air bersih untuk keperluan sehari-hari.
Mari mengingat
Muatan Bahasa Indonesia
3.8 Menguraikan urutan peristiwa atau tindakan yang terdapat pada teks nonfiksi
Cara untuk mengetahui peristiwa yang terdapat pada teks nonfiksi dengan langkah-langkah berikut:
1.Membaca teks nonfiksi dengan seksama
2.Menemukan kalimat utama atau gagasan pokok setiap paragraf
3Menandai kata atau kalimat yang penting sebagai kata kunci
Menentukan peristiwa yang terdapat dalam teks
Untuk Lebih jelasnya kita simak vidio pembelajaran berikut!!
Tugas Hari ini adalah :
Menyelesaikan tugas hari senin yang belum mengumpulkan vidio tentang
Meragakan gerak tari Daerah (Bebas) bisa Perorangan (sendiri) boleh perpasangan dengan adik atau kakak/mamah n papahnya di vidiokan ya kids dikumpul paling lambat hari Rabu, 3 Maret 2021
Bu guru tunggu sampai pukul 12.00 ya kids!!
TERIMA KASIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar