Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal
: Senin, 21 September 2020
Kelas
: V
Tema 3
: Makanan Sehat
Subtema 2
: Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh
Pembelajaran
:1
Assalamu'alaikum
warohmatullah wabarokatuh
Apa
kabar anak sholih sholihah
Semoga
semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari
awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak
sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya
dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau
sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali
dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan
kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah
bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan
pembelajaran, ya!
Jangan
lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan
kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
Bacalah
percakapan di bawah ini dengan cermat!
Dayu : “Semalam aku melihat iklan tentang obat
sakit perut baru untuk anak-anak di televisi, lho!”
Udin : “Wah, sudah ada iklan baru lagi?
Sepertinya itu produk baru, ya?”
Dayu : “Betul! Iklan itu menarik karena iklannya
dibuat seperti film.”
Lani : “Ternyata media iklan itu bermacam-macam,
ya! Kalau kamu, suka iklan di media cetak seperti di koran dan majalah atau
media elektronik?”
Udin : “Kalau aku lebih suka media elektronik
karena gambarnya dapat bergerak dan ada suaranya. Jadi lebih seru!”
Lani : “Kalau aku suka kedua-duanya. Sekalipun
iklan di media elektronik memang terdengar lebih seru, tetapi iklan di media
cetak juga banyak yang bagus. Gambar-gambar yang dipergunakan memiliki warna
yang cerah dan kalimat iklannya juga bagus-bagus.”
Dari percakapan di atas, tuliskan perbedaan
antara iklan media cetak dan iklan media elektronik. Samakan pendapatmu dengan
pendapat temanmu. Apabila kamu menemukan pendapat yang berbeda lengkapi
pendapatmu dengan pendapat temanmu.
Perbedaan antara iklan
elektronik dan iklan media cetak.
Iklan elektronik :
·
Iklan tidak tertulis
·
Iklan hanya sekilas dan
berlangsung pada saat itu saja
·
Persuasi menyentuh perasaan /
emosi
·
Bahasa yang dipakai formal dan
non formal
·
Kalimat singkat, padat dan jelas
Iklan
Media cetak :
·
Iklan tertulis
·
Bisa disimpan dan dibaca kapan
saja
·
Persuasi menyentuh rasio/ pikiran
·
Bahasa yang digunakan formal
·
Kalimat dapat panjang dan terperinci
Selain
perbedaannya, ada juga persamaan yaitu keduanya punya tujuan yang sama yaitu
memberikan informasi atau promosi kepada khalayak tentang suatu produk/jasa .
Masih ingat cerita Dayu dengan magnya? Coba kamu ulas kembali
penyebab seseorang dapat terserang mag.
Banyak orang berpikir bahwa penyakit mag hanya
bisa diderita oleh orang dewasa.Ternyata anak-anak pun bisa terkena mag. Apa
penyebabnya? Apakah gejala mag yang dialami anak-anak sama dengan yang dialami
orang dewasa? Pada anak-anak yang mudah memproduksi gas pada lambungnya,
memiliki pantangan makanan. Misalnya, tidak boleh makan pedas dan asam. Mereka
harus banyak makan sayur dan buah, serta tidak boleh terlalu banyak makan mie
instan. Oleh sebab itu, anak-anak perlu terus diingatkan untuk selalu menjaga
apa yang mereka makan.
Selain gangguan mag, sistem pencernaan kita
dapat mengalami gangguan lainnya. Ada beberapa faktor yang menyenyebabkan
gangguan tersebut, misalnya mengonsumsi makanan tidak sehat dan pola makan yang
tidak teratur.
Ayo Berdiskusi!
Diskusikanlah peta pikiran mengenai berbagai
macam gangguan umum dari sistem pencernaan manusia. Peta pikiran tersebut harus
dapat mencakup beberapa hal berikut.
·
Keterangan mengenai setiap
gangguan sistem pencernaan.
·
Penyebab gangguan tersebut.
·
Gejala dari gangguan tersebut.
·
Cara mengatasi gangguan tersebut.
Perhatikan poster tentang diare di bawah ini!
Untuk
lebih jelasnya pertemuan kita hari ini kalian bisa menyimak video di link berikut ini:
Bersama dengan orangtuamu, buatlah cairan oralit
Sediakan semua bahan dan alat yang diperlukan dan ikuti langkah-langkah
pembuatannya dengan cermat.
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1. 1/4 sendok teh garam
2. 1 sendok teh gula pasir
3. 1 gelas air hangat/panas
4. (Pisang atau jeruk) secukupnya untuk menambah kalium dan rasa jika ada.
Dokumentasikan cara pembuatan oralit mu dan kirimkan video atau foto
kegiatanmu kepada gurumu, Untuk kegiatan unjuk kerja ini ibu memberikan waktu sampai hari Rabu, tanggal 23 September 2020 ya nak selamat mencoba!
untuk lebih jelasnya kamu bisa simak video cara pembuatan oralit yang didemonstrasikan oleh ibu guru berikut ini!
OK anak-anak seperti informasi sebelumnya bahwa hari ini kita penilaian evaluasi daring tematik, untuk mengerjakannya silahkan klik link berikut ini!
1. IPA
https://forms.gle/LxRjXZiS3ASJWDVm7
2. IPS
https://forms.gle/o9CG2Vme2FuVgMFp6
3. PPKN
https://forms.gle/Wj12CRvLQjE94H8DA
Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan ucapkan
terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah
hari ini!
Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca
doa sesudah belajar.
Terima kasih.
WASSALAMUALAIKUM WR.WB.
Deandra Arisudana,no absen 13
BalasHapusCorrina fawwaz harahap 12
BalasHapusAchmad farand perdana no absen 01
BalasHapusKhalifa Alya Andhita No absen 17
BalasHapusNabian alya Andhita No. Ab:22
BalasHapusNayyira huriyah no absen 25
BalasHapus